Konten dari Pengguna

Profil Kolo Muani, Pesepak Bola Prancis dengan Segudang Prestasi

Profil Tokoh
Menyajikan informasi profil tokoh ternama dari Indonesia maupun mancanegara.
11 Juli 2024 6:55 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Tokoh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Profil Kolo Muani. Foto: kumparanBOLA
zoom-in-whitePerbesar
Profil Kolo Muani. Foto: kumparanBOLA
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Profil Kolo Muani meroket semenjak ia mencetak gol di Piala Dunia 2022. Gaya bermain Kolo Muani telah menarik perbandingan dengan striker legendaris Prancis Thierry Henry.
ADVERTISEMENT
Seperti Henry, Kolo Muani memulai kariernya sebagai pemain sayap yang dikenal karena kecepatan dan tipu dayanya, tetapi akhirnya beralih ke posisi penyerang tengah.
Kedua pemain memiliki tinggi yang sama memiliki fisik yang tinggi. Gaya menggiring bola yang santai dan kecepatan yang mengesankan juga mengingatkan pada gaya bermain Henry, terutama di masa mudanya.

Profil Kolo Muani

Randal Kolo Muani merupakan seorang pemain sepak bola profesional dan saat ini bermain sebagai penyerang untuk beberapa klub, yaitu Bundesliga, Eintracht Frankfurt dan Tim Nasional Prancis. Pria keturunan Kongo ini berasal dari Prancis. Ia memulai karirnya sebagai penyerang di klub Prancis yang bernama US Torcy Yth.
Di tahun 2015, Randal Kolo Muani pindah ke klub FC Nantes U-19, lalu satu tahun kemudian ia diangkat ke FC Nantes B. Saat itu pria yang disapa Kolo Muani ini pun bermain di kompetisi kasta keempat Liga Prancis.
ADVERTISEMENT
Di tahun 2017, Muani pun masuk ke dalam tim FC Nantes dan mulai bermain di kasta tertinggi Liga Prancis. Saat itu, ia hanya bermain 6 kali dan ia belum berhasil mencetak gol dan assist. Selama satu musim di 2019, ia sempat dibawa ke US Boulogne, kemudian kembali dengan mendapatkan posisi utama di FC Nantes.
Dua tahun berseragam dan berada di FC Nantes, Randal Kolo Muani sudah bermain sebanyak 87 kali dan berhasil meraih 23 gol dan 16 assist di berbagai pertandingan. Pada akhirnya di tahun 2022-2023, ia pun dilepas dan pindah ke Eintracht Frankfurt dengan status yang berbeda.

Biodata Kolo Muani

ADVERTISEMENT
Berikut adalah biodata Kolo Muani seorang pesepakbola dari Prancis.

Perjalanan Karier

Dikutip dari laman id.soccerway.com, berikut adalah perjalanan karier Kolo Muani.

Prestasi yang Diraih

Dikutip dari laman bundesliga.com, Kolo Muani tampil gemilang di Jerman dengan assist debutnya di Piala DFB di Magdeburg dan gol debut Bundesliga saat kalah dari Bayern Munich.
ADVERTISEMENT
Ia menjadi penentu gol penyeimbang Daichi Kamada melawan Hertha Berlin pada penampilan pertamanya sebelum mencetak gol dan assist dalam kemenangan di Werder Bremen dua minggu kemudian.
Pemain depan yang kuat ini memiliki bakat mencetak rekor Bundesliga baru untuk assist terbanyak dalam satu musim. Dia mencetak golnya sendiri di semua kompetisi ketika liga dimulai untuk Piala Dunia 2022, di antaranya terjadi di Liga Champions UEFA.
Jimat baru Frankfurt itu mencetak gol kemenangan melawan Sporting Lisbon untuk mengirim timnya ke babak 16 besar, yang akhirnya mengakhiri pertandingan perdananya dalam warna Eintracht dengan 23 gol dan 14 assist dalam 45 pertandingan.
Pemain berusia 26 tahun itu juga memuncaki daftar pencetak gol Piala DFB dengan enam gol, meskipun ia tidak dapat mencegah timnya kalah 2-0 di final melawan RB Leipzig.
ADVERTISEMENT
Namun, ia telah melupakan kekecewaan itu, mencetak gol dalam tiga dari empat pertandingan kompetitif pertama Eintracht Frankfurt pada 2023/2024.
Kolo Muani telah menuai prestasi di level internasional. Pemain Eintracht No.9 ini melakoni debutnya bersama Prancis U21 pada Oktober 2020 dan mencetak gol pertamanya sebulan kemudian dalam kemenangan 3-1 atas Swiss.
Ia telah tujuh kali memperkuat timnas U21 dan juga bermain dalam ketiga pertandingan negaranya di Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung pada musim panas 2021.
Ia mendapat panggilan perdana ke skuad senior berkat penampilannya bersama Eintracht, dan melakoni debutnya bersama Prancis pada September 2022 dalam kemenangan 2-0 atas Austria.

Fakta Menarik

Setelah mengetahui profil Kolo Muani, berikut fakta menarik tentang dirinya.
ADVERTISEMENT

1. Keturunan Afrika Tengah

Lahir di wilayah administratif daerah pinggiran timur laut Paris, Prancis, Randal Kolo Muani saat ini sudah menjabat sebagai striker di Eintracht Frankfurt. Pria kelahiran 26 tahun itu ternyata merupakan seorang pemain muda yang berdarah Afrika. Kedua orang tuanya adalah keturunan Kongo, Afrika Tengah.

2. Mendalami Sepak Bola

Termasuk pemain muda, Randal Kolo Muani ternyata sudah mendalami dunia sepak bola dari umum 6 tahun. Dirinya bermain sebagai junior di FC Villepinte sampai di tahun 2019. Tidak lama, ia pun pindah ke Tremblay FC dan bertahan cukup lama hingga tahun 2011.
Iai pun mulai berpindah ke US Torcy di tahun 2012 hingga 2015. Sesudah 3 tahun berlalu, ia turut bergabung ke FC Nantes dan berstatus sebagai bebas transfer. Mulai di Les Canaries, ia pun berpindah-pindah lini sampai di tahun 2012. Perjalanannya cukup panjang sampai akhirnya di tahun 2017, ia menjadi tim senior di FC Nantes B.
ADVERTISEMENT

3. Langsung Dikontrak Jangka Panjang

Sesudah didatangkan oleh Eintracht Frankfurt, ia pun langsung dikontrak dengan waktu yang lama oleh Eintracht Frankfurt atau selama 5 musim sejak bursa transfer musim panas 2022 kemarin. Bisa dikatakan pria ini dipermanenkan sampai 30 Juni 2027 nanti.
Namun, belum selesai 1 musim di Eintracht Frankfurt, ia sudah banyak menarik perhatian dan diminati oleh tim sepak bola lainnya. Bahkan, Manchester United dan Liverpool sudah berminat untuk menggandeng pria ini.

4. Memiliki Kualitas yang Lengkap

Didier Deschamps, seorang pelatih tim nasional Prancis, mengatakan kalau pria ini memiliki banyak kualitas. Ia juga menjelaskan bahwa Kolo Muani merupakan pemain yang pandai berlari berpindah posisi dan memiliki kemampuan penyelesaian akhir yang bagus.
Bahkan, ia juga dipuji oleh Oliver Glasner, mengingat dirinya ahli dalam kecepatan, tekel, menggiring bola, hingga keterampilan penyelesaian akhir.
ADVERTISEMENT

5. Mencetak Gol di Piala Dunia 2022

Salah satu pemain yang disorot pada saat Piala Dunia 2022, Randal Kolo Muani ternyata berhasil mencetak gol sebagai Tim Nasional Prancis.
Itulah profil Kolo Muani pesepakbola dari Prancis dengan segudang prestasi dan pernah mencetak gol di Piala Dunia 2022. (Adm)