Konten dari Pengguna

Pengertian Kesehatan, Jenis-jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
22 Juni 2023 17:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Kesehatan. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Kesehatan. Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap manusia perlu memperhatikan kesehatan tubuhnya, dari kesehatan fisik, mental, dan sosial. Namun, apa kamu sudah mengetahui apa pengertian kesehatan?
ADVERTISEMENT
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kesehatan adalah keadaan (hal sehat). Dalam arti lain kesehatan ialah kebaikan keadaan (badan dan sebagainya).
Kesehatan tentunya menjadi hal yang diinginkan oleh semua makhluk hidup. Untuk itu, diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Untuk memahami mengenai kesehatan lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya di bawah sini.

Memahami Pengertian Kesehatan

Ilustrasi Pengertian Kesehatan. Foto: Pexels.
Mengutip dari laman resmi Kemkes, menurut Undang – Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, sehat adalah suatu keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Fertman, & Allensworth (2010), mendefinisikan kesehatan sebagai suatu kondisi fisik, mental, sosial yang sejahtera secara umum, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan/disabilitas.
ADVERTISEMENT
Kesehatan dianggap sebagai suatu bentuk keseimbangan individu (sebagai inang), agents (seperti bakteri, virus, dan toksin), dan lingkungan sehingga interaksinya tidak hanya individu terhadap agent, tetapi juga dengan lingkungan untuk menciptakan kondisi sejahtera.
Dapat disimpulkan bahwa kesehatan adalah proses mempertahankan dan mendukung keutuhan integritas manusia dalam keseimbangan fisik dan mental untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar secara optimal.

Jenis-jenis Kesehatan

Ilustrasi Pengertian Kesehatan. Foto: Pixabay.
Dikutip dari buku Ilmu Kesehatan: Untuk Sekolah Menengah Kejuruan oleh Heru Nurcahyo, kesehatan terbagi atas tiga jenis, yaitu kesehatan fisik, kesehatan sosial, dan kesehatan mental, berikut penjelasannya:

1. Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik adalah kondisi tubuh manusia di mana setiap organ atau bagian tubuhnya berfungsi dengan baik. Seseorang dikatakan sehat apabila tidak merasa sakit atau keluh, dan secara objektif tidak terlihat sakit.
ADVERTISEMENT

2. Kesehatan Mental

Kesehatan mental biasanya disebut sebagai kesehatan jiwa atau kesehatan rohani. Adapun komponen kesehatan jiwa manusia, adalah:

3. Kesehatan Sosial

Kesehatan sosial merupakan keadaan di mana manusia mampu mewujudkan interaksi tanpa membedakan suku, ras, dan warna kulit, sehingga dapat menciptakan rasa toleransi dan kesatuan.
Kesehatan sosial seseorang dapat tercermin dari bagaimana cara seseorang berinteraksi dan mengambil sikap ketika menghadapi orang lain.

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan

Ilustrasi Pengertian Kesehatan. Foto: Pixabay.
Mengutip dari laman yang sama, faktor yang memengaruhi kesehatan menurut World Health Organization (WHO), adalah:
ADVERTISEMENT
(SNS)