Infografik: Ciri Khas Sutradara Wes Anderson dalam Setiap Filmnya

Konten Media Partner
19 Februari 2020 9:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sutradara Wes Anderson (Foto: Istman/PSR)
zoom-in-whitePerbesar
Sutradara Wes Anderson (Foto: Istman/PSR)
ADVERTISEMENT
Play Stop Rewatch, Jakarta - Siapa yang tidak kenal Wes Anderson? Sutradara di balik film-film terkenal seperti The Grand Budapest, The Royal Tenenbaums, Moonrise Kingdom, Fantastic Mr. Fox, dan Isle of Dogs. Lalu, sebentar lagi ia akan merilis film terbarunya berjudul The French Dispatch.
ADVERTISEMENT
Sama seperti sutradara lainnya, masing-masing dari mereka selalu membawa ciri khas gaya penyutradaraan dari setiap film-filmnya. Khusus untuk Wes Anderson, kalian pasti bisa langsung menyadari gaya yang dibawakan Wes Anderson ke setiap film-filmnya.
Infografik ciri khas sutradara Wes Anderson (Foto: Istman/PSR)
Sama seperti Stanley Kubrick, Wes Anderson sangat menyukai framing kamera yang simetris. Kalau kalian perhatikan, di setiap filmnya, ia selalu mensimetriskan framing-nya ke arah tengah. Karena hal ini jugalah yang membuatnya selalu mengajak sinematografernya, Robert Yeoman, untuk membuat tracking shots yang presisi dan stabil.
Kemudian, Wes Anderson juga sangat suka melakukan overhead shots. Menurutnya, angle ini membantu penonton untuk dapat fokus ke objek yang ia mau tanpa kehilangan detail yang ada. Selain itu, overhead shots juga membuatnya mudah untuk menempatkan penonton dari sudut pandang karakter yang ada di filmnya.
ADVERTISEMENT
Tidak lupa juga whip pans yang sering dilakukan Wes Anderson secara manual tanpa bantuan alat bantu apa pun. Hal ini membuat kameramen harus memutar tubuhnya 90 derajat dengan cepat dan kamera tidak shaky.
Untuk tone warna yang digunakan pada setiap filmnya juga menjadi ciri khas dari film-filmnya. Ia menggunakan warna pastel untuk color palletes di setiap film-filmnya. Dari urusan warna saja, kita sudah bisa mengidentifikasi apakah ini film karya Wes Anderson atau bukan.
Untuk ciri khas Wes Anderson lainnya yang lebih lengkap, kalian bisa follow akun Instagram @playstoprewatch di bawah ini!