Arti Elektronik, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
22 Agustus 2023 15:02 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perangkat elektronik. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perangkat elektronik. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Elektronik telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern kita. Lantas, apa arti elektronik?
ADVERTISEMENT
Seperti kita ketahui, elektronik memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik berupa perangkat pribadi hingga infrastruktur industri.
Artikel ini akan membahas arti elektronik, fungsi-fungsi utamanya, serta beberapa jenis-jenisnya yang umum ditemui.

Arti Elektronik

Arti elektronik adalah alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika; hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika. Foto: Pexels.com
Menurut KBBI, elektronik adalah alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika; hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika.
Elektronik juga bisa diartikan sebagai cabang ilmu teknik yang berkaitan dengan penggunaan arus listrik dan komponen-komponen elektronik untuk merancang, mengembangkan, dan memahami perangkat elektronik.
Elektronik melibatkan manipulasi aliran elektron dalam rangkaian listrik untuk mencapai berbagai fungsi dan tujuan, mulai dari komputasi hingga komunikasi, kendali, dan banyak lagi.

Fungsi-fungsi Utama Elektronik

Elektronik memiliki fungsi pada berbagai bidang, di antaranya:
ADVERTISEMENT

1. Bidang Komunikasi

Elektronik memainkan peran penting dalam sistem komunikasi modern seperti telepon, radio, televisi, dan internet. Perangkat seperti ponsel cerdas dan modem memungkinkan pertukaran informasi dalam skala global.

2. Bidang Komputasi

Perangkat elektronik seperti komputer dan laptop memungkinkan pengolahan data, penyimpanan informasi, dan eksekusi program. Teknologi ini telah merevolusi cara kita bekerja, belajar, dan berinteraksi.

3. Bidang Kendali dan Otomasi

Elektronik digunakan dalam sistem otomasi industri, kendaraan otonom, dan perangkat rumah tangga pintar. Sensor, mikrokontroler, dan aktuator mengatur berbagai tindakan berdasarkan kondisi lingkungan atau input yang diterima.

4. Bidang Hiburan

TV, radio, konsol permainan, dan perangkat audio lainnya menggunakan elektronik untuk memberikan pengalaman hiburan kepada pengguna. Dari gambar hingga suara, semuanya dikelola oleh sirkuit elektronik.

5. Bidang Kesehatan

Teknologi medis seperti alat pemindai gambar, perangkat monitor pasien, dan alat bantu dengar semuanya bergantung pada elektronik. Ini membantu dalam diagnosis, perawatan, dan pemantauan kesehatan.
ADVERTISEMENT

Jenis-jenis Elektronik

Elektronik merupakan elemen kunci dalam dunia modern yang memainkan peran penting dalam berbagai bidang kehidupan. Foto: Pexels.com
Berikut jenis dan contoh-contoh alat elektronik
ADVERTISEMENT
Dalam kesimpulan, elektronik merupakan elemen kunci dalam dunia modern yang memainkan peran penting dalam berbagai bidang kehidupan. Fungsi-fungsi yang beragam dan jenis-jenis perangkat elektronik mencerminkan kompleksitas dan dampak positifnya pada masyarakat global.
(SAI)