Peran Ibu Gen Z: Membangun Keluarga di Era Digital

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
7 November 2023 14:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Peran Ibu Gen Z. Foto: Unsplash.com/Leah Hetterberg
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Peran Ibu Gen Z. Foto: Unsplash.com/Leah Hetterberg
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ibu Gen Z adalah pilar penting dalam membangun keluarga di era digital. Mereka menghadapi tantangan unik, tetapi juga membawa kelebihan dan kebijaksanaan baru dalam parenting.
ADVERTISEMENT
Dengan dukungan dari komunitas daring dan sumber daya digital, mereka dapat memastikan anak-anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik dalam dunia yang terus berubah.
Artikel ini akan membahas peran ibu Gen Z, tantangan yang dihadapinya, dan bagaimana mereka membangun keluarga di era digital ini.

Ibu Gen Z dalam Dunia Digital

Ilustrasi Peran Ibu Gen Z. Foto: Unsplash.com/Andriyko Podilnyk
Ibu Gen Z adalah bagian integral dari keluarga mereka. Karena tumbuh dalam era digital, hal itu berpengaruh pada cara mereka mengasuh anak-anak mereka.
Menurut The New York Times, ibu Gen Z menggunakan teknologi untuk mencari informasi seputar kehamilan, perkembangan anak, dan cara mengatasi tantangan parenting.
Mereka mengandalkan aplikasi mobile, forum daring, dan media sosial untuk berbagi pengalaman dan mencari saran dari komunitas daring.
ADVERTISEMENT

Tantangan Parenting di Era Digital

Ilustrasi Peran Ibu Gen Z. Foto: Unsplash.com/Alexander Dummer
Parenting di era digital membawa tantangan tersendiri. Salah satunya adalah pengaturan waktu screen time anak.
Dalam studi yang dilaporkan oleh American Academy of Pediatrics, terlalu banyak waktu di depan layar dapat berdampak negatif pada perkembangan anak. Ibu Gen Z harus mencari keseimbangan yang tepat antara teknologi dan kegiatan luar ruang untuk anak-anak mereka.

Peran Pendidikan Digital

Pendidikan juga mengalami perubahan besar dengan adopsi teknologi. Dalam studi dari EdSurge, teknologi telah menjadi alat yang sangat berharga dalam pendidikan anak-anak. Ibu Gen Z sering terlibat dalam memastikan anak-anak mereka mendapatkan manfaat dari pendidikan digital, seperti pembelajaran daring dan aplikasi pendidikan.
ADVERTISEMENT

Keluarga dan Hubungan

Ilustrasi Peran Ibu Gen Z. Foto: Unsplash.com/Hillshire Farm
Ibu Gen Z memiliki tantangan berbeda dalam membangun hubungan yang kuat dalam keluarga mereka. Mereka mencari keseimbangan antara pekerjaan, pendidikan, dan keluarga.
The Guardian melaporkan bahwa banyak dari mereka juga mencari cara untuk lebih fleksibel dalam urusan karir, seperti bekerja dari rumah, agar dapat lebih dekat dengan anak-anak mereka.

Mendukung Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah aspek penting dari parenting. Menurut Psychology Today, ibu Gen Z cenderung lebih terbuka dalam berbicara tentang masalah kesehatan mental dan mencari dukungan ketika dibutuhkan. Mereka menggunakan platform daring untuk berbagi pengalaman dan menemukan komunitas yang dapat memberikan dukungan emosional.