10 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya bagi Kesehatan Kulit

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
30 Juni 2023 14:16 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 10 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya bagi Kesehatan Kulit. Foto: pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 10 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya bagi Kesehatan Kulit. Foto: pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Maraknya berbagai produk skincare membuat konsumen punya banyak pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang paling dicari adalah jenis masker wajah.
ADVERTISEMENT
Menggunakan masker wajah secara rutin bisa membuat kondisi kulit wajah menjadi lebih sehat dan glowing. Meskipun masker menempel pada kulit hanya pada waktu yang singkat, kandungan yang dapat memicu irirtasi tetap harus dihindari.

Jenis Masker Wajah dan Fungsinya bagi Kesehatan Kulit

Ilustrasi 10 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya bagi Kesehatan Kulit. Foto: pexels
Terdapat berbagai jenis masker wajah dengan bentuk dan cara pemakaian yang beragam. Berdasarkan buku berjudul All About Skincare (2020), menggunakan masker wajah tetap harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Berikut ini adalah berbagai jenis masker yang sering digunakan.

1. Sheet Mask

Sheet mask adalah jenis masker yang berbentuk seperti lembaran tissue atau kapas dengan lubang untuk mata, hidung, dan bibir. Masker jenis ini lebih cocok digunakan pada tipe kulit kering.
Masker ini bisa digunakan setelah membersihkan wajah, lalu tempelkan sesuai bentuk wajah. Cairan yang tersisa di dalam bungkus sheet mask bisa diaplikasikan di bagian leher. Efek yang ingin dicapai dari penggunaan masker ini adalah melembabkan kulit wajah.
ADVERTISEMENT

2. Clay Mask

Clay mask merupakan masker dengan bahan dasar tanah liat, sehingga kandungan yang ditonjolkannya berupa mineral seperti bentonite atau kaolin.
Dalam pengaplikasiannya, masker ini digunakan setelah membersihkan wajah selama 15 hingga 20 menit. Setelah masker mengering, bisa dilakukan pembilasan wajah dengan bantuan sponge atau handuk hangat.
Clay mask cocok digunakan oleh jenis kulit berminyak untuk membersihkan komedo, mengeringkn jerawat, serta mengangkat sel kulit mati.

3. Mud Mask

Mud mask merupakan masker yang berbahan dasar lumpur vulkanis atau lumpur laut, sehingga juga akan mengandung banyak mineral. Beda antara Mud mask dengan clay amsk adalah kandungan air yang lebih banyak pada mud mask.
Kandungan air tersebut membuat mud mask berfungsi untuk menghidrasi kulit atau melembabkan kulit.
ADVERTISEMENT

4. Peel off Mask

Masker peel off dapaat berbentuk krim atau gel. Setelah diaplikasikan pada wajah, krim atau gel tersebut akan menjadi kering dan elastis sehingga mudah untuk dibersihkan.
Fungsi masker ini cukup beragam sesuai dengan bahan yang dikandungnya, seperti untuk mengangkat komedo dan juga sel kulit mati.

5. Wash off Mask

Jenis masker ini dapat berbentuk gel, krim, atau bubuk. Jika berbentuk bubuk, masker tersebut membutuhkan air sebagai pelarut. Setelah diaplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan, masker akan mengering selama sekitar 16 menit.
Fungsi dari masker ini juga sangat beragam bergantung pada bahan yang dikandungnya.

6. Sleeping Mask

Sleeping mask adalah masker yang digunakan selama sepanjang malam. Masker ini dapat bertekstur seperti gel atau krim. Cara pengaplikasiannya cukup simpel, yaitu hanya dengan mengoleskan pada wajah secara merata seperti menggunakan pelembab.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya, fungsi dari masker ini adalah untuk menghidrasi kulit, mengatasi kulit kusam, atau meremajakan kulit.

7. Exfoliating Mask

Masker ini rata-rata bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Namun tidak disarankan untuk menggunakannya secara sering. Penggunaan sebanyak satu kali dalam seminggu sudah dirasa cukup memberikan efek yang baik bagi kulit wajah.
Fungsi utama dari masker ini adalah untuk menghilangkan sel kulit mati serta kotoran yang menyumbat pori sehingga membuat wajah lebih cerah dan bersih. Setelah penggunaan masker jenis ini, harus diikuti dengan pengaplikasian pelembab.

8. Cream Mask

Ini merupakanjenis masker yang cocok untuk jenis kulit normal hingga kering. Fungsi dari cream mask ini adalah untuk menghidrasi dan memberikan kelembapan secara mendalam, sehingga berefek pada meningkatnya kekenyalan kulit.
ADVERTISEMENT

9. Gel Mask

Seperti namanya, gel mask memiliki konsentrasi gel, sehingga cocok untuk digunakan oleh pemilik jenis kulit sensitif dan kering karena gel memiliki kandungan air yang tinggi. biasanya masker ni memiliki kandungan antioksidan serta kolagen yang berlimpah.
Selain itu, ini merupakan masker yang bisa berfungsi untuk menenangkan kulit secara cepat.

10. DIY Mask

Yang terakhir adalah do it yourself “DIY” mask. Ini adalah masker dengan alami yang bisa dibuat dengan bahan yang ada di rumah. Bahan yang biasa digunakan untuk masker ini adalah madu, lidah buaya, aneka jenis buah lain, yoghurt atau kefir, maupun minyak kelapa.
Fungsi yang dihasilkan akan beragam sesuai bahan yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Itulah ulasan mengenai jenis dan fungsi masker wajah untuk kesehatan kulit. Setiap jenis masker ditujukan untuk memberikan hasil yang berbeda. Penggunaan jenis masker wajah bisa diseseuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. (REY)