Siapa Pelatih Spanyol Sekarang? Ini Profil dan Perjalanan Kariernya

Profil Tokoh
Menyajikan informasi profil tokoh ternama dari Indonesia maupun mancanegara.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 6:57 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Tokoh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Luis de la Fuento, Pelatih Spanyol. Foto: KumparanHits
zoom-in-whitePerbesar
Luis de la Fuento, Pelatih Spanyol. Foto: KumparanHits
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Timnas Spanyol secara resmi telah memiliki pelatih baru menggantikan pelatih sebelumnya, yakni Luis Enrique. Lalu, siapa pelatih Spanyol sekarang? Bagaimana profil dan perjalanan kariernya?
ADVERTISEMENT
Kegagalannya membawa Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 membuat Real Federación Española de Fútbol (REFF) atau Federasi Sepak Bola Spanyol mencopot Luis Enrique dan mengangkat pelatih baru untuk mengatur Timnas Spanyol.

Siapa Pelatih Spanyol Sekarang?

Siapa pelatih Spanyol sekarang? Jawabannya ialah seorang mantan pesepakbola yang berasal dari Spanyol juga. Adalah Luis de la Fuente, pelatih baru yang ditunjuk REFF untuk menggantikan Luis Enrique sebagai juru taktik La Furia Roja.
Mengutip dari akun Kumparan Bola, Luis de la Fuente bukanlah sosok baru di sepak bola Spanyol. Ia bahkan sudah mengatur beberapa tim kelompok usia Timnas Spanyol, seperti U-19, U-21, dan U-23.
Meski sebelumnya ia bukan sosok besar di dunia kepelatihan, Luis de la Fuente merupakan seseorang yang memiliki pengalaman dalam menangani tim muda Spanyol. Ia menghabiskan waktu hingga 9 tahun untuk melatih tim tersebut dengan berbagai level usia.
ADVERTISEMENT

Profil dan Biodata Luis de la Fuente

Untuk mengenal lebih jauh sosok Luise de la Fuente, berikut profil dan biodata pelatih La Furia Roja.

1. Profil Luise de la Fuente

Luis de la Fuente merupakan pria kelahiran Haro, Spanyol pada 21 Juni 1961. Di usianya yang ke-63 tahun ini, kiprahnya dalam sepak bola sudah cukup dikatakan lama.
Sebelumnya, ia merupakan bek sayap yang andal untuk Athletic Bilbao dan Sevilla pada tahun 1980-an sebelum bermain beberapa waktu di Alaves
Karier kepelatihannya baru ia mulai pada tahun 1997 dengan klub Basque Portugalete dan bermain di divisi regional Spanyol. Setelah itu, ia pindah ke klub Basque kecil lainnya di Aurrera.
Sebagian besar karier Luis dihabiskan di Athletic Bilbao. Ia menikmati posisinya sebagai bek kiri dengan memenangkan gelar La Liga secara berurutan dari tahun 1983 dan 1984, yang terakhir diraih bersamaan dengan Copa de Rey dalam dua gelar domestik.
ADVERTISEMENT
Tercatat, ia pernah tampil sebanyak 168 kali di kasta teratas selama dua periode di klub tersebut, berbarengan dengan tugasnya di Alaves dan Sevilla, serta mewakili Spanyol di tingkat U-21.
Baru-baru ini, Luis telah berhasil membawa Timnas Spanyol mencapai semifinal EURO 2024 dengan penampilan yang memukau. Ia berhasil membuat Spanyol menampilkan konsistensi dan kualitas pemain yang baik hingga menjadi salah satu tim yang diwaspadai pada turnamen ini.

2. Biodata Luis de la Fuente

Tidak begitu banyak informasi pribadinya yang bisa diketahui secara publik. Namun demikian, berikut adalah biodata Luis de la Fuente berdasarkan id.soccerway.com:
ADVERTISEMENT

Perjalanan Karier Luis de la Fuente

Ilustrasi Perjalanan Karier Luis de la Fuente, Unsplash/ Jannik Skorna
Pria kelahiran Haro ini mengawali perjalanannya dengan berlatih sepak bola di Akademi Athletic Bilbao (1976-1978) dan mendapat kesempatan promosi. Setelah menghabiskan waktu hingga empat musim bersama klub junior tersebut, ia naik ke level tim utama pada 1981-1987.
Setelah itu, Luis pindah ke Sevilla sebelum pada akhirnya kembali lagi ke Athletic Bilbao pada tahun 1991 dan mengakhiri kariernya sebagai pemain bek kiri di Alaves pada tahun 1994.
Sementara itu, kariernya sebagai pelatih dimulai saat ia melatih Portugalete di divisi keempat dan kelima Spanyol sebelum mendapat tawaran menjadi pelatih CD Aurrera yang bermain di divisi ketiga Spanyol kala itu.
Ia melanjutkan perjalanannya di tim muda Sevilla selama beberapa tahun dan mendapat tawaran untuk melatih tim cadangan Athletic Bilbao pada tahun 2006 yang diikuti sebagai pelatih Alaves dengan periode yang singkat.
ADVERTISEMENT
Berikutnya, Luis mampu menunjukkan keunggulan dirinya dalam struktur Timnas dan mendapatkan reputasi sebagai pelatih yang sedang naik daun dengan dua gelar Kejuaraan Eropa di tingkat U-19 pada tahun 2015 dan U-21 pada tahun 2019.
Luis juga terbukti mampu membawa Spanyol dalam Olimpiade Jepang 2020 dan meriah medali perak.
Pencapaiannya yang terbilang baik dan memuaskan membawanya sebagai pelatih Timnas Senior Spanyol untuk dikontrak hingga Euro 2024 dengan opsi perpanjangan. Ia juga berhasil membawa Timnas Spanyol sebagai tim dengan kekuatan yang dominan dalam kejuaraan ini.

Prestasi Luis de la Fuente

Dikutip dari Kumparan Bola, ada sederet prestasi yang pernah ditorehkan Luis sebagai pelatih. Setelah menganggur beberapa waktu, ia ditunjuk sebagai pelatih Timnas U-18 dan U-19. Ia berhasil membuat timnya menjadi juara Piala Eropa U-19 pada tahun 2015
ADVERTISEMENT
Tidak berhenti di situ, pada tahun 2018, ia ditetapkan sebagai pelatih Timnas Spanyol U-21 dan mampu mengantarnya untuk menyabet gelar juara Piala Eropa U-21 pada 2019.
Ia juga mampu membawa Timnas Spanyol pada Olimpiade Jepang 2020 dan berhasil membawa pulang medali perak.
Saat ini, ia dipercaya melatih Timnas Spanyol untuk mengikuti kompetisi Euro 2024 dan berhasil menaklukan lawan hingga Spanyol berada pada ambang kejayaan Euro 2024.
Pada akhirnya, setelah perjalanan panjang, ia dan timnya bisa menembus final Euro 2024 setelah menang di babak semifinal melawan Prancis.
Melalui uraian di atas, terjawab sudah siapa pelatih Spanyol saat ini, yakni Luis de la Fuente. Mulai dari profil, perjalanan karier, prestasi yang diperoleh, hingga kemampuannya membawa Timnas Spanyol melangkah lebih dekat menuju juara Euro 2024. (fat)
ADVERTISEMENT