Entertainment
·
15 Juni 2020 9:52

Aktor yang Hampir Memerankan Joker di 'The Dark Knight'

Konten ini diproduksi oleh Play Stop Rewatch
Aktor yang Hampir Memerankan Joker di 'The Dark Knight' (246475)
Heath Ledger sebagai Joker (Foto: IMDb)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Siapa yang tidak kenal Joker Heath Ledger di The Dark Knight? Salah satu interpretasi Joker yang paling populer, bahkan sampai memenangkan piala Oscar pada kategori Best Supporting Actor.
ADVERTISEMENT
Batman dan Joker punya sejarah yang panjang di layar lebar, mulai dari Batman (1966) dengan Adam West sebagai Batman dan Cesar Romero sebagai Joker.
Salah satu aktor yang juga tidak bisa dilupakan saat memerankan Clown Prince of Crime ini adalah Jack Nicholson pada Batman (1989) karya Tim Burton. Bisa dibilang, Joker versi Nicholson adalah yang paling terbaik hingga Christopher Nolan membentuk Joker versi Heath Ledger.
Heath Ledger sempat diremehkan ketika Nolan mengumumkan bahwa Joker akan diperankan oleh Heath Ledger. Namun, aktingnya di film tersebut sangat membuahkan hasil, salah satu buktinya adalah piala Oscar yang diraihnya.
Sebelum nama Heath Ledger terpilih, ada beberapa nama yang sempat hampir memerankan Joker di The Dark Knight. Ketika Batman Begins sedang digarap, Nolan menawarkan Heath Ledger sebagai peran Batman, tapi keduanya sepakat bahwa Ledger tidak tepat untuk peran tersebut.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, Nolan menyimpan Heath Ledger untuk casting Joker pada sekuelnya nanti. Meskipun begitu, Nolan tetap melakukan casting untuk aktor-aktor lain yang berpotensi dapat memerankan Joker.
Beberapa di antaranya adalah Lachy Hulme, Adrien Brody, Steve Carell, dan Robin Williams. Salah satu kandidat terkuatnya pada saat itu adalah Paul Bettany. Bettany sempat menunjukan ketertarikan pada perannya, akan tetapi masih tidak jelas apakah ia sudah bertemu dengan Nolan atau belum.
Fakta menarik lainnya, Robin Williams dulu sempat hampir menjadi Joker pada film Batman Tim Burton. Sayangnya, pilihan utama pihak studio adalah Jack Nicholson yang mana ia mengambil peran ini ketika mengetahui kalau Robin Williams akan menjadi Joker jika ia tidak mengambilnya.
Christopher Nolan punya visi yang jelas dalam membentuk Joker yang ia inginkan dan Ledger berhasil merealisasikan visinya tersebut. Sejak dulu, Nolan ingin bekerja sama dengan Heath Ledger dan akhirnya The Dark Knight menjadi salah satu penampilan Heath Ledger terbaik dan terakhir.
ADVERTISEMENT