Mobil Pustaka (MOKA) Jakarta Selatan Menutup Festival Literasi Jakarta

ASN Pemprov. DKI Jakarta - Pustakawan - Pecinta Damai
Konten dari Pengguna
15 September 2023 9:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rachmi Yamini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pembukaan Festival Literasi Jakarta, 8 September 2023 (Sumber: Dokumentasi Perpustakaan Jakarta Selatan)
ADVERTISEMENT
Selasa, 12 September 2023 merupakan hari kelima sekaligus menjadi hari terakhir rangkaian kegiatan Festival Literasi Jakarta yang telah dilaksanakan sejak tanggal 8 September 2023. Festival Literasi Jakarta merupakan kegiatan tahunan yang diusung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional serta mendukung Jakarta sebagai City of Literature. Bertempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Festival Literasi Jakarta dikemas dengan menyuguhkan berbagai kegiatan literasi yang memanfaatkan Galeri Emiria Soenassa dan Galeri S. Sudjojono.
ADVERTISEMENT
Berbagai kegiatan literasi yang dilaksanakan selama 5 hari penuh Festival Literasi Jakarta antara lain yaitu seminar atau talkshow literasi, workshop literasi, pameran giat komunitas, dan pentas literasi dengan mengangkat berbagai tema literasi dan menghadirkan para pegiat literasi dari berbagai komunitas. Bazar buku murah dari berbagai penerbit juga disuguhkan sebagai upaya untuk menyediakan bahan bacaan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selain itu, layanan perpustakaan keliling dari Perpustakaan Umum 5 Kota Administrasi juga dibuka sepanjang acara untuk mendekatkan akses bahan bacaan gratis bagi masyarakat. Permainan dan tantangan berhadiah berupa snap shot challenge (tantangan membuat foto dan video) dan cosplay (permainan kostum) karakter buku menjadi upaya untuk menarik pengunjung Festival Literasi Jakarta yang diselenggarakan oleh panitia.
ADVERTISEMENT
Perpustakaan Jakarta Selatan turut memberikan dukungan bagi terselenggaranya Festival Literasi Jakarta dengan membuka layanan 2 buah Mobil Pustaka (MOKA) di dekat pintu masuk kawasan Taman Ismail Marzuki atau arah masuk ke lokasi Festival Literasi Jakarta. Selain itu, Duta Baca Jakarta Selatan, Kak Tari, turut mengisi aktivitas literasi di dekat Mobil Pustaka.
Layanan Mobil Pustaka Jakarta Selatan (Sumber: Dokumentasi Perpustakaan Jakarta Selatan)
Membawakan program unggulannya sebagai Duta Baca Jakarta Selatan, Kak Tari Menyapa (Membaca Nyaring, Menginspirasi untuk Semua) para pengunjung Festival Literasi Jakarta yang juga mengunjungi layanan Mobil Pustaka Jakarta Selatan. Kak Tari membacakan buku (read aloud) yang berjudul "Main Bersama, Yuk!" karya Ina Inong dan Rizky Ramadhan terbitan Bestari di hadapan anak-anak usia TK/PAUD. Kak Tari bersama dengan petugas Mobil Pustaka Jakarta Selatan, yaitu Kak Dodo dan Kak Erlan, juga mengajak anak-anak untuk bergerak, bernyanyi, dan berjoget lagu "Gembira Berkumpul". Anak-anak juga diajak untuk mewarnai kertas gambar yang disediakan oleh Perpustakaan Jakarta Selatan dan melakukan permainan puzzle yang dibawa oleh Kak Tari.
Permainan puzzle bersama Duta Baca Jakarta Selatan (Sumber: Dokumentasi Perpustakaan Jakarta Selatan)
Selain diajak bersenang-senang dan beraktivitas seru di layanan Mobil Pustaka Jakarta Selatan, anak-anak juga dapat memilih buku bacaan anak yang mereka suka yang tersedia di Mobil Pustaka. Anak-anak membaca buku pilihan mereka sendiri didampingi oleh guru pendamping dari sekolahnya masing-masing dan juga didampingi oleh Kak Tari, Kak Dodo, dan Kak Erlan.
ADVERTISEMENT
Menjelang sore, pada panggung utama yang terletak di Galeri Emiria Soenassa, penutupan Festival Literasi Jakarta dilakukan dengan beberapa rangkaian acara sederhana namun penuh makna. Pertama, penutupan Donasi Buku #SatuBukuUntukJakartaku hasil kolaborasi dengan Sedekah Buku Indonesia yang dibuka selama kegiatan Festival Literasi Jakarta berlangsung.
Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian plakat ucapan terima kasih dari penyelenggara Festival Literasi Jakarta kepada para komunitas peserta pameran yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Festival Literasi Jakarta selama 5 hari ini. Komunitas peserta pameran serta yang berpartisipasi selama acara Festival Literasi Jakarta berlangsung antara lain Forum Taman Bacaan Masyarakat Jakarta, Bukuku.Club, Guru Literasi Jakarta (Gliter Jak), Komunitas Ayo Ke Taman, Forum Lingkar Pena Jayakarta, Juki & Friends, Perempuan Berkebaya, Bbbbookclub, Kompasianer TangSel Plus (ketapels), Forum Indonesia Muda Regional Jakarta, Read Aloud Jakarta, Pustaka Generasi Inspirasi, dll. Kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan Festival Literasi Jakarta 2023 ini juga didukung oleh adanya kolaborasi dan kerja sama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta dengan berbagai pihak.
Penutupan Festival Literasi Jakarta, 12 September 2023 (Sumber: Dokumentasi Perpustakaan Jakarta Selatan)