Buzz
·
28 Juli 2021 12:59
·
waktu baca 1 menit

Uang Sekolah Cuma Rp 300 Ribu, Siswa SMK di Kudus Bisa Hasilkan Karya Menjual

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Uang Sekolah Cuma Rp 300 Ribu, Siswa SMK di Kudus Bisa Hasilkan Karya Menjual (757221)
searchPerbesar
Siswa SMK RUS dok IG rus_animation
Siswa di SMK Raden Umar Said (RUS) di Kudus, Jawa Tengah enggak hanya menuntut ilmu seperti pelajar pada umumnya. Tapi juga dapat menghasilkan karya yang bernilai komersial.
ADVERTISEMENT
Yap, sebab SMK binaan Djarum Foundation yang dikenal sebagai Sekolah Animasi ini, juga menjelma menjadi sebuah rumah produksi. Para siswa sudah banyak melahirkan karya berskala nasional dan internasional dari project yang diikuti.
Project luar negeri yang dikerjakan sudah puluhan, karena SMK RUS menjalin kerja sama dengan banyak mitra luar negeri dari Singapura, Malaysia, Kanada, China, Uni Emirat Arab, Irlandia, Amerika Serikat, dan Jepang.
Seluruh karya siswa tersalurkan melalui Teaching Factory bernama RUS Animation Studio yang memiliki peralatan lengkap. Di sini, siswa juga dibimbing oleh guru yang mumpuni sehingga memiliki skill berkualitas. Maka itu, enggak ada alasan SMK RUS enggak bisa menghasilkan karya yang menjual.

Teaching Factory Jadi Kunci Sustainability SMK Raden Umar Said

Uang Sekolah Cuma Rp 300 Ribu, Siswa SMK di Kudus Bisa Hasilkan Karya Menjual (757222)
searchPerbesar
Siswa SMK RUS dok IG rus_animation
ADVERTISEMENT
Selain sebagai tempat belajar siswa, Teaching Factory juga menjadi kunci utama untuk sustainability atau keberlanjutan sekolah.
Sebab di SMK RUS, siswa asal Kudus hanya perlu membayar uang sekolah Rp 300 ribu. Sedangkan biaya operasional per siswa mencapai Rp 2 juta. Nah, karya dari para siswa itulah yang menutup selisih antara uang sekolah dan biaya operasional.
Di sisi lain, Teaching Factory juga menguntungkan siswa yang seharusnya PKL atau magang ke luar kota. Sebab biaya untuk magang di luar kota cukup besar.
Jadi, dengan adanya Teaching Factory di SMK RUS, justru pekerjaan dari luar yang didatangkan ke sekolah.
Uang Sekolah Cuma Rp 300 Ribu, Siswa SMK di Kudus Bisa Hasilkan Karya Menjual (757223)
searchPerbesar
Ketua Jurusan Animasi SMK Raden Umar Said Rico Adriansyah M.Pd dan Program Associate Djarum Foundation Galuh Paskamagma dok kumparan
Ketua Jurusan Animasi SMK Raden Umar Said Rico Adriansyah M.Pd dan Program Associate Djarum Foundation Galuh Paskamagma, bakal ngobrol lengkap soal SMK RUS di UMKM Series yang digelar pada Kamis, 29 Juli 2021 pukul 14.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa menyaksikannya melalui channel YouTube kumparan.