Entertainment
·
17 Januari 2021 10:48

Profil Farida Pasha, Artis Pemeran Mak Lampir yang Meninggal karena COVID-19

Konten ini diproduksi oleh Profil Artis
Profil Farida Pasha, Artis Pemeran Mak Lampir yang Meninggal karena COVID-19 (22479)
Farida Pasha. Foto: Instagram @ifyalyssa.
Kabar duka melingkupi industri film Indonesia saat aktris senior Farida Pasha meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (16/1) dalam usia 68 tahun karena COVID-19.
ADVERTISEMENT
Kepergian Farida tentu amat menyedihkan, khususnya bagi para pecinta sinema horor Indonesia.
Farida memulai karier sebagai aktris di akhir era '70an lewat film horor Guna-Guna Istri Muda. Kesuksesan film itu pun berlanjut dengan sekuelnya yang bertajuk Pembalasan Guna-Guna Istri Muda (1978).
Di film itu, Farida beradu peran dengan banyak aktor legendaris Indonesia lainnya. Beberapa di antaranya adalah Roy Marten, Rina Hasyim, dan Aedy Moward.
Profil Farida Pasha, Artis Pemeran Mak Lampir yang Meninggal karena COVID-19 (22480)
Farida Pasha. Foto: Instagram/@faridapashaofficial
Di era '80-an, Farida Pasha terus tampil di film-film horor mistis, seperti Ratu Pantai Selatan (1980), Dukun Ilmu Hitam (1981), dan Gondoruwo (1981). Hal itu pun membuat Farida dikenal sebagai salah satu ratu film horor, bersaing ketat dengan Suzzana.
Selain di film-film horor, Farida juga kerap berperan sebagai tokoh antagonis di film-film drama. Beberapa film drama lawas yang pernah ia perankan adalah Kisah Cinta Rojali dan Zuleha (1979), Nikmatnya Cinta (1980), dan Senyummu Adalah Tangisku (1980).
ADVERTISEMENT
Ia juga pernah menjadi lawan main Rhoma Irama di film Satria Bergitar (1983). Ia juga pernah berperan di film Warkop DKI, I.Q Jongkok, sebagai salah satu tokoh antagonis.
Profil Farida Pasha, Artis Pemeran Mak Lampir yang Meninggal karena COVID-19 (22481)
Artis senior, Farida Pasha. Foto: Instagram/@ginasonia73
Namun, dari semua film yang pernah diperankan, Misteri Gunung Merapi (1989) menjadi yang paling melekat. Disutradarai oleh L. Sudjio, Farida Pasha dipercaya untuk memerankan tokoh Mak Lampir di film itu.
Ada total tiga film Misteri Gunung Merapi yamg Farida perankan. Semuanya laris manis di pasaran.
Hingga pada era 2000-an, Farida dipercaya untuk kembali memerankan Mak Lampir di sinetron Misteri Gunung Merapi. Farida berhasil membuat tokoh itu ikonik berkat riasan wajah seram, rambut beruban, dan tawa yang mencekam.
Selain itu, Farida juga dikenal lewat tatapan matanya yang tajam. Semua orang pasti ketakutan melihat Farida Pasha melotot saat berperan di film.
Profil Farida Pasha, Artis Pemeran Mak Lampir yang Meninggal karena COVID-19 (22482)
Farida Pasha dan Ify Alyssa. Foto: Instagram @fyalyssa.
Di usia senja, Farida Pasha memang sudah sangat jarang bermain sinetron dan film. Namun, ia sempat setidaknya dua kali terlibat proyek film horor layar lebar, yakni Mama Minta Pulsa (2012) dan The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018).
ADVERTISEMENT
Selain sebagai aktris yang hebat, Farida Pasha juga dikenal berkat keberhasilannya mendidik sang cucu menjadi artis papan atas Indonesia. Ya, Farida adalah nenek dari penyanyi Ify Alyssa.
Ify lah yang kini meneruskan warisan sang nenek di industri hiburan Indonesia. Namun, bisa dipastikan, semua jasa Farida Pasha di industri hiburan takkan terlupa oleh masyarakat Indonesia.