Entertainment
·
23 Februari 2021 18:41

10 Lagu Daft Punk Terbaik yang Cocok Masuk Playlistmu

Konten ini diproduksi oleh Play Stop Rewatch
10 Lagu Daft Punk Terbaik yang Cocok Masuk Playlistmu (22345)
Daft Punk Foto: Daft Punk/Facebook
Play Stop Rewatch, Jakarta - Grup musik techno-electronica legendaris asal Prancis, Daft Punk, resmi bubar pada Senin (22/2) dan mengakhirinya dengan ledakan. Pengumuman itu disampaikan melalui sebuah video yang bertajuk ‘Epilogue’ di kanal YouTube milik Daft Punk.
ADVERTISEMENT
Pada video yang berdurasi 7 menit 58 detik itu, tertulis sebuah kalimat ‘1993-2021’. Dengan demikian, karier Daft Punk resmi berakhir setelah 28 tahun bertualang di industri musik internasional.
Grup elektronik yang pernah memborong 4 kategori sekaligus pada ajang Grammy Awards 2014 itu tercatat telah melahirkan 4 album, yaitu Homework (1997), Discovery (2001), Human After All (2005), dan Random Access Memories (2013).
Dengan kostum robot yang khas, mereka mampu melahirkan berbagai single hits yang beberapa kali menduduki puncak tangga musik internasional.
Di antara puluhan lagu yang dihasilkan oleh Daft Punk, tentu ada beberapa lagu yang paling menonjol dan menjadi hits.
Berikut ini adalah 10 lagu terbaik dari Daft Punk yang menjadi hits:
ADVERTISEMENT

Da Funk (1995)

Video
‘Da Funk’ merupakan single-hits pertama dari duo elektronik asal Prancis ini. Single ‘Da Funk’ merupakan awal dari fase transisi Daft Punk pasca karier indie-rock singkatnya bersama Darlin. Nuansa synthesizer yang kental, dipadu dengan video klip arahan Spike Jonze, membuat lagu ini mampu meraih popularitas di era keemasan MTV.

Around The World (1997)

Video
Diambil dari album pertama yang bertajuk ‘Homework’, lagu ‘Around The World’ merupakan paduan antara instrumen bass yang kuat dengan suara robotik yang melantunkan bunyi “Around The World” selama berkali-kali. Pada tahun 1997, ‘Around The World’ merupakan element of surprise bagi kancah musik elektronika dunia.
Bahkan, lagu ini masih mempunyai pengaruh yang kuat hingga tahun 2017. Lagu ini mampu menampilkan fokus pada setiap elemen, meskipun bagian bassline adalah instrumen yang paling menonjol pada lagu ini.
ADVERTISEMENT

Robot Rock (2005)

Video
‘Robot Rock’ merupakan single utama dari album ketiga Daft Punk yang bertajuk ‘Human After All’ yang rilis pada tahun 2005. Meskipun sempat mencapai posisi tertinggi pada tangga lagu, namun banyak kritikus menganggap instrumen ‘Robot Rock’ terlalu repetitif dibandingkan lagu lainnya. Lagu ini menampilkan riff synthesizer yang cukup kuat, dipadu dengan perkusi dan power chord pada gitar listrik.

Aerodynamic (2007)

Video
‘Aerodynamic’ adalah single dari album ‘Discovery’ yang dirilis pada tanggal 28 Maret 2001. Guy Manuel de Homem-Christo (salah satu personil Daft Punk) menggambarkan lagu-lagu yang terdapat dalam album ‘Discovery’ sebagai paduan antara masa lalu dan masa depan. Pada sebuah sesi wawancara di tahun 2001, Thomas Bangalter menjelaskan bahwa banyak musik house menggunakan sample rekaman disko di tahun 70 dan 80-an dan itulah yang ingin Daft Punk kejar lewat ‘Aerodynamic’.
ADVERTISEMENT

Get Lucky (2013)

Video
Lagu ‘Get Lucky’ yang rilis pada tahun 2013 ini menggandeng Pharrell Williams sebagai pengisi vokal. ‘Get Lucky’ merupakan single utama dari album keempat ‘Random Access Memories’. Ada fakta menarik mengenai lagu ini, karena sebelum dirilis menjadi single, lagu ini sempat ditampilkan dalam iklan televisi yang disiarkan selama semalam suntuk.

Crescendolls (2001)

Video
‘Crescendolls’ adalah track ke-5 dari album ‘Discovery’. Penamaan judul lagu tersebut, mengacu pada tokoh band protagonis, The Crescendolls, dari animasi Daft Punk ‘Interstella 5555’. Lagu ini adalah salah satu track yang mereka bawakan pada tur dunia di tahun 2007. Seperti semua lagu dari album ‘Discovery’ video musik ‘Crescendolls’ merupakan potongan adegan dari animasi ‘Interstella 5555’.

Technologic (2005)

Video
ADVERTISEMENT
Lagu ‘Technologic’ merupakan salah satu track dari album ‘Human After All’. Single kedua ini dirilis pada tanggal 14 Juni 2005 oleh Virgin Records. Dalam lagu tersebut, terda pat efek suara robotik yang mengiringi hingga lagu selesai. Riff gitar listrik pun sedikit terasa pada lagu ini, meskipun bassline dan synthesizer terasa lebih menonjol.

Digital Love (2001)

Video
Lagu ini adalah single ketiga dari album kedua Daft Punk ‘Discovery’. Dirilis pada 11 Juni 2001, lagu ini sempat menduduki posisi 14 pada tangga musik Inggris. Karena menjadi bagian dari album ‘Discovery’ maka lagu ‘Digital Love’ juga turut ditampilkan dalam film animasi ‘Interstella 5555’.

Harder, Better, Faster, Stronger (2001)

Video
Dirilis pada 13 Oktober 2001, lagu ‘Harder, Better, Faster, Stronger’ merupakan single ke-4 dari album ‘Discovery’. Versi live dari lagu ini dirilis sebagai single di album Alive pada 15 Oktober 2007. Versi ini pun memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Dance Recording di tahun 2009.
ADVERTISEMENT
Di periode awal Youtube, lagu ini termasuk yang viral di kalangan para pendengar baru. Gara-garanya, adanya dua perempuan yang “menarikan” lirik lagu ini dengan bagian-bagian tubuhnya.

One More Time (2001)

Video
‘One More Time’ adalah lagu yang lagi-lagi berasal dari album ‘Discovery’. Dirilis pertama kali pada tanggal 30 November 2000, lagu ini kemudian dimasukkan ke dalam album ‘Discovery’ di tahun 2001. Lagu ini merupakan lagu dengan nuansa house Perancis yang menampilkan vokal Romanthony dengan sentuhan autotuned. Karena masuk ke dalam album ‘Discovery’ lagu ini pun juga ditampilkan pada animasi Daft Punk ‘Interstella 5555’.
Bandhu Manhistha

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white