Merayakan Setiap Langkah Kecil

nasywaa r
Mahasiswa Jurnalistik di Politeknik Negeri Jakarta
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 6:19 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari nasywaa r tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gambar Langit (Sumber: Freepik)
zoom-in-whitePerbesar
Gambar Langit (Sumber: Freepik)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa yang sudah terjadi di dalam kehidupan ini seperti sesuatu yang memang terjadi begitu saja, setengah tahun ini mungkin sama seperti manusia berumur 20 tahun pada umumnya, melewati hari-hari dengan sederhana, sesederhana bisa minum air putih, makan masakan ibu, membeli kopi yang kadang terasa boros juga untuk seorang anak yang uang jajannya masih mengalir dari kantong orang tua. sesederhana bertemu teman-teman yang itu-itu saja sejak beberapa tahun ke belakang, mendengarkan banyak lagu di setiap harinya, berusaha berlari mengejar mimpi walaupun hanya mimpi di saat tidur, dan hal-hal lainnya yang terlahir dengan sukacita namun terkadang juga gundah di tiap harinya.
ADVERTISEMENT
Namun ternyata kehidupan memang tidak terjadi dengan sederhana, banyak manusia lain yang sudah berdiri di usia yang sama namun memiliki pencapaian yang lebih tinggi. Terkadang saya juga punya perasaan panas hati kepada mereka yang sudah mengerti ke mana kaki mau dibawa pergi. Saya juga mengetahui ada anak yang sudah dipijakkan langkahnya untuk menuju pintu cita-cita oleh keluarganya, namun ada juga yang dibiarkan berlari sendiri untuk mengejar apa yang diinginkan.
Saya, berada di pilihan ke dua, entah harus bersyukur atau harus bingung sendiri, karena rasanya menemukan apa yang disuka pun belum pasti. Walaupun ibu tidak pernah menuntut saya untuk mengikuti apa yang dia ingini, tapi secara tidak langsung, ibu yang selalu memasak harapan hangat untuk anak-anaknya itu menyisipkan pesan bahwa saya harus menjadi sejahtera daripada dirinya.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang sudah melewati fase seperti ini di dalam hidupnya mungkin akan menganggap ini suatu hal yang sepele. Namun saya terkadang masih kelimpungan untuk mencari hal-hal yang saya sukai, saya linglung mencari jalan yang harus saya lewati, saya berada di tengah keriuhan pencarian identitas, mencoba berbagai hal tanpa menemukan satu pun yang benar-benar menyentuh hati. Di tengah kegamangan itu, ada satu titik balik yang mengubah segalanya. Saya menyadari bahwa saya tidak selamanya terus bersama ayah dan ibu, melihat raut wajah mereka yang mulai termakan usia dan mereka yang tetap berjuang untuk saya walau zaman mulai berubah. Saya juga mengetahui bahwa kunci dari menemukan apa yang saya sukai adalah dengan memberi diri saya kesempatan untuk mencoba dan gagal.
ADVERTISEMENT
Awalnya, langkah ini terasa menakutkan. Saya takut jika kegagalan akan membuat saya semakin kehilangan arah. Namun, saya memutuskan untuk melawan rasa takut itu dan membuka diri terhadap berbagai pengalaman baru. Saya mulai mengikuti beberapa kegiatan, saya juga mencoba membaca beberapa buku, saya mencoba hal-hal yang sejalan dengan jurusan saya di kampus dan akhirnya saya mulai menyukai fotografi serta menulis. Saya menganggap ini semua juga bukan sekadar hobi, namun saya jadikan ini sebagai tabungan untuk kehidupan saya nanti setelah perkuliahan, saya juga berharap kesukaan saya pada suatu hal juga bisa sejalan dengan pekerjaan saya nanti.
Tidak hanya itu, beberapa hal yang saya coba dan akhirnya saya sukai juga membuat saya belajar untuk mengerti dan menyikapi diri sendiri, saya belajar untuk lebih sabar, menerima ketidaksempurnaan, dan menikmati proses. Perlahan tapi pasti, saya mulai merasa bangga dengan diri saya sendiri. Bukan hanya karena saya menemukan hobi baru, tetapi karena saya berani keluar dari zona nyaman dan memberi kesempatan pada diri sendiri untuk tumbuh. Saya tidak mau memiliki perasaan pongah atas dunia yang sedang saya jalani, saya terus menyadari bahwa dunia sangat luas dan saya masih harus belajar lagi bahkan hingga tua nanti.
ADVERTISEMENT
Setiap langkah, sekecil apa pun itu, adalah bagian dari perjalanan yang berharga. Mungkin hasilnya tidak selalu sesuai harapan, tetapi setiap pengalaman akan membawa saya lebih dekat pada penemuan diri. Jangan ragu untuk merayakan setiap kemenangan kecil di sepanjang jalan. Pada akhirnya, menemukan apa yang kita sukai adalah tentang mengenal diri kita lebih dalam dan memberi ruang bagi diri kita untuk berkembang. Saya mungkin masih dalam tahap awal perjalanan ini, tetapi perasaan bangga yang saya rasakan sekarang menjadi motivasi kuat untuk terus melangkah.