kumparan
12 September 2019 14:25

Penjelasan Lengkap Mitologi IT

Untitled Image
IT: Chapter Two (Foto: Warner Bros)
Play Stop Rewatch, Jakarta - IT: Chapter Two resmi menceritakan asal muasal dari si badut Pennywise. Pertama kali dikenalkan lewat novel berjudul It karya Stephen King yang dirilis tahun 1986. Kemudian sempat dijadikan sebuah miniseries pada tahun 1990.
ADVERTISEMENT
Kemudian, IT diadaptasi ke layar lebar menjadi dua film sesuai dengan novelnya yang terpisah menjadi dua bagian. Bagian masa remaja dan dewasa dari The Losers Club.
Berikut PSR jabarkan secara detail mitologi dari IT, dimulai dari asal muasal Pennywise hingga dari mana kekuatannya berasal.

Origin

Untitled Image
Pennywise (Foto: Warner Bros)
Origin dari IT agak sedikit samar-samar dan tidak jelas di film pertamanya hingga sekuelnya rilis yang menjelaskan lebih jauh dari mana IT berasal.
Mahluk yang dikenal sebagai IT mendarat di bumi berjuta-juta tahun yang lalu. Namun, pada saat itu IT belum bangkit dan masih belum aktif hingga lokasi tempat jatuhnya IT dibangun sebuah rumah. Ketika civilization berkembang, IT mulai muncul untuk memakan manusia. Walaupun tidak jelas kapan IT memulai perburuannya, bisa dipastikan siklus perburuan tersebut selalu dimulai setiap 27 tahun sekali.
ADVERTISEMENT
IT merupakan mahluk intergalaksi yang eksis di dalam suatu dimensi yang berisikan seluruh semesta di mana karya-karya Stephen King berada atau semacam Stephen King Cinematic Universe versi novel. Semesta ini hanya dibuat setelah seekor kura-kura kosmik yang disebut The Turtle atau Maturin, yang mana adalah saudara dari IT dan juga musuh utama IT, memuntahkan IT keluar hingga mendarat jatuh di bumi.

Apa itu Deadlights?

Untitled Image
Deadlights (Foto: Warner Bros)
Salah satu kemampuan utama IT adalah berubah wujud menjadi apapun yang lawannya takuti. Deadlights adalah senjata IT lainnya selain bermain dengan ketakutan lawannya. Deadlights mampu membuat seseorang menjadi kehilangan kesadaran secara langsung seperti yang terjadi pada Beverly di IT.
Nyatanya, Deadlights lebih dari sekedar senjata untuk membuat orang tidak sadar. Deadlights memiliki koneksi yang mendalam dengan IT. Deadlights adalah wujud sesungguhnya dari IT dan merupakan esensi kehidupannya IT. Beberapa referensi menyatakan kalau Deadlights dinamakan dari dimensi spesies IT berasal.
ADVERTISEMENT

Wujud Pennywise berasal

Untitled Image
Lukisan Pennywise di rumah Mrs. Kersh (Foto: Warner Bros)
Badut Pennywise adalah bentuk yang IT ambil sebagai basis dasar wujudnya. Pasti kita bertanya-tanya, apa alasannya IT menggunakan wujud badut bernama Pennywise. Stephen King pernah menyatakan kalau IT menggunakan wujud tersebut karena badut menakuti anak-anak lebih dari apapun di dunia ini.
Film inipun mengadaptasi prinsip yang sama dengan Richie Tozier mengakui bahwa ketakutan terbesarnya adalah seorang badut. Akan tetapi, di filmnya adalah latar belakang cerita lebih lanjut mengenai wujud badut Pennywise.
Dalam novelnya, Ben Hanscom melihat Pennywise dalam sebuah gambar di buku perpustakaan. Dalam filmnya, Beverly Marsh melihat Pennywise pada sebuah lukisan seperti yang terlihat pada trailer-nya.

Eater of Worlds

Untitled Image
Pennywise mengincar gadis kecil (Foto: Warner Bros)
IT memproklamirkan dirinya sebagai Eater of Worlds atau sang pemakan dunia. Ia memang memakan rasa takut dari para manusia, tapi tujuan sebenarnya adalah lebih besar daripada hanya sekedar memakan manusia setiap 27 tahun sekali. Sayangnya, tujuannya untuk bisa memakan 'dunia' tidak terlalu dieksplor dalam filmnya. Nampaknya, IT sudah lebih dulu memakan dunia lain sebelum ia sampai di bumi jutaan tahun yang lalu. Mungkin ini adalah alasan kenapa ia 'puasa' untuk memakan bumi.
ADVERTISEMENT

Korban pertama IT

Untitled Image
Ritual of Chud yang dilakukan The Losers Club (Foto: Warner Bros)
Korban pertama IT adalah para penduduk asli Amerika yang hidup di sekitaran lokasi IT mendarat di bumi. Lokasi tersebut nantinya akan mengalami kemajuan peradaban hingga menjadi kota Derry yang kita kenal sekarang. Para penduduk asli Amerika mempelajari IT dan mulai mencari cara untuk mengalahkannya, sayangnya mereka tidak pernah berhasil sehingga mengembangkan sebuah ritual yang bisa menyegel nyawa IT.

Ritual of Chud

Untitled Image
The Losers Club sepakat untuk pergi bersama-sama (Foto: Warner Bros)
Mike Hanlon mengunjungi penduduk asli Amerika yang tersisa dan mempelajari Ritual of Chud yang dapat digunakan untuk mengalahkan IT selamanya. Masing-masing dari anggota The Losers Club harus membawa semacam token yang merepresentasikan awal mula IT menyerang hidup mereka.
Setelah terkumpul segala hal yang dibutuhkan, mereka semua menuju ke tempat IT mendarat ke bumi, yaitu di dalam bawah tanah Well House. Mike memulai Ritual of Chud dengan membakar token ke dalam wadah yang sudah disiapkan sambil melingkarinya. Sayangnya, ritual tersebut gagal total dalam menyegel IT.
ADVERTISEMENT
Alasan kenapa ritual tersebut gagal karena ketika penduduk asli Amerika mencoba menyegel IT, mereka juga mengalami kegagalan yang mengakibatkan pembantaian oleh Pennywise. Akhirnya, The Losers Club harus mencari cara lain untuk melawan Pennywise.
Penulis: Andri
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan