Buzz
·
22 Juli 2021 16:38
·
waktu baca 1 menit

Profil Oliver Daemen, Remaja 18 Tahun yang Ikut Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Oliver Daemen, Remaja 18 Tahun yang Ikut Jeff Bezos ke Luar Angkasa (432586)
searchPerbesar
4 penumpang yang ikut dalam wisata luar angkasa perdana Blue Origin dengan roket New Shepard pada 20 Juli 2021: Mark Bezos, Jeff Bezos, Oliver Daemen, dan Wally Funk. Foto: Blue Origin
Salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, telah melakukan perjalanan wisata ke luar angkasa pada 20 Juli 2021.
ADVERTISEMENT
Dia menggunakan roket otomatis tanpa pilot New Shepard yang dikembangkan oleh perusahaannya sendiri, Blue Origin.
Perjalanan yang berlangsung selama 10 menit 10 detik itu enggak dia lakukan sendiri. Bezos mengajak tiga orang lain, salah satunya ialah Oliver Daemen, remaja 18 tahun yang menjadi orang termuda yang pernah ke luar angkasa.
Siapakah dia? Kenapa bisa diajak Bezos jalan-jalan ke luar angkasa? Yuk, simak profil selengkapnya di bawah ini.

Profil Oliver Daemen

Profil Oliver Daemen, Remaja 18 Tahun yang Ikut Jeff Bezos ke Luar Angkasa (432587)
searchPerbesar
Oliver Daemen, remaja 18 tahun bakal jadi orang termuda yang terbang ke luar angkasa. Dia ikut dalam penerbangan Blue Origin bersama Jeff Bezos, mantan CEO Amazon. Foto: Blue Origin
Daemen lahir pada 20 Agustus 2003 di Oisterwijk, Belanda. Dia dibesarkan di pedesaan Eropa Barat oleh ayahnya, Joes Daemen, dan ibunya, Eline Daemen.
Ayahnya merupakan CEO dan Founder Somerset Capital Partners, perusahaan yang bergerak di bidang real estate. Dilansir Hollywood Life, kekayaan Joes Daemen senilai USD 500 juta-USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 7,2 triliun-Rp 17 triliun.
ADVERTISEMENT
Daemen sekolah di SMA Saint-Adolf High School dan lulus di Desember 2020. Tapi dia mengambil gap year setahun untuk mendapatkan lisensi pilot, karena emang punya passion di bidang penerbangan, luar angkasa, dan roket sejak kecil.
Kini Daemen menjadi mahasiswa jurusan kuliah Fisika di University of Utrecht.
Profil Oliver Daemen, Remaja 18 Tahun yang Ikut Jeff Bezos ke Luar Angkasa (432588)
searchPerbesar
Jeff Bezos bersama tiga anggota awak mengapung tanpa beban di kapsul saat penerbangan suborbital tanpa pilot pertama di dunia dari Situs Peluncuran Blue Origin 1 di Van Horn, Texas, AS. Foto: Blue Origin/via REUTERS
Daemen jadi penumpang pertama yang identitasnya diungkap Bezos sebelum terbang ke luar angkasa.
Menurut pernyataan Blue Origin, awalnya Oliver enggak lolos dalam lelang kursi ke-4 senilai USD 28 juta atau setara Rp 406 miliar.
Namun, pemenang lelang sebelumnya enggak bisa memenuhi jadwal penerbangan. Akhirnya Daemen yang berhak terbang ke luar angkasa menemani Bezos melihat alam semesta.