Dari Azka Corbuzier Hingga Chicco Jerikho, Kickboxing Makin Populer di Indonesia

The Home Of Martial Arts
Konten dari Pengguna
1 September 2021 11:57
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari ONE Championship tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dari Azka Corbuzier Hingga Chicco Jerikho, Kickboxing Makin Populer di Indonesia (310639)
searchPerbesar
Azka Corbuzier menjadi salah satu selebritas yang aktif berlatih kickboxing. Foto: Instagram/@azkacorbuzier
Baru-baru ini dunia seni bela diri Indonesia tengah diramaikan dengan hadirnya Pengurus Pusat (PP) Kickboxing Indonesia. Setelah dimulai tahun 2020 lalu, disiplin striking tersebut mendapat wadah resmi.
ADVERTISEMENT
Sejumlah nama praktisi bela diri lokal seperti Zuli Silawanto hingga Volland Volt pun ikut terlibat di dalamnya. Tidak terkecuali atlet ONE Championship Rudy "The Golden Boy" Agustian, yang juga adalah Juara Nasional Muay Thai Indonesia.
"Tahun lalu pengurus pusatnya baru kebentuk, mereka baru mau melebarkan sayap," ujar Rudy terkait keterlibatannya dalam pengembangan kickboxing di Indonesia.
"Kemarin pemutihan. Orang yang punya background bela diri yang bagus menjalani ujian untuk kelayakan mendapat black belt," tambahnya.
Dalam kegiatan tersebut, Rudy juga menjadi salah satu pakar yang terlibat dalam grading (penilaian). Menurutnya, hal ini menjadi terobosan bagus untuk menilai kualitas seorang praktisi.
"Jadi menurut saya itu bagus banget buat ngetes, sejauh apa keterampilan saya. Sebagai pelatih atau sensei, bisa menilai grade murid-murid saya juga," ujar Rudy.
ADVERTISEMENT
Pendiri sasana Golden Camp itu pun sangat mendukung wadah baru dalam skena bela diri kickboxing lokal itu. Terlebih, sistem grading atau penilaian dengan sabuk itu bisa menarik perhatian orang awam untuk ikut belajar.
"Sementara di wushu atau Muay Thai enggak ada, kalau orang yang senang dengan sistem sabuk atau yang ingin mengejar sesuatu ini bagus," ujar Rudy, yang berlaga di divisi flyweight ONE Championship.
Kickboxing merupakan salah satu disiplin seni bela diri yang dipertandingkan di ONE Championship, tempat berlaganya para striker paling berbahaya di dunia.
Lebih lanjut, Rudy juga mendapat sejumlah privilese dari sabuk hitam kickboxing yang baru diraihnya. Terutama untuk mencari atlet-atlet muda berbakat di disiplin tersebut.
"Saya bisa mengadakan pertandingan-pertandingan yang disupport oleh pengurus kickboxing. Benefitnya banyak banget sih kalau buat gue, dan mereka janji akan memberikan full-support," urai Rudy.
ADVERTISEMENT
"Apalagi di ONE juga kan ada kickboxing kan, otomatis naik juga eksposurenya. Minimal mereka mensupport kickboxing lah, jadi sama-sama kebagian eksposure."

Diikuti oleh Aktor dan Influencer

Selain menjaring para praktisi seni bela diri Indonesia, PP Kickboxing juga mengajak kalangan aktor hingga influencer untuk ikut terlibat. Khususnya yang memiliki latar belakang bela diri.
"Chicco Jericho, Chris Loho, ada Azka [Corbuzier] juga. Dia kan sudah latihan lama sama Mustadi. Black belt itu syaratnya sudah latihan lama, punya sasana atau punya prestasi. Dan dia kan seorang public figure yang latihan beladiri, lalu diajak untuk bergabung biar menaikan nama kickboxing Indonesia," jelas Rudy.
Rudy melihat keterlibatan para tokoh populer sebagai sebuah gerakan yang bagus. Dengan keterlibatan mereka, Rudy percaya kickboxing bisa besar di Tanah Air.
ADVERTISEMENT
"Bagus banget untuk menaikan kesadaran bela diri, karena selama ini bela diri kayak enggak dianggap, Dengan adanya artis-artis yang support, ini pasti akan naik. Lebih cepat populer juga," ujarnya.
Kabar baik lainnya, bela diri kickboxing juga akan tampil perdana dalam gelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada September mendatang.
"Iya, dan akan masuk olimpiade juga." tutupnya.

Download ONE Super App untuk Mengikuti Perkembangan Terbaru ONE Championship!

ONE Championship akan menayangkan ONE: EMPOWER pada Jumat, 3 September.
Ajang ini dapat disaksikan lewat ONE Super App, Maxstream, Vidio, dan Kaskus TV mulai pukul 19:30 WIB. Selain itu, SCTV akan menayangkannya mulai pukul 23:30 WIB pada hari yang sama.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020