Buzz
·
3 Agustus 2021 12:11
·
waktu baca 2 menit

Jangan sampai Kelewatan! Ini Pendaftaran Beasiswa yang Tutup di Agustus 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jangan sampai Kelewatan! Ini Pendaftaran Beasiswa yang Tutup di Agustus 2021 (359415)
searchPerbesar
Ilustrasi beasiswa. Foto: Shutter Stock
Beasiswa menjadi salah satu cara buat meringankan biaya pendidikan. Enggak sedikit lembaga pemerintahan, swasta, sampai organisasi yang menyediakannya bagi para pelajar.
ADVERTISEMENT
Nah, ini dia lima beasiswa yang masih membuka pendaftaran dan akan ditutup pada Agustus tahun ini. Catat, gaes, biar enggak kelewatan!

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran beasiswa unggulan mulai 1 Juli-15 Agustus 2021. Beasiswa ini untuk jenjang kuliah sarjana, magister, dan doktoral.
Ada empat jenis beasiswa yang ditawarkan yakni beasiswa bagi masyarakat berprestasi, beasiswa pegawai Kemendikbudristek, beasiswa penyandang disabilitas, dan beasiswa penghargaan.
Untuk tahun ini, beasiswa hanya ditujukan bagi perguruan tinggi di dalam negeri. Calon penerima beasiswa harus telah diterima pada program studi dan perguruan tinggi minimal dengan akreditasi B.
Beasiswa Unggulan juga terbuka bagi mahasiswa yang duduk di semester satu atau mahasiswa aktif maksimal semester tiga angkatan 2020 baik di jenjang sarjana, magister, atau doktoral.
ADVERTISEMENT
Bagi calon mahasiswa penerima beasiswa unggulan jenjang sarjana dari masyarakat berprestasi, saat pendaftaran harus menulis esai dengan topik Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia.
Sedangkan untuk jenjang magister dan doktoral serta penyandang disabilitas, harus membuat tulisan terkait aktivitas atau kegiatan yang sudah dilakukan dan bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Beasiswa DataPrint 2021

Program beasiswa ini dibuka untuk pelajar SMP, SMA/sederajat, serta mahasiswa D3, D4, dan S1 di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, pendaftaran beasiswa akan diadakan tiga kali yang dibagi menjadi tiga periode.
Cakupan beasiswanya Rp 400 ribu, Rp 700 ribu, dan Rp 1 juta. Dana beasiswa tersebut akan diberikan satu kali bagi masing-masing peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan esai, prestasi, dan keaktifan peserta.
ADVERTISEMENT
Batas waktu pendaftaran untuk periode 2 sampai dengan 25 Agustus 2021. Pengumuman pada 10 September 2021. Seluruh peserta nantinya akan diseleksi (bukan diundi) oleh tim beasiswa dari DataPrint.

Beasiswa Candradimuka Jabar Coding Camp

Lulusa SMA/SMK/Diploma atau mahasiswa tingkat akhir yang tertarik di bidang pemrograman, bisa mendaftar beasiswa ini.
Melalui program beasiswa pelatihan coding, Jabar Coding Camp menyediakan pelatihan di bidang IT yang diutamakan bagi masyarakat dari keluarga pra-sejahtera.
Seribu peserta terpilih akan menjalani pelatihan intensif online selama satu bulan. Berikutnya, 20 peserta online terpilih berhak mengikuti pelatihan super intensif offline yang dilakukan dalam rentang waktu 6 bulan.
Batas waktu pendaftaran Beasiswa Candradimuka Jabar Coding Camp sampai dengan 12 Agustus 2021.
ADVERTISEMENT