kumparan
KONTEN PUBLISHER
11 Februari 2020 9:39

Apakah Aktor yang Menang Oscar Mendapatkan Hadiah Uang?

Untitled Image
Ilustrasi piala oscar. (Foto: Shutter Stock)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Apakah para pemenang Oscar mendapatkan uang dari Academy Award? Jawaban singkatnya adalah tidak, tapi sesungguhnya mereka akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada sekadar hadiah uang.
ADVERTISEMENT
Academy Award memang tidak memberikan hadiah uang cash ketika memenangkan ajang penghargaan ini. Tapi, menurut beberapa sumber, piala Oscar yang didapat pemenang tersebut memiliki nilai seharga $400 atau setara dengan Rp 5,4 juta.
Akan tetapi, jangan berpikir kalau mereka bisa menjual piala Oscar. Karena pihak The Academy punya peraturan sejak 2015 di mana sebelum mereka bisa menjualnya, mereka harus menawarkan piala tersebut ke pihak The Academy seharga $1 atau setara dengan Rp 14 ribu.
Untitled Image
Brad Pitt berfoto usai mendapat piala Oscars 2020 di Hollywood, Amerika Serikat. (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)
Tanpa harus menang, para nominasi sebenarnya sudah mendapatkan goodie bag seharga $215 ribu (Rp 3 miliar) dari pihak Academy Awards.
Namun, hadiah sesungguhnya adalah kenaikan gaji para aktor setelah masuk ke dalam sorotan Oscar. Dilansir dari Moneynation, ada kenaikan sekitar 60 persen dari gaji para pemenang. Hal tersebut sesuai dari berapa lama aktor atau aktris tersebut berkarier.
ADVERTISEMENT
Misalnya, kemenangan Brad Pitt lewat film Once Upon a Time in Hollywood tidak akan mengubah banyak karena sejak awal ia sudah jadi aktor kelas A yang sudah ditawarkan banyak uang dari setiap studio yang menginginkannya ada di film mereka.
Tapi, sebut jaka Halle Berry yang memiliki kenaikan gaji sekitar 98 persen setelah berhasil memenangkan Oscar 2002 lewat film Monster's Ball. Dimulai dari gaji sekitar $118 ribu hingga menjadi $6,5 juta setelah memenangkan Oscar. Tom Hanks memiliki kenaikan dari $700 ribu hingga $10 juta setelah kemenangan Oscar pertamanya lewat film Philadelphia.
Walaupun mereka tidak mendapatkan apa-apa dari memenangkan Oscar, tapi ia mendapatkan hadiah yang berbeda lewat pertumbuhan kariernya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan