Tokoh Penemu Lampu Lalu Lintas: Biografi dan Sejarahnya

Profil Tokoh
Menyajikan informasi profil tokoh ternama dari Indonesia maupun mancanegara.
Konten dari Pengguna
16 Mei 2024 18:09 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Tokoh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi penemu lampu lalu lintas. Unsplash.com/Eliobed-Suarez
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penemu lampu lalu lintas. Unsplash.com/Eliobed-Suarez
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejarah penemu lampu lalu lintas mencerminkan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Dari sistem lampu gas manual hingga jaringan lampu lalu lintas pintar yang terhubung secara digital, setiap inovasi bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan kutipan dari dishub.bulelengkab.go.id, lampu lalu lintas yang ada hingga hari ini, adalah jasa dari seseorang berkebangsaan Amerika yang memiliki penemuan penting akibat peristiwa kecelakaan di jalan raya.

Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas? Ini Penjelasannya

Ilustrasi penemu lampu lalu lintas. Unsplash.com/Daniel
Garrett Augustus Morgan (1877–1963) adalah seorang penemu lampu lalu lintas dan pengusaha Afrika-Amerika yang terkenal atas berbagai penemuannya yang inovatif, termasuk lampu lalu lintas modern dan masker gas.
Garrett Augustus Morgan lahir pada tanggal 4 Maret 1877, di Kentucky, Amerika Serikat. Ia merupakan anak dari mantan budak, dan keluarganya bekerja sebagai petani.
Morgan menunjukkan minat dan bakat dalam bidang mekanika sejak usia dini, yang membawanya untuk pindah ke Cleveland, Ohio, pada tahun 1895, di mana ia kemudian memulai kariernya sebagai penemu dan pengusaha. Ia memiliki berbagai penemuan yang signifikan, di antaranya masker gas dan lampu lalu lintas.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 1912, Garrett Morgan mematenkan "safety hood and smoke protector" atau masker gas yang dirancang untuk melindungi pekerja dari gas beracun dan asap berbahaya. Masker gas Morgan menjadi dasar untuk pengembangan masker gas modern yang digunakan dalam berbagai situasi darurat dan militer.
Garrett Morgan mematenkan lampu lalu lintas tiga posisi pada tahun 1923. Penemuan ini merupakan salah satu bentuk awal dari lampu lalu lintas yang kita kenal hari ini, dengan tiga sinyal (merah, kuning, dan hijau) untuk mengatur aliran lalu lintas di persimpangan jalan.
Sistem ini dirancang untuk meningkatkan keselamatan dengan memberikan tanda peringatan (kuning) sebelum beralih dari merah ke hijau atau sebaliknya.
Selain penemuannya, Morgan juga mendirikan perusahaan yang sukses, termasuk perusahaan manufaktur rambut yang menghasilkan produk-produk kecantikan untuk orang Afrika-Amerika.
ADVERTISEMENT
Morgan juga aktif dalam komunitasnya dan berjuang untuk hak-hak sipil. Ia adalah pendiri "Cleveland Association of Colored Men", sebuah organisasi yang didedikasikan untuk memperjuangkan hak-hak orang Afrika-Amerika di Cleveland.
Garrett Morgan menerima berbagai penghargaan atas inovasi dan kontribusinya terhadap masyarakat. Penemuan-penemuannya, terutama dalam bidang keselamatan dan transportasi, terus dikenang dan dihargai hingga saat ini.

Sejarah Penemuan Lampu Lalu Lintas

Ilustrasi penemu lampu lalu lintas. Unsplash.com/Noah-Dominic
Berikut ini penjelasan seputar penemuan lampu lalu lintas pertama di dunia hingga yang dikenal hari ini.

1. Permulaan: Lampu Lalu Lintas Pertama (1868)

Lampu lalu lintas pertama di dunia dipasang di London, Inggris, pada tahun 1868 oleh seorang insinyur kereta api bernama J.P. Knight. Sistem ini terdiri dari lampu gas merah dan hijau yang dioperasikan secara manual oleh seorang petugas polisi.
ADVERTISEMENT
Lampu merah menandakan "berhenti" dan lampu hijau menandakan "berhati-hati" (serupa dengan "jalan"). Namun, sistem ini hanya bertahan sebentar karena terjadi ledakan akibat kebocoran gas yang melukai petugas yang mengoperasikannya.

2. Perkembangan di Amerika Serikat: Lampu Lalu Lintas Elektrik (1912)

Pada tahun 1912, Lester Wire, seorang petugas polisi dari Salt Lake City, Utah, menciptakan salah satu sistem lampu lalu lintas elektrik pertama. Sistem ini menggunakan lampu merah dan hijau yang digerakkan oleh listrik, menawarkan solusi yang lebih aman dibandingkan dengan lampu gas.

3. Sistem Lampu Lalu Lintas Tiga Warna (1920)

William L. Potts, seorang polisi dari Detroit, Michigan, mengembangkan sistem lampu lalu lintas tiga warna pertama pada tahun 1920. Potts menambahkan lampu kuning sebagai tanda peringatan di antara lampu merah dan hijau. Sistem ini membantu mengurangi kecelakaan dan meningkatkan aliran lalu lintas di persimpangan yang sibuk.
ADVERTISEMENT

4. Garrett Augustus Morgan (1923)

Garrett Augustus Morgan mematenkan desain lampu lalu lintas tiga posisi pada tahun 1923. Sistem Morgan menambahkan sinyal "berhenti total" untuk semua lalu lintas sebelum lampu berubah, memberikan waktu bagi kendaraan untuk berhenti sepenuhnya sebelum sinyal berikutnya.

5. Penggunaan Luas dan Standarisasi (1930-an)

Pada tahun 1930-an, penggunaan lampu lalu lintas mulai tersebar luas di kota-kota besar di Amerika Serikat dan Eropa. Sistem tiga warna (merah, kuning, hijau) menjadi standar internasional. Seiring dengan itu, desain lampu lalu lintas juga menjadi lebih seragam, dengan lensa bundar yang lebih mudah dikenali oleh pengemudi.

6. Pengembangan Teknologi (1950-an hingga 1980-an)

Selama periode ini, teknologi lampu lalu lintas terus berkembang dengan penambahan timer otomatis dan sensor lalu lintas yang membantu mengoptimalkan aliran lalu lintas. Penggunaan lampu pijar mulai digantikan oleh lampu neon dan kemudian oleh lampu halogen yang lebih terang dan tahan lama.
ADVERTISEMENT

7. Lampu Lalu Lintas LED (1990-an hingga Kini)

Pada tahun 1990-an, teknologi LED (Light Emitting Diode) mulai digunakan dalam lampu lalu lintas. LED lebih efisien, memiliki umur panjang, dan lebih cerah dibandingkan dengan lampu pijar atau halogen. Penggunaan LED juga memungkinkan untuk pembuatan lampu lalu lintas yang lebih kompleks dan berwarna.

8. Lampu Lalu Lintas Pintar (2000-an hingga Kini)

Era digital membawa perkembangan baru dalam teknologi lampu lalu lintas. Sistem lampu lalu lintas pintar yang terintegrasi dengan jaringan sensor dan data lalu lintas real-time mulai diterapkan di banyak kota besar. Sistem ini mampu menyesuaikan waktu sinyal berdasarkan volume lalu lintas, kejadian darurat, dan kondisi jalan lainnya.

Fungsi Lampu Lalu Lintas

Ilustrasi penemu lampu lalu lintas. Unsplash.com/Sung-Jin-Cho
Beberapa fungsi utama lampu lalu lintas diantaranya adalah:
ADVERTISEMENT
Lampu lalu lintas memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keselamatan dan efisiensi sistem transportasi. Sehingga sejarah lengkap penemu lampu lalu lintas hingga hari ini jasanya terus berguna untuk keseimbangan peradaban manusia.(Zen)