kumparan
17 Apr 2019 16:24 WIB

Timeline Conjuring Universe Saat Ini

Salah satu adegan di The Conjuring (Foto: IMDb)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Tidak hanya MCU saja, film horor terkenal dengan Conjuring ini juga memiliki semestanya sendiri. Dimulai dari film pertamanya The Conjuring pada tahun pertama, lalu dilanjutkan dengan sekuelnya dan spin-off Annabelle. Akhirnya, muncul kembali beberapa film yang saling terkoneksi satu sama lain. Karena timeline dari tahun yang cukup membingungkan.
ADVERTISEMENT
Berikut Play Stop Rewatch akan jabarkan timeline tahunnya dari awal hinga akhir:

The Nun - 1952

Video
Film origin dari iblis bernama Vala kyang ada di The Conjuring 2 ini diceritakan pada spin-off berjudul The Nun. Berlatar tahun 1952, Burke dan Irene ditugaskan oleh Vatikan ke Romania untuk mengungkap misteri dari suster yang bunuh diri.
Film ini tidak terlalu langsung terkoneksi ke dalam Conjuring Universe seperti film lainnya. Setidaknya film ini menjelaskan beberapa detil dari musuh utama di The Conjuring 2.

Annabelle: Creation - 1955

Video
3 tahun setelah The Nun, Samuel dan Esther mengadopsi seorang anak dari panti asuhan dan diberikan boneka Annabelle, yang seharusnya diberikan kepada anak aslinya yang bernama Annabelle dan meninggal pada kecelakaan.
ADVERTISEMENT
Film ini mengungkapkan kisah awal bagaimana Annabelle bisa berada di dalam wujud boneka dan sepertinya akan menjadi setan yang berperan penting membebaskan setan lainnya pada Annabelle Comes Home nanti.

Annabelle - 1967

Video
Memiliki sedikit peran dalam koneksi ke Conjuring Universe, menceritakan kisah di tengah-tengah antara kelahiran Annabelle hingga berakhir di tangan keluarga Warren. Walaupun ceritanya berfokus pada ancaman boneka Annabelle, sayangnya tidak ada koneksi penting terhadap Conjuring Universe. Mungkin ini adalah salah satu film yang boleh dilewatkan untuk ditonton.

The Curse of La Llorona - 1970an

Video
Film terbaru dari Conjuring Universe yang mengisahkan tentang kasus La Llorona. Seperti yang kita tahu film ini berada setelah film Annabelle karena kehadiran Father Perez di sana sehingga kami hanya bisa menebak-nebak sekitaran tahun ini.
ADVERTISEMENT
Sama seperti Annabelle, film ini hampir tidak ada koneksinya dengan Conjuring Universe kecuali kehadiran Father Perez itu sendiri yang menandakan ini berada dalam satu semesta.

Annabelle Comes Home - 1970

Video
Walaupun film ini belum dirilis per hari ini, setidaknya dari premis utamanya, kita sudah mengetahui keterkaitan film ini ke dalam Conjuring Universe. Ceritanya secara spesifik pada malam ketika Ed dan Loraine Warren membawa kembali boneka tersebut ke dalam rumahnya supaya bisa dimuatkan ke dalam museum rumahnya yang berisikan barang-barang bersejarah dengan setan.
Hanya dari premis ini saja, kita sudah jelas mengetahui di mana koneksinya ke dalam Conjuring Universe.
Update:
Ternyata Annabelle Comes Home dimulai tahun 1971, tepat sebelum The Conjuring. Kemudian, film ini melompat ke tahun 1972 di mana kita melihat Ed dan Lorraine Warren sudah mendapatkan artefak dari kasus Perron.
ADVERTISEMENT

The Conjuring - 1971

Video
Film pertama yang memulai semesta ini mengenalkan hampir semua hal utama di dalam Conjuring Universe. Semua film yang berada dalam semesta ini selalu mengambil referensi dari film ini untuk membuktikan bahwa filmnya berada di satu semesta.

The Conjuring 2 - 1977

Video
6 tahun setelahnya, kita dibawa ke dalam kasus Enfield Poltergeist dan sedikit cuplikan kasus Amityville. Sama seperti film pertamanya, film ini menjadi referensi utama untuk film lainnya karena Valak pertama kali diperkenalkan lewat film ini.
3 film selanjutnya yang direncanakan akan rilis adalah The Conjuring 3, The Nun 2, dan The Crooked Man. Tentu saja ketiga film tersebut jelas sekali berada dalam satu semesta.
Penulis: Andri
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·