Preferensi Generasi Z dan Dampaknya pada Industri Hiburan

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
27 Februari 2024 21:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bermain sosial media. Foto: photobyphotoboy/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bermain sosial media. Foto: photobyphotoboy/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Generasi Z lahir di era teknologi yang semakin maju. Fakta ini pun mampu mengubah lanskap industri hiburan secara fundamental, termasuk soal preferensi dan keterlibatan Generasi Z terhadap dunia hiburan.
ADVERTISEMENT
Dengan preferensi yang unik dan konsumsi konten yang berbeda dari generasi sebelumnya, Generasi Z telah menjadi penggerak utama dalam perubahan tren, platform, dan budaya hiburan. Tentu, kondisi ini dapat memberikan pengaruh yang positif dalam kehidupan manusia.
Dampak yang ditimbulkan oleh Gen Z tidak hanya terasa dalam produksi konten, tetapi juga dalam tatanan industri secara keseluruhan. Generasi Z mengubah cara pandang dan teknik interaksi dengan audiens.

Preferensi Konsumsi Hiburan Generasi Z

Ilustrasi dampak media sosial. Foto: SrideeStudio/Shutterstock
Bicara soal preferensi, ternyata Generasi Z memilki selera yang cukup unik. Apa saja? Simak uraiannya berikut ini.

1. Konsumsi Konten Digital

Generasi Z cenderung memilih platform digital sebagai sumber utama hiburan mereka. Generasi yang lahir di tahun 1990-200an ini menghabiskan banyak waktunya untuk menonton video online, bermain game, dan berinteraksi dengan konten media sosial.
ADVERTISEMENT
Platform seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan platform streaming lainnya telah menjadi tempat utama bagi Generasi Z untuk menemukan konten yang mereka sukai. Ini pun berhasil mengubah pola interaksi dengan sesamanya.

2. Interaksi dan Partisipasi

Selain menjadi konsumen pasif, Generasi Z juga aktif berpartisipasi dalam konten hiburan. Mereka sering menggunakan media sosial untuk membagikan pendapatnya soal film, acara TV, musik, dan game.
Selain itu, mereka juga cenderung aktif terlibat dalam pembuatan konten yang memungkinkan interaksi. Contohnya yaitu konten yang mengundang tanggapan atau partisipasi langsung dari penonton.

Pengaruh Generasi Z terhadap Industri Hiburan

Ilustrasi remaja bermain sosial media. Foto: Rawpixel.com/Shutterstock
Karena seleranya yang sedikit berbeda, Generasi Z pun mau tidak mau memberikan pengaruh yang cukup besar di industri hiburan, yakni sebagai berikut:

1. Transformasi Platform Hiburan

Perubahan utama dalam industri hiburan yang disebabkan oleh Generasi Z adalah transformasi platform. Mereka memaksa perusahaan media tradisional untuk beralih ke platform digital.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, platform digital juga berevolusi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Generasi Z. Ini telah mengubah cara konten diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi.

2. Pembentukan Tren dan Budaya Pop

Generasi Z juga memiliki peran besar dalam membentuk tren dan budaya populer. Mereka memiliki kekuatan untuk membuat konten atau tren viral dengan cepat melalui platform seperti TikTok dan Twitter.
Selain itu, preferensi mereka dalam konten hiburan juga telah mempengaruhi jenis konten yang diproduksi oleh industri, termasuk peningkatan dalam representasi diversitas, isu-isu sosial, dan pendekatan yang lebih otentik dalam narasi.

Tantangan dan Peluang bagi Industri Hiburan

Ilustrasi tempat hiburan malam. Foto: Shutterstock
Meskipun Generasi Z membawa banyak peluang bagi industri hiburan, ada juga tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah meningkatnya persaingan dan kebutuhan untuk terus berinovasi untuk tetap relevan di mata Generasi Z yang selalu berubah.
ADVERTISEMENT
Industri juga harus mengatasi tantangan seperti keamanan dan privasi data, serta mencari cara untuk menjaga keterlibatan penonton dalam era informasi yang cepat berubah. Generasi Z telah mengubah paradigma industri hiburan dengan preferensi dan perilaku konsumsi yang unik.
Mereka telah mendorong pergeseran menuju platform digital dan membentuk tren dan budaya populer baru. Bagi industri hiburan, memahami dan merespons perubahan ini adalah kunci untuk tetap relevan dan sukses dalam menghadapi pasar yang semakin beragam dan dinamis.
Dengan demikian, Generasi Z bukan hanya konsumen pasif, tetapi juga agen perubahan yang signifikan dalam dunia hiburan modern.