Buzz
·
18 Mei 2020 16:30

Ramadhan #DiRumahAja, Ini Tips buat Tubuh Tetap Sehat!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ramadhan #DiRumahAja, Ini Tips buat Tubuh Tetap Sehat! (66624)
searchPerbesar
com-Ilustrasi jaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat Ramadhan di rumah aja. Foto: Shutterstock
Kamu mungkin merasakan bulan Ramadhan yang berbeda tahun ini. Bagaimana tidak, adanya pandemi membuatmu harus tetap di rumah aja selama menjalani ibadah puasa. Meskipun di rumah aja, kamu tetap harus melakukan berbagai persiapan sebelum berpuasa, khususnya dalam hal kesehatan. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, daya tahan tubuhmu harus tetap prima agar tidak mudah terinfeksi virus dan tetap lancar menjalankan ibadah puasa.
Meskipun di rumah aja, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan. Apa saja?
1. Perhatikan asupan makanan
Ramadhan #DiRumahAja, Ini Tips buat Tubuh Tetap Sehat! (66625)
searchPerbesar
com-Ilustrasi buah dan sayur untuk penuhi nutrisi yang bisa dibeli di online store. Foto: Shutterstock
Mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, kaya protein, dan tinggi serat dapat menjadi prioritasmu saat menjalani ibadah puasa. Selain memberi energi yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi juga dapat membuat kesehatanmu terjaga saat puasa. Hindari mengonsumsi junk food karena kandungan lemak jenuhnya dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan, seperti asam lambung naik dan sembelit.
Meskipun di rumah aja, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan bahan makanan tanpa harus ke pasar. Sebab, kini sudah banyak online store yang menyediakan bahan makanan bergizi untuk mencukupi kebutuhanmu di masa pandemi. Kamu hanya perlu memilih dan tunggu bahan makananmu di rumah!
2. Tetap berolahraga
Ramadhan #DiRumahAja, Ini Tips buat Tubuh Tetap Sehat! (66626)
searchPerbesar
com-Ilustrasi olahraga di rumah. Foto: Shutterstock
Berpuasa dan di rumah aja bukan berarti menjadi alasan untuk berhenti melakukan aktivitas fisik. Tak perlu setiap hari, kamu hanya perlu melakukan olahraga minimal tiga kali seminggu agar kesehatanmu tetap terjaga.
Waktu olahraga yang baik adalah satu jam sebelum berbuka agar terhindar dari dehidrasi atau dua jam setelah berbuka untuk memberikan waktu bagi tubuh dalam mencerna makanan. Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa dan di rumah aja, seperti yoga, push up, sit up, atau aerobik ringan.
3. Istirahat yang cukup
Ramadhan #DiRumahAja, Ini Tips buat Tubuh Tetap Sehat! (66627)
searchPerbesar
com-Ilustrasi tidur untuk jaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Foto: Shutterstock
Istirahat yang cukup juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, saat berpuasa, biasakan tidur lebih cepat dan hindari begadang, karena kamu harus bangun pagi untuk sahur.
Nah, biasanya setelah sahur, timbul rasa kantuk karena tubuh sibuk mencerna makanan. Usahakan untuk tidak tidur setelah sahur ya! Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit, mulai dari asam lambung, GERD, diabetes, gangguan tidur, hingga stroke.
Daripada kembali tidur setelah sahur, kamu bisa melakukan hal lain yang lebih berguna, misalnya membaca buku, merapikan kamar, atau menyelesaikan pekerjaan kantor.
4. Bermain bersama keluarga
Ramadhan #DiRumahAja, Ini Tips buat Tubuh Tetap Sehat! (66628)
searchPerbesar
com-Ilustrasi sedang bermain game bersama keluarga. Foto: Shutterstock
Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan mentalmu juga perlu diperhatikan. Satu bulan lebih di rumah aja mungkin sudah cukup membuatmu sangat bosan atau stres. Ditambah saat berpuasa waktu berjalan seolah lebih lama dari biasanya. Nah, agar rasa bosanmu perlahan hilang, kamu bisa melakukan berbagai permainan bersama keluargamu.
Mulai dari board game seperti monopoli dan scrabble, kartu uno, catur, playstation, dan lain-lain. Sambil ngabuburit, kamu juga akan mempererat hubungan keluargamu. Usahakan tidak melakukan permainan yang membuatmu haus dan lapar, ya!
5. Minum multivitamin
Tidak makan dan minum selama seharian dapat mempengaruhi kondisi tubuhmu, misalnya tubuh dapat menjadi kurang bertenaga. Oleh sebab itu, saat berpuasa, kamu dapat melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi suplemen multivitamin. Salah satu suplemen yang dapat menjadi pilihan adalah hemaviton Stamina Plus.
hemaviton Stamina Plus dapat membantu meningkatkan stamina dan konsentrasi agar kamu tetap fokus menjalankan aktivitas saat berpuasa. Kandungan Ginseng Extract, Guaranine, L-Glutamic Acid, Multivitamin, dan Mineral dapat membantu memulihkan stamina serta memelihara konsentrasi selama berpuasa. Tak hanya itu, hemaviton Stamina Plus juga dapat mendukung kebutuhan energi saat tidak makan dan minum selama lebih dari 13 jam.
Ramadhan #DiRumahAja, Ini Tips buat Tubuh Tetap Sehat! (66629)
searchPerbesar
com-hemaviton Stamina Plus untuk jaga stamina selama puasa. Foto: Shutterstock
hemaviton Stamina Plus juga mengandung vitamin C 150 mg yang penting untuk memelihara daya tahan tubuh dan antioksidan untuk meredam radikal bebas.
hemaviton Stamina Plus bersertifikat halal dan aman dikonsumsi dua kali sehari, saat kamu sahur dan berbuka. Jadi, yuk jaga kebugaran tubuh selama puasa dengan hemaviton Stamina Plus!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan hemaviton Stamina Plus
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020