kumparan
21 Nov 2018 14:26 WIB

Riset hingga Komunikasi, 5 Soft Skill Ini Dibutuhkan di Dunia Kerja

Ilustrasi anak manajemen (Foto: FotografieLink)
Menempuh pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi saat ini enggak menjamin kamu langsung mendapat kerja setelah lulus. Bukan soal ijazahmu enggak laku, tapi bisa jadi karena kamu enggak punya sejumlah soft skill yang sebenarnya dibutuhkan di dunia kerja.
ADVERTISEMENT
Selama menjadi mahasiswa, alangkah baiknya kamu menguasai sejumlah soft skill penting tersebut. Berikut lima di antara soft skill prioritas menurut Shasank Saxena, Manajer Desain Produk dan Pengembangan di Orient Cable, India, sebagaimana dikutip dari LinkedIn.
1. Komunikasi
‘Terjadi sebuah Masalah. Ini adalah Beberapa Opsi yang Saya Lakukan. Ini Alasan Saya Melakukannya dan Masalahnya Sudah Terselesaikan’ (Foto: Thinkstock)
Enggak cuma soal bicara, komunikasi juga melibatkan kemampuanmu untuk mendengar dan menyerap pesan orang lain. Selain itu kamu juga harus pandai menyampaikan maksud lewat presentasi (lisan) dan tulisan.
Salah satu keahlian komunikasi yang sangat dicari adalah kemampuan untuk menjelaskan konsep teknis kepada mitra, pelanggan, dan rekan kerja yang bukan teknisi.
2. Kemampuan komputer dan aplikasi
Ilustrasi pengguna komputer tablet. (Foto: Kaboompics/Karolina (CC0 Public Domain))
Komputer menjadi bagian penting dalam kehidupan kita saat ini. Setiap perusahaan pasti akan mencari kandidat karyawan yang paham dengan seluk beluk komputer. Untuk saat ini minimal kamu tahu cara menggunakan Microsoft Office.
ADVERTISEMENT
Kalau perlu pelajari juga tentang aplikasi penunjang untuk desain atau editing foto. Menguasai berbagai aplikasi komputer membuatmu punya nilai lebih di mata perusahaan.
3. Riset
Analis Riset. (Foto: Flickr)
Berbeda dengan riset di kampus yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, kemampuan riset di tempat kerja berguna untuk menilai dan menyelesaikan berbagai masalah praktis yang dihadapi dengan cara-cara paling efektif.
4. Intelegensi emosional
Ilustrasi Semangat Bekerja (Foto: Unsplash)
Enggak cuma IQ tinggi yang dituntut di tempat kerja, tapi juga kecerdasan emosional. Ini berhubungan dengan kepedulian sosial dan kemampuan mengelola diri. Kamu bisa meningkatkan soft skill ini dengan aktif di berbagai organisasi atau kepanitiaan di kampus.
Semakin kamu berinteraksi dengan orang lain, maka intelegensi emosionalmu akan terasah. Kamu akan terbiasa menghadapi orang lain, enggak mudah bawa perasaan (baper), hingga paham cara bersikap profesional.
ADVERTISEMENT
5. Manajemen proyek
Ilustrasi manajemen (Foto: geralt)
Kamu enggak cuma dituntut pandai melakukan pekerjaan di bidang yang kamu geluti, tapi juga harus terampil dalam mengelola proyek dalam pekerjaan tersebut. Perencanaan, penganggaran, pembagian kerja, dan eksekusi termasuk berbagai keterampilan yang harus kamu kuasai.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan