“Peluncuran Buku Antologi Bumi Bercerita: Bumi dan Perubahan Iklim dalam Puisi"

Dosen Biologi, IPB University. Peneliti, Konservasionis, dan Penulis. Climate Reality Leader alumni tahun 2016. Founder Komunitas sastra MaknaKata.
Konten dari Pengguna
24 Agustus 2020 10:13
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Puji Rianti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
“Peluncuran Buku Antologi Bumi Bercerita: Bumi dan Perubahan Iklim dalam Puisi" (51843)
zoom-in-whitePerbesar
Komunitas sastra MaknaKata bekerja sama dengan The Climate Reality Project Indonesia meluncurkan sebuah buku digital bertajuk “Antologi Bumi Bercerita”. Peluncuran buku digital tersebut dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020 melalui laman pertemuan virtual Zoom dan Youtube.
ADVERTISEMENT
Kegiatan peluncuran buku ini dihadiri oleh mitra penulis; penggiat lingkungan seperti BOSF, OIC, Savemugo, Celebica, Taman Nasional Komodo, YIARI, dan Pojok Iklim; komunitas budaya; dan komunitas sastra-literasi serta masyarakat umum. Kegiatan tersebut dikemas dalam diskusi santai seputar proses pembuatan buku dan isu-isu lingkungan yang sedang terjadi saat ini terutama terhadap bumi serta perubahan iklim. Dua hal ini juga melatarbelakangi kumpulan karya puisi dan penggalan kalimat (kutipan) orisinal di dalam buku "Antologi Bumi Bercerita".
Permainan alat musik tradisional Sape, penampilan akustik, dan musikalisasi puisi yang diambil dari buku digital tersebut juga turut memeriahkan acara ini. Kegiatan Peluncuran Buku "Antologi Bumi Bercerita" dibuka oleh Dr Amanda Katili, manajer dari The Climate Reality Project Indonesia dan penampilan khusus musikalisasi puisi berjudul "Namaku Bumi" oleh seorang legenda seniman Indonesia, Erros Djarot.
ADVERTISEMENT
Buku digital kumpulan puisi “Antologi Bumi Bercerita” lahir sebagai jawaban masyarakat akan tantangan menulis karya puisi dan kutipan orisinal yang diprakarsai oleh komunitas sastra MaknaKata. Karya-karya tersebut merupakan buah pemikiran dan kumpulan kekhawatiran serta harapan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia terhadap kondisi bumi dan perubahan iklim yang terjadi selama ini. Buku "Antologi Bumi Bercerita" dapat Anda unduh di sini.
Hasil berkesadaran dan berserah diri mampu menyadarkan dan mengembalikan kita pada pola pikir holistik. Laksana tubuh manusia yang bersatu nyawa, bumi pun adalah satu dengan seluruh isinya. Selayaknya terkoneksi dengan harmonis agar seluruh fungsi kehidupan dapat berjalan sempurna.
Buku digital kumpulan puisi “Antologi Bumi Bercerita” hadir dalam bentuk rangkaian 27 puisi dan sepuluh kutipan orisinal hasil karya 25 penulis Indonesia yang dihiasi dengan visualisasi foto keindahan alam baik alami maupun buatan manusia. Buku digital ini akan membawa kita, para manusia, untuk sekali lagi diam dan merenung. Semoga buah karya ini dapat singgah di dalam hati masyarakat Indonesia untuk dapat kembali bersama-sama tergerak memulihkan bumi tercinta, satu-satunya hunian layak untuk manusia dan makhluk hidup lainnya di semesta.
ADVERTISEMENT
Keseluruhan acara Peluncuran Buku "Antologi Bumi Bercerita" dapat Anda nikmati melalui tautan ini.
Komunitas MaknaKata dapat dihubungi melalui: [email protected]; IG: @hellomaknakata; dan www.hellomaknakata.id
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020