Desain Interior, Jurusan yang Punya Segudang Prospek Kerja Menarik

Universitas Pelita Harapan
Universitas Pelita Harapan
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 11:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Universitas Pelita Harapan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Desainer Interior
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Desainer Interior
ADVERTISEMENT
Kamu suka dengan dekorasi ruangan yang indah dan nyaman? Atau kamu pernah ke toko furnitur dan mengagumi desain-desain di sana? Itu semua adalah salah satu bentuk hasil kerja dari seorang desainer interior. Estetika dari suatu interior merupakan hal yang sering dijumpai dalam keseharian kita, baik itu di rumah, sekolah, kantor, kafe, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang menyukai dekorasi serta menata ruangan dengan desain yang indah, desain interior dapat menjadi pilihan yang tepat saat kamu akan memilih jurusan di jenjang pendidikan tinggi.
ADVERTISEMENT

Desain interior adalah jurusan yang mempelajari tata letak serta dekorasi untuk memaksimalkan fungsi dan memperindah suatu ruangan. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari ruang, garis, bentuk, tekstur, pola, proporsi dan skala, warna, serta pencahayaan agar tata letak dan dekorasi pada sebuah ruangan bisa efektif dan efisien. Bahkan, aspek estetika atau keindahan sebagai kebutuhan psikis manusia juga merupakan hal yang penting di dalam ilmu ini.

Nah, lulusan desain interior juga memiliki prospek karier menarik yang beragam lho! Penasaran ada apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.
1. Desainer Interior
Lulusan desain interior dapat bekerja sebagai desainer interior yang bertugas untuk merancang dan memperindah ruang dalam berbagai konteks, termasuk rumah, bangunan komersial, perhotelan, kesehatan, dan hiburan. Mereka bertanggung jawab untuk mengintegrasikan terkait estetika dan fungsi, serta kebutuhan klien dalam merancang ruang yang efektif dan menarik.
ADVERTISEMENT
2. Konsultan Desain Interior
Sebagai konsultan desain interior, lulusan dapat memberikan saran kepada klien tentang bagaimana memperbaiki dan meningkatkan tampilan, serta fungsi suatu ruang. Mereka dapat merekomendasikan tentang pemilihan furnitur, pencahayaan, warna dan tekstur, hingga pengaturan ruang yang optimal.
3. Spesialis Desain Ruang Komersial
Lulusan desain interior dapat merancang ruang komersial seperti toko, restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan. Mereka dapat bekerja dengan pemilik bisnis untuk menciptakan pengalaman yang menarik bagi pelanggan dan meningkatkan citra suatu merek.
4. Desainer Pencahayaan
Desainer pencahayaan bertanggung jawab untuk merancang sistem pencahayaan yang efektif dan estetis dalam ruangan. Lulusan desain interior dengan minat pencahayaan bertugas untuk mempertimbangkan bagaimana pencahayaan dapat memengaruhi suasana dan fungsi suatu ruang.
ADVERTISEMENT
5. Stylist Interior
Sebagai stylist interior, lulusan dapat bekerja dengan agen real estate atau perusahaan properti untuk merancang dan menyiapkan rumah-rumah untuk penjualan atau sewa. Stylist interior dilibatkan untuk merancang furnitur, dekorasi, dan pencahayaan guna meningkatkan daya tarik visual rumah.
6. Desainer Perabotan
Lulusan desain interior dengan minat desain furnitur dapat mengejar karier sebagai desainer perabotan. Mereka dapat merancang dan mengembangkan furnitur unik dan fungsional untuk digunakan di berbagai ruang, baik komersial maupun residensial (rumah atau apartemen yang digunakan sebagai tempat tinggal).
7. Pengusaha
Banyak lulusan desain interior memilih untuk memulai bisnis mereka sendiri sebagai pemilik studio desain interior atau perusahaan desain. Mereka dapat menawarkan layanan desain interior, konsultasi, atau penjualan furnitur dan aksesoris interior.
ADVERTISEMENT
8. Pendidik dan Peneliti
Beberapa lulusan memilih untuk menjadi dosen hingga peneliti di perguruan tinggi atau lembaga penelitian. Mereka dapat membantu mendidik dan melatih generasi berikutnya di bidang desain interior, serta melakukan penelitian tentang tren dan inovasi dalam bidang ini.
Prospek karier lulusan desain interior terus berkembang seiring dengan pertumbuhan industri konstruksi dan desain, serta peningkatan kesadaran manusia akan pentingnya desain dalam menciptakan lingkungan yang nyaman, fungsional, dan menarik.
Untuk menjadi seorang desainer interior yang andal dan profesional, kamu perlu menimba ilmu di tempat yang tepat. Universitas Pelita Harapan (UPH), salah satu kampus unggulan di Indonesia yang berstandar global memiliki program studi (Prodi) Desain Interior. Dengan kurikulum berstandar internasional yang mengacu pada Council for Interior Design Accreditation (CIDA), Desain Interior UPH memastikan lulusannya siap menjawab kebutuhan industri desain dalam skala nasional hingga internasional.
ADVERTISEMENT
Jaringan industri yang luas
Desain Interior UPH memiliki jaringan industri nasional dan internasional yang luas; mencakup brand, institusi, asosiasi, hingga konsultan, di antaranya:
Kerja sama antara Prodi Desain Interior UPH dan beragam industri ini juga memiliki potensi untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang dinamis dan relevan. Menurut Ketua Program Studi (Kaprodi) Desain Interior UPH, Bambang Tutuka Adi Nugroho, S.Sn., M.T., kerja sama yang terjalin tersebut merupakan upaya untuk memastikan para lulusan Desain Interior UPH dapat memiliki jaringan yang solid guna mendukung perjalanan karir mereka.
ADVERTISEMENT
“Kegiatan perkuliahan di Desain Interior UPH banyak dikaitkan dengan pelayanan atau pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, di mana kami berkolaborasi dengan beragam industri. Kolaborasi ini bertujuan agar mahasiswa juga dapat berkontribusi terhadap komunitas. Tidak hanya itu, kerja sama yang luas ini juga membuka beragam pilihan karier selain menjadi seorang desainer, serta membiasakan mahasiswa untuk menjalin relasi dengan industri,” kata Bambang.
Demikian beberapa pilihan karier yang bisa kamu tekuni di bidang desain interior. UPH siap menjadi tempat bagi kamu untuk menjalani transformasi menjadi lulusan desain interior yang kompeten, unggul, serta mampu berkontribusi secara nyata di lingkungan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.
Yuk, Daftar Jadi Mahasiswa Program Studi Desain Interior UPH!
Program Desain Interior UPH membekali mahasiswa untuk dapat merancang ruang-ruang interior yang harmonis dan mendukung interaksi, emosi, serta kebutuhan manusia. Mahasiswa Desain Interior UPH akan mendapatkan keterampilan praktis dalam teknologi digital, manajemen proyek, presentasi, dan manajemen konstruksi. Selain itu, mahasiswa juga dipersiapkan untuk menghadirkan solusi dan berdampak positif melalui karya-karya mereka. Yuk, bergabung dengan Prodi Desain Interior UPH! Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa menghubungi Student Consultant di nomor 0811-1709-901 atau klik di sini.
ADVERTISEMENT