Film-film yang Menginspirasi Wes Anderson

Konten Media Partner
8 Agustus 2020 9:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wes Anderson (Foto: IMDb)
zoom-in-whitePerbesar
Wes Anderson (Foto: IMDb)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Play Stop Rewatch, Jakarta - Wes Anderson, seorang Auteur yang lahir di Texas pada 1 Mei 1969, ia dikenal lewat gaya penyutradaraan yang detail, berwarna, well-articulated, dan visualnya enak untuk dilihat.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh, dalam membangun latar filmnya, Anderson cenderung mendesain dari nol, untuk memberikan kesan otherworldy dan stylish pada filmnya. Berbeda dari kebanyakan sutradara lainnya yang berusaha menggunakan latar yang realistis untuk alasan imersif.
Dari sekian banyak nama sutradara yang menjadi sumber inspirasinya, beberapa nama yang sering disebut ialah Roman Polanski, Alfred Hitchcock, Stanley Kubrick, dan sutradara-sutradara dari aliran French New Wave seperti Francois Truffaut dan Jean-luc Godard.
Namun, ia mengaku bahwa Roman Polanski adalah orang yang paling mempengaruhi gaya penyutradaraannya. Berikut adalah beberapa film yang direkomendasikan oleh Wes Anderson yang juga mempengaruhi gaya penyutradaannya.
The 400 Blows, disutradarai oleh Francois Truffaut, film ini adalah karya penting bagi Wes Anderson. Tanpa film tentang parenting dan pemberontakan seorang anak ke dalam kriminalitas, Wes Anderson mungkin tidak akan jadi sutradara seperti sekarang.
ADVERTISEMENT
Au Hasard Balthazar, disutradarai oleh Robert Bresson, film ini berfokus kepada cerita perjalanan hidup seekor keledai. Sejak kecil, keledai bernama Balthazar itu selalu berpindah tangan dan terjebak dalam situasi kekerasan.
Rosemary's Baby, bercerita tentang Rosemary yang berusaha meyakinkan orang-orang di sekelilingnya bahwa ada sekte pemuja setan yang mencoba menjadikan bayinya sebagai wadah iblis. Film yang digarap Roman Polanski selalu ditonton tanpa bosan oleh Wes Anderson.
Clockwork Orange, salah satu karya Stanley Kubrick yang mempengaruhi direksi visual Wes Anderson. Tanpa Kubrick, gaya simentris khas Anderson tidak akan pernah ada. Menurut Anderson, karya Kubrick sangat lengkap karena didedasin dengan sangat detail, unik, dan memperlihatkan hal baru dalam dunia sinema.
My Neighbor Totoro, Ghibli adalah alasan utama Wes Anderson menggarap film animasi seperti Fantastic Mr. Fox dan Isle of Dogs. Film ini adalah film Ghibli favoritnya di mana alam dan ritmenya sangat berbeda dengan animasi barat.
ADVERTISEMENT