kumparan
KONTEN PUBLISHER
24 November 2019 7:02

Nokk, Kuda Air di 'Frozen 2' dari Mitologi Skandinavia

Untitled Image
Poster Frozen 2 (Foto: Disney)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Dari sekian banyak karakter yang kembali dan diperkenalkan di Frozen 2, salah satu yang menjadi sorotan adalah ketika Elsa berhasil mengendarai kuda air yang merupakan representasi dari roh air. Kuda air tersebut memiliki nama Nokk.
ADVERTISEMENT
Nokk adalah roh air yang berbentuk kuda dan menggunakan kekuatannya untuk menjaga rahasia Enchanted Forest. Seperti yang ada di trailer, Elsa bertemu dengan kuda tersebut di lautan badai. Sebenarnya, Nokk merupakan mahluk mitologi yang berasal dari mitologi Skandinavia.
Mahluk ini sangat populer pada cerita rakyat dari kota-kota di Eropa. Nokk memiliki sebutan berbeda di setiap negara yang berbeda, seperti Nix di Jerman, Nicor di Belanda, dan Nock di Swedia. Ada cerita yang menggambarkan Nokk berbentuk manusia lelaki yang menarik anak kecil dan wanita untuk tenggelam ke dalam air lewat musiknya yang menghipnotis. Beberapa legenda menyatakan Nokk bisa dibunuh dengan memanggil namanya atau melemparkan baja ke dalam air.
Cerita lainnya soal Nokk sangat bervariatif dan tidak selalu bersifat hal yang buruk terhadap manusia. Orang Norwegia menggambarkan Nokk sebagai seorang pemuda yang cantik mengajarkan manusia untuk bermain musik jika mereka mendekati Nokk dengan benar.
Untitled Image
Nokk dan Elsa (Foto: Disney)
Kemudian, ada juga yang menginterpretasikan mahluk itu sebagai mahluk yang sedih, kesepian, dan putus asa karena mereka tidak bisa menjadi anak Tuhan. Beberapa puisi dan cerita dari abad 19 menceritakan umat manusia bisa mencari keselamatan lewat perasaan simpati dari Nokk.
ADVERTISEMENT
Penggambaran Nokk di Frozen 2 menyerupai dengan interpretasi Nokk sebagai Baekhest. Nokk versi ini merupakan seekor kuda yang muncul dari sungai pada saat cuaca berkabut. Ia diceritakan mengundang orang-orang untuk bisa naik di atasnya dan kemudian lompat ke dalam air untuk diajak tenggelam.
Kurang lebih tidak jauh berbeda dengan bagaimana Elsa mencoba untuk mengontrol Nokk lewat mengendarai roh air ini. Awalnya, Elsa berusaha melawan Nokk, akan tetapi Elsa menemukan cara lain dengan menjinakannya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan