Entertainment
·
30 April 2021 7:01

Juliet Club, Versi Nyata Auto Memory Doll dari Anime Violet Evergarden

Konten ini diproduksi oleh Play Stop Rewatch
Juliet Club, Versi Nyata Auto Memory Doll dari Anime Violet Evergarden (254412)
Violet Evergarden
Play Stop Rewatch, Jakarta - Penonton setia film anime Violet Evergarden: The Movie pasti tahu dong gimana perasaan setelah nonton serial atau filmnya yang bikin dada merasa sesak karena melihat sikap Violet memahami sifat manusia sebagai Auto Memory Doll.
ADVERTISEMENT
Keseharian Violet sebagai penulis surat setelah perang sungguh membuat para penonton tersentuh, dari bagaimana dia menuliskan perasaan dari kliennya, berbagi cerita dengan kliennya, atau menjaga sikap profesionalnya dari permasalahan klien (yang udah nonton episode 10 pasti paham lah).
Nah, kalian pasti pernah kepikiran kalau pekerjaan Auto Memory Doll kaya Violet sebenarnya mirip dengan pekerjaan seorang ghostwriter. Tapi, ada ga ya ghostwriter yang kerjaannya mirip dengan doll, yang bisa mengutarakan perasaan? Well, ada kok yang mirip dan berlokasi di Italia.
Namanya adalah Juliet Club, organisasi penulis yang dikelola oleh sukarelawan dan merupakan organisasi non-profit. Terletak di Verona, Italia, nama Juliet Club diambil dari tokoh karya William Shakespeare, Romeo and Juliet.
ADVERTISEMENT
Penulis yang bergabung di komunitas tersebut sudah menerima ribuan surat dari seluruh dunia dan tim sukarelawannya membalas surat tersebut satu per satu. Seringnya adalah surat tentang cinta
Juliet Club, Versi Nyata Auto Memory Doll dari Anime Violet Evergarden (254413)
Juliet Club (Foto: julietclub.com)
Menariknya, setiap penulis tersebut mewakili entitas dari Juliet nya sendiri saat membalas pesan, seakan surat yang kita tulis hanya untuk atau dibalas oleh Juliet sendiri.
Lalu, hal apa yang mirip antara Auto Memory Doll dengan Juliet Club? Jawabannya cuma satu, yaitu sebagai seorang penulis yang mampu memahami atau bisa mengutarakan perasaan dari seseorang.
Di anime, seorang idol harus bisa menuliskan isi surat yang diinginkan klien namun susah untuk diucapkan. Tulisannya juga bukan sekedar surat kabar atau semacamnya, tapi tulisan tersebut bisa menggambarkan perasaan, keinginan, atau harapan dari klien.
ADVERTISEMENT
Relawan penulis Juliet Club juga harus bisa memahami permasalahan di isi surat dari kliennya, sehingga saat surat tersebut terbalaskan, penerimanya bisa lega karena permasalahan yang diceritakan di surat tersebut bisa terjawab.
Mungkin yang membedakan dari keduanya adalah cara kerjanya. Kalau di anime, proses penulisan surat harus bersama dengan klien, nah kalau penulis Juliet Club cukup membalas surat yang diterima.
Kalian juga bisa cek situs Juliet Club di www.julietclub.com kalau kalian tertarik nulis surat untuk Juliet.
Violet Evergarden menceritakan Violet, gadis mantan tentara, yang menjalani kesehariannya sebagai penulis surat yang disebut Auto Memory Doll, sambil memahami sifat emosional manusia dan juga perintah terakhir dari sang Mayor nya. Serial anime Violet Evergarden bisa ditonton di platform Netflix.
ADVERTISEMENT
Luqman A. Widi