News
·
10 Mei 2021 11:29

Berkunjung ke Kebun Buah Eduwisata Bendosari

Konten ini diproduksi oleh Muhammad Firman Maulana
Berkunjung ke Kebun Buah Eduwisata Bendosari (48691)
searchPerbesar
foto jambu kristal di kebun buah Bendosari/foto diambil oleh Muhammad Firman Maulana
Kebun buah Bendosari adalah calon kebun eduwisata yang sangat menjanjikan di masa mendatang. Kebun ini memiliki luas kurang lebih 3 hektare yang memiliki berbagai macam tanaman. Kebun buah Bendosari terletak di Dusun Bendosari, Desa Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Kalian mungkin masih berpikir, mengapa masih menjadi calon tempat wisata yang menjanjikan? Hal tersebut dikarenakan kebun buah ini sekarang masih dalam tahap berkembang dengan konsep wisata berbasis edukasi di bidang botani dan teknologi yang sedang dibangun. Bagaimana tidak menjanjikan? Masih calon dan berupa konsep saja sudah banyak hal yang bisa dinikmati di sini. Mulai dari wisata petik jambu kristal, penjualan produk kuliner dari hasil kebun, wisata kuliner soto di hari Sabtu dan Minggu sampai yang tidak boleh terlewatkan adalah menikmati senja dari pendopo di kebun buah, pemandangan senja di balik perbukitan perbatasan Kabupaten Kulon Progo yang sangat indah.
Berkunjung ke Kebun Buah Eduwisata Bendosari (48692)
searchPerbesar
foto pemandangan senja di kebun buah Bendosari/foto diambil oleh Muhammad Firman Maulana
Kebun buah Bendosari ini memiliki berbagai macam jenis tanaman beberapa di antaranya ada jambu kristal, alpukat, jeruk citrun, jeruk bali dan masih banyak lagi. Eh tapi kalian pernah mendengar tentang jambu kristal kan? itu loh jambu yang isi dagingnya berwarna putih dan bijinya sedikit, bahkan ada yang tidak ada bijinya sama sekali. Dalam masa pengembangan menuju kebun eduwisata, jambu kristal masih menjadi komoditas kebun buah Bendosari, selain itu ada juga rumput gajah yang menjadi komoditas kebun buah saat ini. Rumput gajah ini nantinya akan dikirim ke kebun binatang Gembira Loka dan digunakan sebagai pakan hewan di sana.
ADVERTISEMENT
Dalam masa pengembangan ini, kebun buah Bendosari juga bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan adanya kerja sama ini, dari pihak LPPM menerjunkan 20 orang mahasiswa beserta dosen pembimbing lapangan dalam membantu pengembangan kebun buah menjadi kebun buah dan eduwisata Bendosari. 20 orang mahasiswa ini selanjutnya disebut juga sebagai tim pengabdian masyarakat periode 1.
Berkunjung ke Kebun Buah Eduwisata Bendosari (48693)
searchPerbesar
Panen jambu kristal/foto diambil oleh tim pengabdian masyarakat Kebun Buah dan Eduwisata Bendosari periode 1
Dari program kerja sama ini, kebun buah Bendosari menjadi lebih mudah dalam proses pengembangan menjadi kebun eduwisata. Peran yang dilakukan mahasiswa cukup membantu pengembangan kebun, baik dari sisi pengembangan teknologi, pendataan tanaman, pelatihan budidaya anggur sampai ke hal-hal sederhana yang menjadi keseharian pengelola kebun seperti panen jambu dan membuat olahan dengan bahan tanaman yang ada di kebun.
ADVERTISEMENT
Tidak sekadar kebun buah Bendosari yang mendapat keuntungan dari program ini, tetapi mahasiswa yang mengikuti program ini juga sangat banyak mendapat keuntungan. Mereka jadi bisa berinovasi dan menerapkan keilmuan yang sudah mereka dapatkan selama perkuliahan. Beberapa di antaranya adalah mahasiswa memiliki inovasi untuk membuat selai jambu kristal dan juga mahasiswa mampu membuat alat penerapan protokol kesehatan berbasis sensor jarak.
Berkunjung ke Kebun Buah Eduwisata Bendosari (48694)
searchPerbesar
Display produk inovasi mahasiswa/i/gambar diambil oleh tim pengabdian masyarakat Kebun Buah dan Eduwisata Bendosari periode 1
Tidak hanya mampu untuk berinovasi, dari program ini mahasiswa mendapatkan pengalaman berbisnis secara langsung. Mulai dari menjual hasil panen kebun, mengikuti praktik memasak yang diselenggarakan oleh lembaga pendukung, pembuatan olahan dari hasil kebun seperti stik kangkung, asinan jambu dan lain sebagainya.
Program yang berjalan mulai dari 22 Maret 2021 hingga 1 Mei 2021 ini tentunya bukan akhir dari hubungan kerja sama dalam mengembangkan kebun buah Bendosari. Tepat pada hari penarikan tim pengabdian masyarakat periode 1, kebun buah Bendosari resmi menjadi mitra dampingan UIN Sunan Kalijaga. Tentunya akan ada periode-periode selanjutnya yang akan turut serta membantu proses pengembangan kebun buah Bendosari menjadi kebun buah dan eduwisata Bendosari di masa mendatang.
ADVERTISEMENT
Bagaimana apakah kamu tertarik berkunjung ke kebun buah dan eduwisata Bendosari? Yuk langsung saja ke lokasi, dijamin tidak akan menyesal.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020