Memahami Arti Zodiak dan 12 Rasi Bintangnya

Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
26 Mei 2023 13:01
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Zodiak terdiri dair 12 tanda perbintangan. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Zodiak terdiri dair 12 tanda perbintangan. Foto: Unsplash.com
Ramalan zodiak adalah salah satu hal yang banyak dicari oleh orang-orang, khususnya bagi mereka yang percaya dengan hal tersebut. Lantas, apa arti zodiak?
Menurut KBBI, zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan, yaitu Aries, Taurus, Gemini, Kanser, Leo, Virgo, Libra, Skorpio, Sagitarius, Kaprikornus, Akuarius, dan Pises.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, simak penjelasan mengenai arti zodiak dan jenis rasi bintangnya dalam berikut ini

Apa Arti Zodiak?

Menurut KBBI, arti zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Menurut KBBI, arti zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan. Foto: Unsplash.com
Sebenarnya, zodiak adalah suatu pita khayal selebar 16 derajat terletak tepat di garis katulistiwa, dikutip dari buku Zodiak Anda Menurut Astrologi Arab karya Irwan Winardi.
Dalam astrologi, zodiak merujuk pada jalur khayal yang dibagi menjadi 12 bagian yang setiap bagiannya diasosiasikan dengan konstelasi bintang tertentu.
Zodiak kemudian dikaitkan dengan ramalan serta gambaran kepribadian seseorang berdasarkan bulan lahirnya. Kini, zodiak merupakan salah satu cara bagi manusia untuk memahami diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka.
Misalnya, seseorang lahir 18 Agustus, maka dia berzodiak Leo dan memiliki kepribadian yang tangguh.
Setiap zodiak diyakini memiliki arti dan karakteristik yang berbeda, yang dapat memberikan wawasan tentang kepribadian, sifat, dan potensi seseorang.

Jenis-jenis Rasi Bintang dalam Zodiak

Ilustrasi 12 zodiak. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 12 zodiak. Foto: Unsplash.com
Mari kita jelajahi arti dan jenis-jenis zodiak untuk memahami konsepnya:

1. Aries (21 Maret-19 April):

Aries dikenal sebagai pemimpin yang penuh semangat dan enerjik. Mereka adalah individu yang berani dan penuh antusiasme. Aries juga cenderung menjadi impulsif dan memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan mereka.

2. Taurus (20 April-20 Mei):

Taurus dikenal sebagai individu yang stabil, praktis, dan penuh kesabaran. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjadi konservatif dan berfokus pada kenyamanan materi. Taurus juga dikenal sebagai zodiak yang setia dan stabil.

3. Gemini (21 Mei-20 Juni):

Gemini adalah zodiak yang sangat sosial dan berkomunikasi dengan baik. Mereka memiliki kepribadian yang berubah-ubah dan cerdas. Orang-orang Gemini cenderung sangat adaptif dan serbaguna dalam berbagai situasi.

4. Cancer (21 Juni-22 Juli):

Cancer adalah zodiak yang sensitif dan emosional. Mereka memiliki rasa empati yang kuat dan cenderung menjadi pemikir yang dalam. Cancer juga dikenal sebagai individu yang sangat setia dan protektif terhadap orang-orang yang mereka cintai.

5. Leo (23 Juli-22 Agustus):

Leo adalah zodiak yang penuh percaya diri dan memiliki kepribadian yang kuat. Mereka cenderung menjadi pemimpin yang alami dan suka mendapatkan perhatian. Leo juga dikenal sebagai individu yang murah hati dan penuh kasih.

6. Virgo (23 Agustus-22 September):

Virgo adalah zodiak yang praktis, analitis, dan perfeksionis. Mereka cenderung menjadi orang yang hati-hati dan teliti dalam segala hal yang mereka lakukan. Virgo juga dikenal sebagai individu yang sopan dan terorganisir.

7. Libra (23 September-22 Oktober):

Libra adalah zodiak yang penuh keadilan dan keseimbangan. Mereka cenderung menjadi orang yang harmonis, diplomatik, dan menyukai keindahan. Libra juga dikenal sebagai individu yang berusaha menciptakan hubungan yang harmonis dengan orang lain.

8. Scorpio (23 Oktober-21 November):

Scorpio adalah zodiak yang misterius dan penuh gairah. Mereka memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dan cenderung sangat intens dalam segala hal. Scorpio juga dikenal sebagai individu yang penuh dedikasi dan keberanian.

9. Sagitarius (22 November-21 Desember):

Sagitarius adalah zodiak yang penuh petualangan dan optimisme. Mereka memiliki semangat yang tinggi dan suka menjelajahi hal-hal baru. Sagitarius juga dikenal sebagai individu yang jujur dan memiliki pandangan yang luas.

10. Capricorn (22 Desember-19 Januari):

Capricorn adalah zodiak yang ambisius dan berdedikasi. Mereka cenderung menjadi orang yang bertanggung jawab dan disiplin dalam mencapai tujuan mereka. Capricorn juga dikenal sebagai individu yang memiliki integritas yang tinggi.

11. Aquarius (20 Januari-18 Februari):

Aquarius adalah zodiak yang inovatif dan berpikiran maju. Mereka cenderung menjadi individu yang tidak konvensional dan suka memikirkan masyarakat secara keseluruhan. Aquarius juga dikenal sebagai individu yang penuh persahabatan dan pemikiran yang progresif.

12. Pisces (19 Februari-20 Maret):

Pisces adalah zodiak yang intuitif dan penyayang. Mereka memiliki imajinasi yang kaya dan cenderung hidup di dunia khayal. Pisces juga dikenal sebagai individu yang sensitif dan empatik.
(SAI)
Apa itu zodiak?
chevron-down
Apa saja 12 zodiak?
chevron-down
Apa itu Leo?
chevron-down