Entertainment
·
16 Juni 2020 9:33

Oscars 2021 Ditunda Hingga April

Konten ini diproduksi oleh Play Stop Rewatch
Oscars 2021 Ditunda Hingga April (723300)
Fakta-fakta Oscars 2020 Foto: Sabryna Putri Muviola
Play Stop Rewatch, Jakarta - Oscars 2021 atau Academy Awards ke-93 resmi diumumkan akan diadakan pada 25 April 2021, ditunda sekitar 8 minggu dari rencana awalnya untuk digelar pada Februari 2021.
ADVERTISEMENT
Panitia Academy Awards mempertimbangkan banyaknya film tahun ini yang harus ditunda karena pandemi virus corona. Hampir seluruh film yang dijadwalkan rilis Maret dan setelahnya, harus mundur 2 minggu hingga 1 tahun dari jadwal asli penayangan yang direncanakan.
Pihak Academy Awards pun memutuskan memperpanjang syarat waktu film yang rilis agar bisa ikut merebut piala Oscar 2021. Film yang rilis hingga paling lambat hingga 28 Februari 2021 masih bisa mendaftarkan filmnya untuk meraih nominasi.
Ini bukan pertama kalinya acara penghargaan paling bergengsi di dunia perfilman ini harus ditunda. Tapi, belakangan ini pihak Academy Awards memang membuat banyak penyesuaian.
Tidak hanya waktu penyelenggaraan yang ditunda, beberapa waktu lalu juga, panitia mencanangkan perubahan peraturan film yang bisa mendaftar untuk dinominasikan.
ADVERTISEMENT
Semula hanya untuk film yang tayang di bioskop dengan jumlah minimum tertentu. Sekarang, film yang ditayangkan secara digital di platform streaming pun diperbolehkan untuk ikut didaftarkan.
Selain itu, perhelatan Oscar sebelumnya yang memenangkan film dari sutradara Korea Bong Joon Ho dan berbahasa asing, Parasite, menuai semakin banyaknya dukungan untuk membuat representasi dalam nominasi Best Pictures lebih terwakilkan.
Mulai 2022, pihak Oscar tidak lagi hanya menominasikan 5 film untuk kategori utama Best Picture, akan ada 10 film yang masuk nominasi dalam kategori ini agar lebih banyak film bisa diwakilkan.
Kontribusi: El