Konten dari Pengguna

4 Tips Mengatasi Insecure Fisik agar Lebih Percaya Diri

Perawatan Pria
Membahas artikel tentang perawatan diri pria
24 Mei 2024 17:38 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Perawatan Pria tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Mengatasi Insecure Fisik, Foto: Unsplash/Khosrork.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Mengatasi Insecure Fisik, Foto: Unsplash/Khosrork.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Insecure adalah rasa tidak percaya diri terhadap diri sendiri. Perasaan insecure terhadap bentuk fisik sendiri itu wajar, tetapi jangan terus menerus dipikirkan sampai galau. Tentunya ada banyak tips mengatasi insecure fisik.
ADVERTISEMENT
Melihat orang lain dengan fisik yang lebih ganteng, perutnya six pack, gayanya lebih keren, atau pencapaiannya lebih baik memang membuat minder. Namun, jangan sampai membuat diri sendiri menjadi takut untuk bersaing, karena dunia tidak hanya seputar itu saja.

Tips Mengatasi Insecure Fisik

Ilustrasi Tips Mengatasi Insecure Fisik, Foto: Unsplash/nadia_bormotova.
Merasa inscure itu adalah hal yang normal, tetapi perlu mengatasinya agar tidak berlebihan dan menghambat potensi diri sendiri. Insecure bisa muncul dari luar atau dari dalam diri sendiri.
Contohnya insecure ketika melihat fisik orang lain lebih dari diri sendiri. Ada cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi insecure fisik agar lebih percaya diri di depan umum.

1. Memaknai Diri Sendiri

Dikutip dari buku Cara Mudah Mengatasi Insecure, Lasmana Fajar Hapriyanto (2023: 3), memaknai berarti sikap dan perilaku yang dilakukan oleh manusia berupa tafsir dari unsur-unsur pendukungnya yang memuat kata atau hal disekitar lingkungan untuk memberikan suatu makna.
ADVERTISEMENT
Memaknai diri sendiri itu banyak contohnya. Ketika kita duduk di bawah cahaya rembulan, tanpa sadar kita sudah memaknai hal itu. Contohnya mencoba mencari tahu bagaimana bulan bersinar, dan lain sebagainya.

2. Berpikir Positif

Teruslah berpikir positif terhadap apa yang terjadi dalam hidupmu. Dengan begitu, dapat menyelamatkan diri sendiri dari perasaan-perasaan negatif yang bisa menguras energi.

3. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap orang juga diciptakan dengan segala keunikannya. Sehingga tidak ada orang yang memiliki ciri fisik yang sama persis.
Jadi, jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Justru hal ini akan membuat diri sendiri menjadi rendah diri dan insecure.

4. Mengurangi Aktivitas Media Sosial

Untuk mengatasi perasaan kurang percaya diri terkait penampilan fisik, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan media sosial bisa menjadi langkah yang efektif.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, banyak orang yang memamerkan keindahan tubuh mereka di platform tersebut, yang dapat memicu perasaan tidak aman pada orang lain.
Kurangi paparan terhadap konten media sosial ini dapat membantu mengurangi perasaan iri atau tidak percaya diri. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi waktu yang dihabiskan di media sosial guna menjaga kesehatan mental dan kepercayaan diri.
Itulah cara mengatasi insecure fisik agar lebih percaya diri di depan umum. Insecure hanya akan membuat potensi diri sendiri terhambat. (Umi)