Pokemon 25th Anniversary, Ini 8 Generasi Game Pokemon

Konten Media Partner
27 Februari 2021 12:02
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pokemon 25th Anniversary, Ini 8 Generasi Game Pokemon (73775)
searchPerbesar
Pokemon (Foto: PSR)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Tepat hari ini, 27 Februari 2021, franchise Pokemon merayakan ulang tahunnya yang ke-25. Selama periode itu, franchise Pokemon sudah menemani para penggemarnya dalam berbagai wujud mulai dari anime, trading card, komik, hingga game. Namun, dari sekian banyak wujudnya, game Pokemon lah yang membuat franchise itu dikenal secara mainstream.
ADVERTISEMENT
Nintendo, selaku publisher, sudah merilis 33 game dari seri utama Pokemon. Jumlah tersebut belum menghitung seri-seri yang akan muncul seperti Legend, Shining Diamond, dan Briliant Pearl. Dari ke-33 game tersebut, total ada 900 monster Pokemon yang bisa ditangkap oleh gamer. Dibagi menjadi delapan generasi, dari zaman Nintendo Game Boy hingga Nintendo Switch, ini detil tiap generasi Pokemon yang perlu kalian tahu:
Pokemon 25th Anniversary, Ini 8 Generasi Game Pokemon (73776)
searchPerbesar
Ulang tahun Pokemon yang ke-25. (Foto: 25.pokemon.com)

Generasi 1 – Pokemon Red and Blue

The one that started it all! Rilis dengan judul Pokemon Red and Green untuk Game Boy di Jepang dan Red and Blue untuk konsumen internasional, dari game pertama inilah kita mulai kenal dengan Pikachu dkk. Berisikan Pokemon dengan total sebanyak 151 ekor, dari game ini kita dikenalkan dengan Pokemon Universe. Konsep yang ada pada game ini, Pokemon Battle dan Pokemon Trading, masih dipakai sampai sekarang.
ADVERTISEMENT

Generasi 2 – Pokemon Gold and Silver

Rilis pada tahun 1999 di Jepang untuk Game Boy Color, Pokemon Gold and Silver menambahkan 100 Pokemon lagi dari 151 Pokemon yang ada dari generasi pertama. Total, jadi ada 251 Pokemon. Menampilkan Johto sebagai provinsi baru, berbagai macam penambahan fitur in-game seperti PokeGear dan PokeBall baru, Pokemon Gold and Silver sering dianggap game Pokemon terbaik.

Generasi 3 – Pokemon Ruby and Sapphire

Rilis di Jepang pada tahun 2002 untuk Game Boy Advance, Pokemon Ruby and Sapphire kembali menambahkan 135 jenis Pokemon baru dengan total 386 Pokemon untuk pemain koleksi, latih dan pertarungkan. Game ini yang pertama kali menampilkan sistem pertarungan Pokemon 2 lawan 2 dengan latar provinsi baru yaitu Hoenn.
ADVERTISEMENT

Generasi 4 – Pokemon Diamond and Pearl

Rilis di Jepang tahun 2006 untuk Nintendo DS, Diamond and Pearl memiliki 107 Pokemon baru, menjadikan jumlah total Pokeomn ada 493 ekor. Pokemon Diamond and Pearl adalah seri pertama yang memiliki grafis campuran antara 2D dan 3D. Berlokasi di provinsi baru yaitu Johto, pemain dapat melakukan trading secara online.

Generasi 5 – Pokemon Black and White

Rilis pada tahun 2010, untuk pertama kalinya game Pokemon rilis kembali di konsol Nintendo yang sama yaitu Nintendo DS. Game ini mengambil setting Unova yang terinspirasi dari kota New York. Menampilkan 156 jenis Pokemon baru, Black and White menjadi game Pokemon pertama dengan penambahan jenis Pokemon terbanyak dalam satu game. Pokemon Black and White juga game pertama dan satu-satunya game Pokemon dengan sekuel yaitu Pokemon Black and White 2.
ADVERTISEMENT

Generasi 6 – Pokemon X and Y

Rilis di seluruh dunia pada tahun 2013 untuk konsol baru Nintendo yaitu 3DS, Pokemon X and Y merupakan game Pokemon pertama yang tampil sepenuhnya dengan grafis 3D. Game ini menghadirkan 72 jenis Pokemon baru dan Provinsi Kalos yang terinspirasi dari negara Prancis. Pokemon X and Y juga menjadi game Pokemon pertama yang bisa menggunakan Pokemon Bank, sistem trading online yang disempurnakan.

Generasi 7 – Pokemon Sun and Moon

Rilis untuk konsol Nintendo 3DS pada tahun 2016, Pokemon Sun and Moon menghadirkan 88 jenis Pokemon baru dengan provinsi Alola yang terinspirasi dari Hawaii. Pokemon Sun and Moon menghadirkan Pokemon dari generasi sebelumnya dalam bentuk baru yang disebut Alolan Form dan Z Form.
ADVERTISEMENT
Pokemon Go juga rilis ditahun yang sama. Rilis sebelum Pokemon Sun and Moon, Pokemon Go merupakan game Pokemon paling berbeda dan paling populer. Rilis untuk Android dan iOS pada bulan Agustus 2016 di Indonesia, Pokemon Go menjadi fenomena besar yang mendunia dan benar-benar membawa franchise Pokemon ke khalayak ramai.

Generasi 8 – Pokemon Sword and Shield

Rilis untuk konsol Nintendo Switch pada 2019, Pokemon Sword and Shield menghadirkan 82 jenis Pokemon baru dengan. Dengan kata lain, sekarang jumlah total Pokemon nyaris menyentuh angka seribu. Seperti biasa, provinsi baru menjadi settingnya, kali ini Galar yang terinspirasi dari Britania Raya.
Pokemon Sword and Shield adalah game pertama yang menghadirkan Wild Area, sebuah wilayah open world baru dimana pemain dapat dengan bebas berkeliling menangkap dan melatih Pokemon mereka. Pokemon Sword and Shield juga yang pertama memiliki DLC di mana akan menambahkan pulau dan pokemon baru.
ADVERTISEMENT
Fahreza Purnama
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020