kumparan
11 Sep 2019 12:31 WIB

Batman vs Superman, Siapa Lebih Kuat?

Batman Vs Superman (Foto: Warner Bros)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Walaupun film 'Batman v Superman' sudah lewat sekitar tiga tahun, rasanya perdebatan siapa yang lebih kuat di antara Batman dan Superman akan menjadi perdebatan tanpa akhir. Kalau kita berbicara secara kemampuan yang dimiliki, jelas Superman pasti menang telak. Tapi apakah benar begitu?
ADVERTISEMENT
Superman bisa dibilang merupakan karakter terkuat di sepanjang semesta DC. Dia berasal dari planet Krypton dan datang ke Bumi membawa kekuatan yang sangat amat dahsyat. Ia bisa terbang, mengeluarkan sinar laser dari matanya, bergerak secepat kilat bahkan hampir menyaingi The Flash, hingga nafas yang bisa membekukan.
Dari penjelasan kekuatan di atas saja, sudah mustahil bagi Batman bisa mengalahkan Superman. Batman hanyalah seorang manusia biasa yang kaya raya dan bergantung dengan teknologi dalam melawan supervillain.
Pertarungan di antara Batman dengan Superman (Foto: DC Comics)
Lantas, bagaimana ia bisa menyaingi Superman? Tentu saja Kryptonite adalah jawabannya. Batman harus memanfaatkan Kryptonite, kelemahan dari Superman, untuk dapat mengalahkan Superman.
Memang pada akhirnya, menang atau kalah tergantung situasi dan kondisi jika keduanya dipertemukan dalam suatu pertarungan. Superman bisa saja bergerak lebih dulu menghajar Batman sebelum ia menjalankan strategi dalam rencananya. Atau sebaliknya, Batman bisa saja memanfaatkan kelemahan Superman, yaitu Kryptonite dan dimanipulasi rasa takutnya oleh Batman.
ADVERTISEMENT
Kalau mengambil referensi dari komiknya, pertarungan di antara mereka berdua memang tidak pernah ada yang selalu menang telak. Salah satu dari mereka selalu bisa mengimbangi satu sama lain.
Jika kembali kepada pertanyaan siapa yang lebih kuat di antara Batman dengan Superman? Hingga sekarang jawaban yang bisa PSR berikan adalah tergantung.
Pertarungan Batman dengan Superman di komik Injustice (Foto: DC Comics)
Iya, betul, tergantung situasi dan kondisi dari pertarungannya. Batman bisa menang jika ia mengeksploitasi pertarungannya, Superman pun juga bisa menang jika bergerak duluan sebelum rencana Batman dijalankan.
Penulis: Andri
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan