Profil Simon Aloysius Mantiri, Komisaris Utama Pertamina yang Baru

Profil Tokoh
Menyajikan informasi profil tokoh ternama dari Indonesia maupun mancanegara.
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 6:10 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Tokoh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan tokoh yang sebenarnya: Unsplash/Hunters Race
zoom-in-whitePerbesar
Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan tokoh yang sebenarnya: Unsplash/Hunters Race
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Profil Simon Aloysius Mantiri menjadi sorotan akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan beliau telah ditunjuk sebagai Komisaris Utama Pertamina yang baru untuk menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang telah mengundurkan diri pada Februari lalu.
ADVERTISEMENT
Simon ditunjuk sebagai Komisaris Utama Pertamina oleh menteri BUMN yaitu Erick Thohir. Penunjukan ini berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang dilaksanakan pada hari Senin, 10 Juni 2024 lalu.
Berdasarkan hasil rapat tersebut para pemegang saham sepakat untuk menunjuk Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina. Simon sendiri adalah seorang politikus dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Profil Simon Aloysius Mantiri

Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan tokoh yang sebenarnya: Unsplash/Ben Rosett
Atas pengangkatan Simon sebagai Komisaris Utama Pertamina, menjadikan banyak orang mencari tahu seputar profil Simon Aloysius Mantiri. Diketahui Simon merupakan salah satu jajaran pengurus Gerindra, yakni sebagai anggota dewan pembina DPP Partai Gerindra.
Simon juga memiliki posisi yang penting dalam kampanye Pemilihan Presiden 2024 lalu. Ia adalah Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) dari pasangan nomor 2 yaitu Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.
ADVERTISEMENT
Melalui perannya sebagai wakil bendahara tersebut, ia mengelola keuangan dari paslon Prabowo-Gibran. Ia juga aktif melakukan kampanye untuk paslon tersebut di Sulawesi Utara.
Pria kelahiran 3 Oktober ini memang berasal dari Tomohon, Sulawesi Utara. Oleh karena itu, ia kerap berkampanye saat masa pemilihan presiden untuk menggambarkan program unggulan dari pasangan nomor 2 tersebut.
Simon juga memiliki gelar MBA atau Master of Business Administration. Hal ini membuat ia memiliki kepiawaian serta dasar dalam mengelola bisnis. Tidak heran, jika Simon juga memiliki pengalaman di bidang bisnis, selain berkarier di bidang politik.

Biodata Simon Aloysius Mantiri

Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan tokoh yang sebenarnya: Unsplash/Ruthson Zimmerman
Tidak banyak informasi yang diperoleh seputar biodata dari Simon Aloysius Mantiri. Namun, untuk lebih mengenal sosok Komisaris Utama Pertamina ini, berikut biodata selengkapnya yang bisa diketahui dari Simon Aloysius Mantiri:
ADVERTISEMENT

Perjalanan Karier Simon Aloysius Mantiri

Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan tokoh yang sebenarnya: Pexels/Lukas
Simon dikenal sebagai orang yang dekat dengan Prabowo Subianto. Hal ini bisa terlihat pada masa pemilihan presiden 2024, saat ia menjadi wakil bendahara di tim sukses paslon nomor 2 tersebut.
Simon juga memiliki karier yang cukup menarik di bidang politik mau pun bisnis. Berbagai posisi pernah ia duduki di kedua bidang tersebut. Diketahui di bidang politik ia merupakan anggota dewan pembina DPP Partai Gerindra.
Lalu di bidang bisnis ia pernah menjabat berbagai posisi dan memiliki peran yang cukup penting. Hal ini bisa dilihat dari akun LinkedIn miliknya yaitu ia pernah menjabat sebagai Personal Assistant CEO PT Nusantara Energi hingga menjadi direksi di perusahaan.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, PT Nusantara Energi adalah perusahaan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto dan membawahi sekitar 27 anak perusahaan lain yang bergerak di berbagai bidang. Mulai dari batu bara, perkebunan, hingga kelapa sawit.
Berkat kemampuannya dalam berbisnis, maka Simon tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, berbagai jabatan dan peran penting pernah diembannya dan ia mampu melakukan tugas dengan baik di setiap posisi yang diberikan.

Bisnis Simon Aloysius Mantiri

Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya: Unsplash/Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya: Unsplash/
Tidak hanya menggeluti dunia politik, Simon juga berkecimpung di dunia bisnis. Simon menjabat sebagai Direktur PT Nusantara Energi Indonesia (NEI). Perusahaan ini telah berdiri sejak beberapa tahun yang lalu.
PT Nusantara Energi Indonesia merupakan perusahaan investasi yang bekerja sama di aneka sektor industri, seperti transportasi laut curah, energi terbarukan, pasokan pekerja, hingga jasa pertambangan. Selain itu, masih banyak sektor industri lainnya yang bekerja sama dengan perusahaan ini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Simon juga tercatat sebagai salah satu petinggi di PT Agro Industri Nasional (Agrinas). Perusahaan ini memiliki proyek Food Estate di Kalimantan Tengah dan beroperasi di bawah naungan Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP).

Susunan Dewan Komisaris Pertamina

Profil Simon Aloysius Mantiri, foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya: Unsplash/Hanindito Prabandaru
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengangkatan Simon sebagai Komisaris Utama Pertamina sesuai hasil RUPS Pertamina. Pertamina sendiri merupakan perusahaan energi terintegrasi di Indonesia yang dimiliki oleh BUMN.
Berdasarkan hasil rapat tersebut juga ditunjuk posisi lainnya seperti komisaris independen. Adapun struktur susunan dewan komisaris Pertamina secara lengkap adalah sebagai berikut sesuai informasi dari situs resmi Pertamina di pertamina.com:
ADVERTISEMENT
Itu dia profil Simon Aloysius Mantiri yang kini telah menjadi Komisaris Utama Pertamina. Dengan mengetahui profil beliau maka bisa lebih mengenal sosok yang akan menjadi pimpinan dari perusahaan BUMN tersebut. (PRI)