Deretan Rekor yang Tercipta di Grammy Awards 2021

Konten Media Partner
15 Maret 2021 17:45
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Deretan Rekor yang Tercipta di Grammy Awards 2021 (9543)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi piala Grammy Awards Foto: The Grammys
ADVERTISEMENT
Play Stop Rewatch, Jakarta - Grammy Awards 2021 digelar dengan tampilan yang tidak biasa dari perhelatan-perhelatan sebelumnya. Penghargaan yang sebelumnya direncanakan digelar di Staples Center pada 31 Januari, harus diundur hingga 14 Maret dan venuenya pun dipindahkan ke tenda di luar Staples Center.
ADVERTISEMENT
Dipandu oleh komedian dan host dari The Daily Show, Trevor Noah, Grammy Awards 2021 digelar secara virtual dan langsung dengan tetap memperhatikan social distancing serta penggunaan masker oleh semua tamu.
Grammy Awards edisi ke-63 tidak hanya menghadirkan artis-artis ternama, acara penghargaan ini menciptakan banyak momen historis karena deretan rekor-rekor yang terciptakan.

Beyoncé Berhasil Menjadi Penyanyi dengan Piala Grammy Terbanyak

Deretan Rekor yang Tercipta di Grammy Awards 2021 (9544)
zoom-in-whitePerbesar
Beyonce menerima penghargaan Penampilan R&B Terbaik untuk 'Black Parade' selama penghargaan Grammy Award ke-63 di Los Angeles Convention Center, California, AS. (Foto: Kevin Winter/Getty Images untuk The Recording Academy)
Beyoncé dengan lagu “Black Parade'' berhasil membawa pulang piala Grammy-nya yang ke-28 dari nominasi best R&B Performance. Pencapaian ini menjadikan penyanyi kelahiran Houston, Texas itu sebagai penyanyi dan artis wanita dengan raihan piala Grammy terbanyak. Ia sekarang menduduki posisi kedua bersama dengan Quincy Jones sebagai pemenang Grammy terbanyak setelah konduktor asal Hungaria, Georg Solti.
ADVERTISEMENT
Dilansir Billboard, Beyoncé merasa terhormat dan juga senang saat atas pemberian piala ini. Ia juga mengajak seluruh orang untuk merefleksikan diri karena sekarang adalah masa-masa yang sulit. Pelantun Love On Top tersebut juga turut menyemangati seluruh warga kulit hitam yang sudah menginspirasi dia dan seluruh masyarakat di dunia.

Taylor Swift Menjadi Wanita Pertama yang Memenangi Tiga Album of The Year

Deretan Rekor yang Tercipta di Grammy Awards 2021 (9545)
zoom-in-whitePerbesar
Taylor Swift (Foto: @khushishah401)
Dibalut pakaian berbunga, Taylor Swift menerima penghargaan album terbaik lewat album “Folklore“. Sebelumnya, ia memenangi album of the year lewat album “Fearless” pada tahun 2010 dan “1989” pada tahun 2016. Torehan tiga kemenangan ini membuat Taylor Swift bergabung ke jajaran pemenang album of the year sebanyak 3 kali bersama dengan Stevie Wonder, Frank Sinatra dan Paul Simon, serta menjadikan penyanyi kelahiran 1989 ini sebagai wanita yang pertama kali memasuki jajaran tersebut.
ADVERTISEMENT
Menariknya, tiga album yang dimenangi oleh Taylor Swift ini memiliki genre yang berbeda. “Fearless” dengan genre country, “1989” dengan genre pop dan yang terbaru “Folklore” memiliki genre alternative. Tiga album ini juga dimenangkan di tiga dekade yang berbeda, 2000, 2010 dan 2020.

Artis Muda Billie Eilish Turut Menciptakan Sebuah Rekor

Deretan Rekor yang Tercipta di Grammy Awards 2021 (9546)
zoom-in-whitePerbesar
Billie Eilish menerima penghargaan Grammy Award ke-63 di Los Angeles Convention Center, California, AS. Foto: CBS /via REUTERS
Di umurnya yang masih 19 tahun, Billie Eilish sudah memiliki tujuh piala Grammy. Tahun ini, penyanyi berambut hijau ini berhasil memenangi record of the year melalui “Everything I Wanted” yang ia rilis November 2019 lalu. Kemenangan ini menjadikan dia sebagai artis wanita yang pertama kali memenangkan record of the year dua tahun berturut-turut. Sebelumnya, ada band U2 yang sudah pernah memenangi nominasi tersebut selama dua tahun berturut-turut.
ADVERTISEMENT
Bersama dengan kakak sekaligus produser dan penulis lagu-lagu dia, Finneas O’Connell, Billie Eilish menerima piala dari drummer The Beatles, Ringo Starr. Di atas panggung, penyanyi yang tenar dari lagu “Ocean Eyes” ini mempersembahkan pialanya untuk penyanyi Megan Thee Stallion, yang juga masuk ke nominasi record of the year melalui “Savage”.
Artis kelahiran tahun 2001 ini tidak henti-hentinya menciptakan rekor. Tahun lalu, ia berhasil menjadi artis pertama kelahiran 2000 yang memenangi record, song dan album of the year. Selain itu, di tahun yang sama dia juga menjadi artis kedua dan termuda yang menyapu bersih penghargaan Grammy Awards sebanyak 4 trofi.

Duet Maut! Lady Gaga dan Ariana Grande Mengalahkan BTS dan Artis Top Lainnya

ADVERTISEMENT
Lady Gaga dan Ariana Grande berhasil memenangi penghargaan Penampilan Duo/Pop Grup Terbaik lewat kolaborasi mereka di lagu “Rain On Me”. Kemenangan ini sekaligus mencatatkan nama mereka sebagai duo wanita pertama yang memenangi nominasi tersebut. Sebelumnya, selalu laki-laki semua yang memenangkan kategori ini, atau laki-laki dan wanita.
Lady Gaga juga mencatat rekor untuk dirinya sendiri, sebagai artis pertama yang memenangi kategori ini sebanyak dua kali. Sejak kategori ini dibuat pada 2012, Lady Gaga memenanginya pertama kali di tahun 2019 bersama Bradley Cooper dan di tahun 2021 bersama Ariana Grande.

Tidak Hanya Artis Lama, Artis Pendatang Baru Juga Ikut Menciptakan Rekor

Artis yang dipuji oleh Billie Eilish, Megan Thee Stallion, juga turut memeriahkan penciptaan rekor oleh artis-artis wanita di Grammy Awards tahun ini. Dibantu oleh Beyoncé, penyanyi yang juga memenangi Artis Pendatang Baru dan Penampilan Rap Terbaik ini menjadi wanita pertama yang memenangi kategori Lagu Rap Terbaik lewat “Savage”.
ADVERTISEMENT
Guinness World Records juga mengakui rekor yang diciptakan oleh rapper berkebangsaat Amerika Serikat itu. Melalui akun Twitter @GWR, mereka mengucapkan selamat dan mempersembahkan sertifikatnya melalui video yang diunggah bersamaan dengan ucapan selamat.
Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020