Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.90.0
Konten dari Pengguna
Karakteristik Pandawa Pada Cerita Wayang Mahabharata
7 Desember 2022 16:38 WIB
Tulisan dari Pintania Fauziah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Wayang adalah karya sastra tradisional yang menceritakan tentang kepahlawanan tokoh yang menghadapi tokoh jahat, menurut Nurgiyantoro (2011:19). Wayang sejatinya menempuh berbagai sejarah dari masa ke masa. Hal itu menunjukkan betapa kentalnya budaya wayang di bangsa Indonesia, khususnya di Jawa. Wayang dianggap sebagai mahakarya karena nilainya yang tinggi dalam peradaban manusia. Selain itu, wayang memiliki nilai yang tinggi karena dapat mencerminkan karakter dan cerita yang dapat digunakan untuk pengembangan karakter pada generasi milenial. Budaya wayang merupakan kemajuan bangsa, dengan nilai-nilai luhur tradisi untuk melestarikan eksistensi budaya wayang yang ada. Wayang sangat digemari oleh banyak kalangan peminat wayang, mulai dari orang dewasa hingga remaja, karena dapat menjadi nilai kehidupan.
ADVERTISEMENT
Dalam epos Mahabharata yang ditulis dalam bahasa Sanskerta, naskahnya disunting menjadi bahasa Jawa Kuna, kemudian ditambahkan legenda menjadi cerita Mahabharata versi Jawa, cerita wayang versi Jawa semakin populer dan ditulis ulang dengan cerita dari Jawa Tengah, Jawa Lama, dan Jawa Baru. Akhirnya, cerita Mahabharata diadaptasi menjadi sebuah lakon wayang yang dipentaskan dalam pertunjukan wayang kulit dan wayang orang. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Wayang kulit misalnya lebih populer dalam pertunjukan wayang daripada wayang wong karena lebih digemari oleh masyarakat umum. Alhasil, cerita wayang Mahabharata diperkenalkan kepada masyarakat untuk diwariskan melalui pertunjukan wayang kulit lisan yang memiliki ciri khas cerita rakyat, (Nurgiyantoro, 2011:19).
Dari segi pewayangan, Mahabharata menjadi kisah dari cerita wayang di Indonesia. Menurut Nurgiyantoro (2011:27), mahabharata berasal dari India yang telah diterima dalam pementasan wayang di Indonesia sejak zaman Hindu sampai sekarang, baik dari wayang kulit dan wayang orang yang digunakan dalam pementasan wayang. Dari apa yang sudah kami lihat di Museum Wayang, Jakarta Barat bahwa tokoh wayang yang terlibat dalam cerita Mahabharata itu terdiri dari lima laki-laki ksatria dan membela kebenaran. Selain itu, dipajang bersamaan yang terbuat dari kulit, masing-masing memiliki bentuk, warna, dan karakter yang berbeda. Sebagaimana yang telah diceritakan dalam Mahabharata bahwa Prabu Pandu Dewanata memiliki dua orang istri, yaitu Kunti dan Madri. Dalam Mahabaratha diceritakan bahwa pandu tidak memiliki anak akibat dikutuk oleh resi. Kutukan itu terjadi sesudah pandu memanah resi tanpa sepengetahuannya dan sang resi berubah menjadi kijang. Hingga dimana Prabu dan Kunti memiliki seorang anak yaitu Yudistira, Bima, dan Arjuna. Sementara pernikahan Prabu dengan Madri di karuniai dua anak kembar yaitu Nakula dan Sadewa.
ADVERTISEMENT
Dari sinilah Prabu Pandu Dewanata mempunyai lima orang anak dan dijuluki sebagai Pandawa. Sesuai dengan judulnya, berikut karakteristik dari kelima Pandawa pada cerita wayang Mahabharata. Menurut Arifin & Hakim (2021:617), Pertunjukan wayang merupakan budaya tersendiri karena didalamnya terdapat unsur pendukung untuk mengiringi pertunjukan; Misalnya, di setiap daerah ceritanya berbeda-beda, dan karakter yang dimainkan akan mengandung pesan moral kehidupan yang akan dijadikan cerminan dalam kehidupan masyarakat.
Nilai-nilai karakter dalam Pandawa ini dapat dijadikan sebagai nilai-nilai kehidupan yang baik yang dapat diterapkan, diakui, dan diyakini oleh semua orang. Menurut (Nurgiyantoro, 2011:28), pendidikan karakter digunakan sebagai pembentuk karakter untuk menanamkan moral kehidupan pada generasi milenial guna menanamkan nilai-nilai agama yang bermoral dan berakhlak mulia. Alhasil, pendidikan karakter menitikberatkan pada nilai-nilai luhur yang diterapkan Pandawa dalam cerita wayang Mahabharata, yang diharapkan agar anak menjadi pribadi yang berkarakter sejati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Berikut karakter dari Pandawa untuk menjadi cerminan kehidupan:
ADVERTISEMENT
Yang pertama bernama Yudistira, yang merupakan putra sulung dari Pandu dan Kunti. Ia memiliki panggilan kecil yaitu Puntadewa dan penjelma Dewi Yama. Dalam dunia pewayangan, Yudistira memimpin sebuah negara yaitu Amarta. Menurut Wiyono dalam Arifin & Hakim (2021:617), Yudistira adalah sosok bijaksana yang mudah memaafkan kesalahan orang lain, adil, sabar, jujur, percaya diri, dan berani mengambil keputusan. Dalam kehidupan sehari-hari, hal yang sama terjadi. Perilaku dan karakter Yudistira yang baik harus ditiru. berpengaruh dalam kehidupan orang lain Misalnya, di era modern ini, kebalikan dari sikap dan sifat Yudistira, yang meliputi berbohong, egois, dan selalu menyalahkan orang lain. Alhasil, karakter Yudistira dapat diteladani dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi bekal dalam kepribadian seseorang untuk mengubah karakternya menjadi lebih baik.
ADVERTISEMENT
Bima, merupakan putra kedua dari pasangan Pandu dan Kunti ini adalah Bima. Nama kecil Bima sendiri adalah Sena. Bima adalah penjelma Dewa Bayu, maka dari itu Bima diberi julukan Bayu sutha. Menurut Dyna dalam Arifin & Hakim (2021:617), Kepribadian Bima dikenal sangat kuat di antara saudara-saudaranya. Memiliki tubuh yang besar, kekar, tinggi, dan wajah garang. Namun hal tersebut tidak membuat Bima menjadi sombong, karena dia sangat baik kepada kakak laki-lakinya dan mengayomi adik-adiknya. Bima memiliki hati yang lembut dan perhatian. Karena sebagian orang diharuskan untuk mengadopsi perilaku Bima, maka sifat Bima meliputi nilai-nilai sosial. Namun, akibat kurangnya pembiasaan orang tua atau pendidikan formal yang mereka terima, nilai-nilai sosial tersebut menurun pada generasi sekarang. Padahal, sikap seperti Bima patut diteladani dalam dunia pendidikan sebagai bekal dan pengaruh dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Arjuna, merupakan putra bungsu dari pernikahan Pandu dan Kunti adalah Arjuna. Arjuna memiliki nama kecil yaitu Permadi. Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Indra yang merupakan Dewa Perang. Menurut Wiyono dalam Arifin & Hakim (2021:617), Arjuna adalah seorang ksatria cerdik yang sangat pandai menggunakan berbagai macam alat perang, terlebih lagi panah. Kemahirannya inilah yang membuatnya menjadi tumpuan Pandawa ketika perang. Putra Kunti ini dianggap sebagai anak tertampan diantara keempat saudaranya yang lain. Menurut Dyna dalam Arifin & Hakim (2021:617), Arjuna memiliki sifat pendiam, pandai, sopan santun, berani, penyayang, lemah lembut dan suka membantu juga melindungi yang lemah. Sikap seperti Arjuna yang dapat diteladani para generasi muda, karena memiliki jiwa yang bijaksana, sopan santun, berani serta selalu menjadi tameng untuk orang-orang yang tidak memiliki kekuatan. Tingkah laku Arjuna sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, dan mengajarkan kepada generasi muda untuk berani menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan kebenaran. Namun jika dibandingkan dengan generasi muda saat ini, sulit untuk mengatakan apa yang mereka inginkan karena perbandingan strata sosial selalu terdistorsi. Akibatnya, sangat sulit untuk diterapkan dalam praktik.
ADVERTISEMENT
Nakula, salah satu anak kembar dari pasangan Pandu dan Madri. Nama kecil Nakula adalah Pinten. Nakula merupakan penjelma Dewa Aswin sebagai Dewa pengobatan. Menurut Wiyono dalam Arifin & Hakim (2021:617), Nakula memiliki sifat yang jujur, taat pada orang tua, sangat tau arti membalas budi seseorang, setia dan pandai menjaga rahasia. Di zaman sekarang ini, sebagian generasi muda sangat minim dalam menaati orang tua, dan perilaku menyimpang yang membuat mereka merasa bangga dengan perintah orang tua adalah hal yang biasa. Contohnya antara lain tidak merokok, tidak terlibat perkelahian, dan tidak membolos saat pertama kali masuk sekolah. Selain itu, keterampilan lain dalam kehidupan nyata adalah kemampuan menyimpan rahasia. Sifat ini tentu saja berbanding terbalik dengan kehidupan nyata, ketika seseorang diberitahu sesuatu yang rahasia tetapi kemudian menyebarkan informasi yang melanggar kerahasiaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Sadewa, merupakan saudara kembar dari Nakula. Dia merupakan anak bungsu dari Pandu dan Dewi Madri. Nakula dan Sadewa sama-sama penjelma Dewa kembar bernama Aswin yaitu Dewa pengobatan. Menurut Wiyono dalam Arifin & Hakim (2021:617), Sadewa memiliki sifat yang bijaksana, rajin, jujur, dan setia, serta ahli Astronomi. Banyak orang di zaman sekarang ini tidak jujur tentang apa yang mereka lakukan untuk keuntungan pribadi. Hal ini tentu saja lumrah karena kepercayaan masyarakat sudah mulai berkurang. Misalnya, pertimbangkan seorang siswa yang menyontek saat ujian sedang berlangsung. Tentu saja, para siswa ini melakukannya untuk keuntungan mereka sendiri untuk mendapatkan nilai kelulusan.
Sesuai dengan karakteristik tokoh Pandawa yang telah dijabarkan bahwa Pandawa sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, dimana terdapat nilai sosial, nilai moral, dan nilai pendidikan. Tentunya hal ini dapat dijadikan sebagai motivasi bagi generasi muda saat ini. Jiwa kelima tokoh Pandawa ini menanamkan sikap peduli terhadap sesama dan sesama, tidak hanya kepada saudaranya tetapi juga kepada orang lain yang membutuhkan bantuan, membedakan mana yang adil dan mampu membela kebenaran secara konsisten.
ADVERTISEMENT
Sumber:
Arifin, M., & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613–623.
Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang dan pengembangan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).