kumparan

5 Fakta Menarik Tentang Film Animasi Dumbo

Untitled Image
Cuplikan trailer Dumbo (Sumber: Walt Disney)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Hampir 80 tahun setelah Disney merilis film animasi Dumbo pada 1941. Tanggal Rabu nanti (27/4), kita dapat menyaksikan film Dumbo dalam bentuk live-action.
ADVERTISEMENT
Jika pada film animasinya merupakan sebuah film keluarga mengenai bayi gajah yang dapat terbang, nampaknya film Dumbo karya Tim Burton ini akan sedikit lebih 'dark'.
Play Stop Rewatch akan memberitahu kepada kalian 5 fakta menarik dari film animasi Dumbo:

Dumbo berasal dari buku anak-anak

Untitled Image
Cover buku bergambar anak-anak Dumbo (Sumber: goodreads)
Seperti karya Disney lainnya yang diadaptasi dari buku, Dumbo pun juga demikian. Dumbo merupakan buku bergambar anak-anak yang dirilis pada 1938 yang ditulis oleh Helen Aberson dan diilustrasikan oleh Harold Pearl. Kemudian, Disney membeli hak untuk menayangkannya menjadi film animasi yang ditulis oleh Joe Grant dan Dick Huemer.

Dumbo menginspirasi mainan di taman bermain seluruh dunia

Untitled Image
Dumbo Ride di Fantasyland (Sumber: Walt Disney)
Dumbo ride atau biasa disebut 'Dumbo the Flying Elephant' merupakan atraksi seperti carousel yang dapat mengontrol tinggi-rendahnya tempat yang dinaiki tersebut. Nampaknya, hal ini menginspirasi wahana bermain di luar sana untuk menciptakan Dumbo ride versi lainnya.
ADVERTISEMENT

Salah satu film terpendek Disney dari para animator yang mogok kerja

Untitled Image
Cuplikan film animasi Dumbo (Sumber: Walt Disney)
Berdurasi hanya 64 menit, Dumbo menjadi salah satu film animasi terpendek yang pernah dibuat Disney. Rata-rata film Disney lainnya berkisar antara 90 menit.
Menariknya, saat masa-masa film animasi ini diproduksi, para animator dari Disney melakukan gerakan mogok kerja pada Mei 1941. Beberapa minggu kemudian, para animator berkumpul dan menyelesaikan film animasi ini.

Terdapat rasisme pada film ini

Untitled Image
Jim Crow memimpin gagak lainnya (Sumber: Walt Disney)
Jika anda pernah menonton film Dumbo, seekor gagak yang hadir pada film tersebut merepresentasikan orang kulit hitam yang digambarkan dengan aksen bicaranya. Kemudian, lagu yang berjudul 'Song of the Roustabouts' juga dikritik keras karena menggambarkan perbudakan dari orang kulit hitam.

Berhasil meraih piala Oscars

Untitled Image
Cuplikan trailer Dumbo (Sumber: Walt Disney)
Pada 1942, Dumbo berhasil meraih penghargaan Oscars pada kategori Best Music, scoring of a musical picture. Selain itu, film juga mendapatkan penghargaan di Cannes Film Festival di kategori Best Animation Design pada 1947.
ADVERTISEMENT
Penulis: Andri
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan