Entertainment
·
27 Agustus 2020 20:57

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304312)
Ilustrasi di dalam bioskop. Foto: Pixabay
Wacana pembukaan bioskop di tengah pandemi lagi menjadi sorotan, nih, gaes. Ada yang pro dan ada juga yang kontra terkait hal ini.
ADVERTISEMENT
Well, mending coba kamu cek dulu, nih, rahasia tentang bioskop yang enggak banyak orang tahu, seperti dilansir Brightside. Kira-kira apa aja, ya?

Spot Terbaik untuk Nonton

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304313)
Ilustrasi menonton bioskop. Foto: WANG ZHAO / AFP
Kalau kamu pengin mendapatkan suara dan visual terbaik saat nonton di bioskop, kamu harus tahu spot yang pas, nih. Ternyata, kamu harus duduk di kursi kedua atau ketiga dari belakang dengan posisi di tengah. Di area inilah para teknisi menyesuaikan sound system agar pas di telinga penonton.

Ruang Bioskop Enggak Dibersihkan dengan Benar karena Tuntutan Waktu

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304314)
Petugas menggunakan masker menyemprotkan disinfektan ke kursi bioskop yang kembali dibuka di Shanghai, China. Foto: Aly Song / REUTERS
Kamu pernah melihat lantai bioskop yang lengket dan kotor meskipun sudah dibersihkan setiap selesai film? Hal ini disebabkan oleh tuntutan waktu untuk membersihkan ruang bioskop. Ternyata, jeda waktu antara setiap film enggak banyak, nih. Jadi, petugas hanya memiliki waktu singkat untuk membersihkan lantai, kursi, hingga sisa-sisa popcorn kamu. Makanya, buang sampah kamu sendiri kalau habis nonton di bioskop, ya. Hal ini bisa membantu menjaga kebersihan bioskop dan mempermudah pekerjaan petugas kebersihannya, lho.
ADVERTISEMENT

Letakkan Sampah di Kursi, Bukan di Bawahnya

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304315)
Ilustrasi bioskop. Foto: Shutterstock
Sebaiknya kamu memang membuang sampah kamu sendiri. Namun, kalau kamu memilih untuk meninggalkan bekas minuman atau popcorn di ruang bioskop, lebih baik letakkan di atas kursi, ya. Jangan di bawah kursi. Hal ini akan memudahkan petugas kebersihan mengumpulkan sampah kamu seusai pemutaran film.

Bahaya Volume yang Tinggi di Bioskop

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304316)
Ilustrasi menonton bioskop. Foto: WANG ZHAO / AFP
Meskipun standar sistem audio dan persyaratan tingkat volume di bioskop sudah tersedia, tetapi beberapa bioskop mengaturnya agar sesuai dengan keinginan mereka. Kamu harus selalu waspada, nih. Misalnya saat nonton film action. Terkadang, banyak adegan pertempuran atau perkelahian yang biasanya menggunakan volume dengan level lebih tinggi dari standar yang ada. Jadi, tetap perhatikan standar volume di bioskop, ya, demi kesehatan pendengaran kamu.
ADVERTISEMENT

Harga Popcorn Terlalu Mahal

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304317)
Popcorn. Foto: Pixabay
Kamu sadar enggak, sih, kalau harga popcorn di bioskop itu mahal banget? Bahkan, terkadang harganya bisa melebihi harga tiket. Nah, pendapatan bioskop sendiri berasal dari penjualan tiket dan makanan. Namun, beberapa persen dari pendapatan tiket ini bakal diberikan ke distributor film. Makanya, bioskop menjual popcorn dan makanan-makanan lain dengan harga yang cukup tinggi agar tetap memperoleh keuntungan.

Sampai 1981, Kursi Bioskop Belum Punya Tempat Menaruh Gelas

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304318)
com-Ilustrasi Ajak Anak Nonton di Bioskop Foto: Shutterstock
Ternyata, kursi yang menyediakan tempat menaruh gelas baru ditemukan pada 1981. Tepatnya 60 tahun setelah bioskop dengan pendingin ruangan pertama dibuka di Amerika Serikat. Wah, untung kursi-kursi di bioskop sekarang sudah menyediakan tempat menaruh gelas, ya. Kalau enggak nanti kamu bisa ribet sendiri, deh.
ADVERTISEMENT

Aroma Popcorn yang Memikat

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304319)
Popcorn mengandung lemak trans. Foto: Pixabay
Siapa, sih, yang enggak suka aroma popcorn di bioskop? Begitu masuk ke dalam bioskop, pasti aroma ini langsung memenuhi indra penciuman kamu. Beberapa bioskop ternyata punya resep tersendiri untuk membuat aroma popcorn ini begitu memikat, seperti campuran minyak kelapa maupun kanola.

Mengusir Pasangan di Bioskop Seminggu Sekali

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304320)
Ilustrasi menonton di bioskop Foto: Shutterstock
Hayo, kamu pasti pernah, kan, nonton bioskop sama pacar? Ternyata, ada beberapa pasangan yang suka bermesraan secara berlebihan di bioskop dan membuat penonton di sekitar mereka itu merasa enggak nyaman. Padahal kebanyakan bioskop sudah memiliki kamera yang bisa menangkap tindakan tersebut. Kalau ketahuan, pasangan itu bakal diberi peringatan sama petugas atau bahkan disuruh keluar dari ruang bioskop, lho.

Paket Kombo Enggak Menghemat Uang

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304321)
Ilustrasi menonton bioskop. Foto: Shutterstock
Penawaran paket kombo biasanya terdiri dari popcorn, soda, dan makanan ringan lainnya. Ternyata hal ini sebenarnya enggak menghemat uang kamu, lho. Kalau kamu membandingkan harga setiap makanan atau minuman yang kamu beli sendiri dengan harga paket kombo, keuntungannya enggak terlalu besar. Kamu bisa lebih hemat dengan menurunkan ukuran makanan atau minuman yang kamu beli.
ADVERTISEMENT

Popcorn yang Dijual Enggak Selalu Fresh

Rahasia Tersembunyi tentang Bioskop yang Tidak Banyak Orang Tahu (304322)
Ilustrasi popcorn. Foto: Pixabay
Beberapa pekerja di bioskop mengakui kalau salah satu kualitas terbaik popcorn itu enggak membusuk selama berhari-hari. Nah, kalau popcorn enggak terjual habis di malam hari, para pekerja bakal mengemas sisanya dan disimpan di dalam kantong plastik. Kemudian, mereka bakal memanaskannya dan menjual kembali popcorn itu di pagi hari.
Laporan: Alexa Birgitta