News
·
18 Juni 2021 13:37
·
waktu baca 2 menit

Hari Ini, Pejabat KKP Ramai-ramai Akan Berkunjung ke Parigi Moutong

Konten ini diproduksi oleh Palu Poso
Hari Ini, Pejabat KKP Ramai-ramai Akan Berkunjung ke Parigi Moutong (48096)
searchPerbesar
Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Jika tidak ada aral melintang, sesuai Rundown acara hari ini, Jumat (18/6) hingga Sabtu (19/6), banyak Pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berkunjung ke Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng).
ADVERTISEMENT
Kunjungan tersebut guna peninjauan proses perkuliahan Politeknik KP Rintisan Akademi Komunitas KP Parigi Moutong sekaligus panen udang total di Kampus Mosing.
Para pejabat yang datang adalah Kepala BRSDM KP Prof Ir Sjarief Widjaja PhD F RINA, Kepala Pusat Pendidikan KP Bambang Suprakto, Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut Pamuji Lestari, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Sosial, dan Budaya Darmadi Aries, Staf Khusus KKP Siane Indriani dan Dyah Erowati, Direktur Politeknik KP Bone Ani Leilani, Direktur Politeknik KP Bitung Daniel Heintje Ndahawali, Plt Kepala SUPM Bone Yip Regan dan Direktur PT Esaputli Perkasa Utama.
Hadirnya para pejabat KKP RI di Pantai Lolaro dan Mosing disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong Mohammad Nasir.
ADVERTISEMENT
"Insya Allah Jumat dan Sabtu kegiatan peninjauan perkuliahan dan panen udang total oleh KKP RI di Parigi Moutong," kata Nasir.
Lanjut Nasir, output yang ingin dicapai bagi lulusan pendidikan vokasi dan kejuruan kelautan dan perikanan secara garis besar adalah menjadi wirausaha muda.
Lulusan yang difokuskan menjadi wirausaha muda telah mengikuti kegiatan kewirausahaan yang terprogram setiap semester, yang secara general untuk memacu penumbuhan jiwa wirausaha.
Kata Nasir, titik berat dari penumbuhan jiwa wirausaha tidak hanya berorientasi pada penciptaan produk/jasa bidang kelautan dan perikanan yang dibutuhkan masyarakat. Namun hal yang penting lainnya adalah penumbuhan jiwa wirausaha itu sendiri, yakni kemandirian, kepemimpinan, kerja tim, percaya diri, serta keterampilan yang mengasah soft skill peserta didik.
ADVERTISEMENT
"Untuk mengukur capaian lulusan wirausaha maka bisnis yang telah dirintis dan dikembangkan oleh kelompok kewirausahaan merupakan indikator sebagai lulusan wirausaha pemula," ujarnya.
Nasir mengatakan, kerja sama Kabupaten Parigi Moutong dengan BRSDM KP sejak tahun 2020 yang salah satunya meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia.
Melalui kerja sama tersebut kata ia, terdapat 140 peserta didik yang berasal dari Kabupaten Parigi Moutong menempuh pendidikan pada satuan pendidikan lingkup KKP. Antara lain, 24 orang pada Politeknik AUP, 87 orang pada Politeknik KP Bitung, 17 orang pada Politeknik KP Sidoarjo serta 12 orang pada Politeknik Bone.