Pejuang Muda Kota Batu

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang Angkatan 2019
Konten dari Pengguna
20 November 2022 11:59
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Siti Nur Ma'rifah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
22 Desember 2021  Team Pejuang Muda Kota Batu, Sumber: dokumentasi pribadi penulis
zoom-in-whitePerbesar
22 Desember 2021 Team Pejuang Muda Kota Batu, Sumber: dokumentasi pribadi penulis
ADVERTISEMENT
Pejuang Muda Kampus Merdeka – Kampus Merdeka memiliki beberapa pilihan program, salah satunya yaitu Pejuang Muda. Pejuang Muda yaitu laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara nyata. Program Pejuang Muda merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk membuat perubahan nyata di masyarakat. Melalui Program setara 20 SKS, mahasiswa belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah
ADVERTISEMENT
Hal ini sesuai dengan salah satu konsep dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa komponen “Pengabdian Masyarakat” hadirnya Pejuang Muda diharapkan mampu memecahkan permasalahan sosial melalui analis sosial yang argumentatif dan dapat pertanggung jawabkan. Kami Pejuang Muda Kota Batu melakukan Verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di 3 Kecamatan diKota Batu yaitu Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo, dan Kecamatan Bumiaji.
Kegiatan  Program Pejuang Muda  sebelum Verifikasi dan Validasi (DTKS) mendapat arahan dari kepala Desa di Kec.Junrejo, Sumber: dokumentasi pribadi penulis
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan Program Pejuang Muda sebelum Verifikasi dan Validasi (DTKS) mendapat arahan dari kepala Desa di Kec.Junrejo, Sumber: dokumentasi pribadi penulis
Kegiatan program Pejuang Muda Kota Batu yang pertama melakukan pendataan kepada Masyarakat dan melakukan Verifikasi data melalui aplikasi SAGIS terkait penerima Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai. Dalam Program ini Pejuang Muda berperan sebagai agen Perubahan Sosial, melalui kegiatan pemetaan masalah, melakukan identifikasi permasalahan dan memberikan solusi permasalahan. Kurang lebih selama dua bulan Pejuang Muda Kota Batu melakukan Verifikasi data diKota Batu. Banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan ditengah-tengah masyarakat, berbincang-bincang secara langsung dengan Masyarakat, mendengar keluh kesah masyarakat.
Team Based Project sambang bumi sumber: dokumentasi penulis
zoom-in-whitePerbesar
Team Based Project sambang bumi sumber: dokumentasi penulis
ADVERTISEMENT
Tim Pejuang Muda Kota Batu memberikan sekitar 133 bibit tanaman buah pohon keras. Penanaman Pohon Keras ini dilakukan di Lokasi Area Patok 54B Perum Perhutani Sumbergondo, Das Kali Krecek. Penanaman pohon ini diharapkan bisa menyerap air, sehingga dapat mencegah terjadinya bencana banjir. Selain itu, pohon juga bisa mengurangi polusi. Usaha penanaman pohon, kita juga harus merawat dan menjaga pohon yang sudah tertanam. Kita juga harus menjaga pohon yang sudah tumbuh, dan tidak boleh menebang pohon.
Adapun manfaat lain dari program oleh Pejuang Muda Kota Batu antara lain
1. Melestarikan lingkungan Tujuan utama dari aktivitas penghijauan hutan program oleh Pejuang Muda Kota Batu yaitu untuk melestarikan lingkungan. Hutan berfungsi untuk menyerap air hujan, menghasilkan oksigen, dan menyerap karbon dioksida. Jika hutan terjaga maka kelestarian lingkungan juga terus terjaga. dengan adanya pelestarian lingkungan, tentunya terjaga pula alam dan keberlangsungan hidup bagi masa mendatang.
ADVERTISEMENT
2. Meluaskan sumber daya Hutan juga sebagai tempat yang menyediakan berbagai bahan baku bagi manusia. Misalnya kayu untuk bangunan, sumber pangan, dan lain sebagainya. Apabila hutan terjaga, maka sumber daya tersebut akan semakin luas. sehingga masyarakat dapat memanfaatkan hasil sumber daya yang ada dengan bijak dan dikelola sebaik mungkin. agar sumber daya sekaligus kelestarian alam dapat terjaga seimbang.
3. Meningkatkan hasil usaha Hutan secara tidak langsung turut berperan untuk meningkatkan hasil usaha. Hutan mampu mencegah pemanasan global dan menyimpan cadangan air. Kedua fungsi tersebut sangat berguna dalam budidaya pertanian dan bidang usaha lain. sehingga masyarakat setempat dapat memanfaatkan hasil bumi untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari, dari hasil alam yang telah ditanam.
ADVERTISEMENT
4. Menjaga keanekaragaman hayati
Tujuan reboisasi selanjutnya yaitu untuk menjaga keanekaragaman hayati. Hutan sebagai habitat bagi beragam satwa dan spesies tanaman. Apabila[ hutan terjaga, maka tanaman dan hewan yang hidup di dalamnya akan terlindungi. masyarakat berperan juga dalam berjalannya rantai makanan bagi beragam habitat dan beberapa tanaman, sebab kelestarian hutan dan sumber daya terjaga dengan baik.
Pelepasan TIM Pejuang Muda di Dinas Sosial Kota Batu, sumber : dokumentasi pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Pelepasan TIM Pejuang Muda di Dinas Sosial Kota Batu, sumber : dokumentasi pribadi
Berbagai macam pengalaman berharga yang telah saya lalui, beragam relasi juga sudah saya dapatkan. Sehingga saya memiliki beragam cerita yang dapat dijadikan sebagai kenanganan yang dapat menginspirasi anak keturunan saya nantinya. Masih jelas di ingatan saya tentang perjalanan yang sangat seru saat berjalan dan bersambang ke desa – desa bertemu dan bertegur sapa dengan banyak orang, bahkan ada yang sampai sebagI dari keluarga walau hanya sebentar saja, tapi hal tersebut pastinya menyemangati saat diri saya berapa di lapangan untuk menjalankan tugas. Senang bercampur sedih saya rasakan dikarenakan saya harus berpisah dari teman - teman pejuang muda Kota Wisata Batu.
ADVERTISEMENT
Harapannya saya dapat menjadikan pengalaman ini sebagai evaluasi diri untuk lebih baik lagi kedepannya. Semoga Pejuang Muda ini bisa mewujudkan dari arti kata Perjuangan itu sendiri sehingga hidup yang saya jalani selama ini merupakan hidup yang pantas untuk diperjuangkan dan pantas untuk mendapatkan kemenangan pada akhirnya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020