Konten dari Pengguna

Rumah Zakat Mendistribusikan Bantuan Pangan Korban Banjir Banten

Rumah Zakat
Lembaga amil zakat nasional milik masyarakat Indonesia yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana kemanusiaan. berbagi.link/ZakatSedekahDisini
18 Mei 2024 9:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rumah Zakat tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lebak (27/01). Banjir bandang dan longsor yang terjadi pada tahun 2020 silam di Banten menyebabkan banyak desa yang terdampak, salah satunya adalah Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kec. Lebak Gedong, Banten.
pembagian sembako berupa beras dan kornet kepada warga.
Di Kampung Cigobang, setidaknya ada 250 Kepala Keluarga (KK) yang masih terisolir. Sebagian besar tempat tinggal warga yang diratakan oleh tanah menyebabkan mereka tinggal di hunian sementara (Huntara) yang terbuat dari terpal. Selain itu, akses jalan yang rusak dan krisis air menghambat aktivitas mereka.
akses jalan menuju lokasi.
Pasca bencana 4 tahun lalu, warga terdampak masih membutuhkan bantuan untuk kehidupan sehari-hari. Mayoritas profesi kepala keluarga yakni buruh dan serabutan menyebabkan mereka pada kondisi yang membutuhkan. Tak hanya dalam pemenuhan bantuan pangan, untuk mendapatkan pendidikan, sanitasi dan akses kesehatan sangat kesulitan.
ADVERTISEMENT
Rumah Zakat hadir memberikan uluran tangan untuk membantu warga yang membutuhkan. Tak hanya di Lebak Gedong, Rumah Zakat juga menyalurkan bantuan di beberapa titik Kecamatan di Lebak Banten, diantaranya Kecamatan Pandeglang dan Kecamatan Rangkas Bitung. Total pemberian bantuan sembako di Lebak Banten berjumlah 500 paket.
pembagian sembako berupa beras dan kornet kepada warga.
Selain pemberian bantuan sembako di Cigobang, sebanyak 50 paket pelayanan kesehatan dan tandon penampung air juga diberikan. Pemberian tandon penampung air yang disalurkan bertujuan untuk penampungan air dari krisis air bersih yang menimpa. Adapun pemberian layanan kesehatan didasarkan pada kondisi masyarakatnya dimana banyak yang terjangkit penyakit dan untuk mendapatkan akses tersebut mereka harus menempuh perjalanan yang jauh. Rumah Zakat menghadiri 2 perawat dengan pelayanannya, yakni test kesehatan dan pemberian obat.
Penyaluran bantuan berupa beras dan kornet di lokasi.
Warga diberikan kupon dan mengantri dengan rapi. Ungkapan rasa syukur dan terima kasih datang dari warga. Pak Endang selaku Ketua RT turut mengucapkan terima kasih kepada Infak Id dan Rumah Zakat yang telah menyalurkan bantuan kepada warga Desa Banjarsari, Kampung Cigobang, Lebak, Banten.
ADVERTISEMENT
“Saya Endang, selaku ketua RT mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Infak Id dan Rumah Zakat yang telah memberikan bantuan kepada kami. Adanya bantuan ini sangat bermakna. Semoga melalui bantuan ini menjadi ladang berkah bagi para donatur. Semoga para donatur senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan urusan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.” Ungkapnya