Arti Jannah dalam Al-Quran dan Nama-nama Surga Lainnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
19 September 2023 14:05 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Jannah dalam Al-Quran. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Arti Jannah dalam Al-Quran. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Di dalam Al-Quran, arti jannah adalah surga, yakni tempat yang sangat indah dan sulit dibayangkan dengan akal manusia. Saking indahnya arti jannah, banyak yang menggunakan jannah sebagai nama.
ADVERTISEMENT
Namun, tahukah kamu bahwa jannah bukanlah satu-satunya nama surga yang disebutkan dalam Al-Quran? Simak penjelasan mengenai jannah dan surga-surga dalam Al-Quran berikut ni.

Makna Jannah dalam Al-Quran

Makna Jannah dalam Al-Quran. Foto: Unsplash
Jannah berasal dari kata janana dalam bahasa Arab yang berarti tertutup, atau tidak dapat dijangkau oleh panca indra manusia. Dari akar kata tersebut, akhirnya muncul kata serupa lainnya.
Misalnya, kata "janin" yang diartikan sebagai bayi yang tertutup di dalam kandungan ibunya. Ada pula "majnun" yang berarti akalnya tertutup.
Dalam buku 49 Teladan dalam Al-Quran oleh Ririn Rahayu Astutiningrum, dijelaskan bahwa kata jannah juga merupakan bentuk jamak dari kata jinan yang artinya kumpulan kebun.
Kata ini diasosiasikan dengan surga karena taman merupakan tempat yang indah. Keindahannya sendiri sangat tertutup (atat sulit dibayangkan) dari indra dan akal manusia.
ADVERTISEMENT
Kata jannah sebagai disebutkan dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 124:
وَمَنْ يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ نَقِيرًا.
Artinya: "Dan barangsiapa yang mengerjakan amal kebaikan, laki-laki atau perempuan sedang dia beriman, maka mereka akan masuk ke dalam surga (jannah) dan mereka tidak dizalimi sedikit pun." (QS. An-Nisa: 124)

Nama-nama Surga dalam Al-Quran

Nama-nama Surga dalam Al-Quran. Foto: Unsplash
Selain jannah, ada beberapa nama surga lainnya yang terdapat dalam Al-Quran. Berikut penjelasannya dikutip dari buku Misteri Bidadari Surga oleh Joko Syahban.

1. Jannatul Ma'wa

Jannatu Ma'wa artinya tempat tinggal. Menurut Imam 'Atha, Jannatul Ma'wa adalah surga tempat tinggalnya Jibril dan para malaikat lainnya.
ADVERTISEMENT
Sementara Imam Muqatil dan Kalabi mengartikan Jannatul Ma'wa sebagai surga tempat tinggalnya ruh para syuhada. Di dalam surga ini terdapat burung hijau yang membangunkan syuhada dan juga jiwa-jiwa syahid yang disemayamkan.

2. Surga Adn

Surga Adn memiliki arti tinggal untuk selamanya. Di dalam surga ini terdapat sungai yang sangat indah. Penghuninya akan mendapatkan gelang-gelang yang terbuat dari mutiara dan emas.
Allah Swt. pernah menyebut surga ini dalam surat Maryam ayat 61:
جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدَ الرَّحْمٰنُ عِبَادَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّهٗ كَانَ وَعْدُهٗ مَأْتِيًّا
Artinya: "(Yaitu,) surga 'Adn yang telah dijanjikan oleh (Allah) Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) gaib. Sesungguhnya janji-Nya pasti ditepati." (QS Maryam: 61).

3. Darus Salam

Arti Darus Salam adalah rumah keselamatan. Surga ini merupakan tempat damai yang berada di sisi Allah Swt. Penghuninya akan diberikan apa saja yang mereka inginkan.
ADVERTISEMENT
Nama surga ini disebut dalam firman-Nya pada surat Al-An'am ayat 127 dan surat Yunus ayat 25.
۞... لَهُمْ دَارُ السَّلٰمِ عِنْدَ رَبِّهِمْ
Artinya: "Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) di sisi Tuhannya..." (QS Al-An'am: 127).
وَاللّٰهُ يَدْعُوْآ اِلٰى دَارِ السَّلٰمِ ۚوَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Artinya: "Allah menyeru (manusia) ke Dārussalām (surga) dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki menuju jalan yang lurus (berdasarkan kesiapannya untuk menerima petunjuk)." (QS Yunus: 25).

4. Darul Khuldi

Darul Khuldi artinya rumah keabadian. Surga ini dideskripsikan seperti taman dengan pepohonan yang teduh dan berbuah. Para penghuninya ini tidak akan merasa kelelahan dan tidak akan beranjak dari surga ini.
Hal ini sebagaimana firman Allah Swt. dalam Al-Quran surat Sad ayat 54:
ADVERTISEMENT
اِنَّ هٰذَا لَرِزْقُنَا مَا لَهٗ مِنْ نَّفَادٍۚ
Artinya: "Sesungguhnya ini adalah benar-benar rezeki (dari) Kami yang tidak habis-habisnya." (QS Sad: 54).

5. Firdaus

Firdaus merupakan tingkatan surga tertinggi. Meski begitu, beberapa ulama berpendapat bahwa firdaus adalah nama untuk semua surga.
Istilah firdaus berasal dari kata bustan yang berarti kebun. Surga ini digambarkan seperti kebun yang dipenuhi pepohonan rimbun. Surga Firdaus akan dihuni oleh orang-orang yang beramal saleh, sebagaimana firman Allah Swt. berikut:
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنّٰتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا ۙ
Artinya: "Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal." (QS. Al-Kahfi: 107)
(DEL)