Konten dari Pengguna

3 Contoh Soal Psikotes Deret Angka beserta Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
9 April 2024 5:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi. Contoh soal psikotest deret angka. Sumber: Pexels / Yan Krukau
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Contoh soal psikotest deret angka. Sumber: Pexels / Yan Krukau
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Soal deret angka merupakan bagian dari materi yang diujikan dalam soal psikotes baik untuk CPNS, perguruan tinggi, BUMN maupun tes lainnya. Deret angka menjadi materi yang menarik untuk diujikan. Sehingga, perlu adanya contoh soal psikotest deret angka.
ADVERTISEMENT
Adanya materi deret angka pada tes psikotes merupakan bentuk pengukuran kemampuan dalam analisis dan menyelesaikan suatu permasalahan melalui angka yang disajikan. Pasalnya, deret angka merupakan bentuk matematika sederhana yang dapat menjadi unit analisis.

Contoh Soal Psikotes Deret Angka

Contoh soal psikotes deret angkat. Sumber: Pexels / Magda Ehiers
Dikutip dari buku Latihan Soal & Pembahasan Matematika Untuk Psikotes, Redaksi Kawan Pustaka (1), tes deret atau tes deret angka merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara berpikir seseorang. Tes deret biasanya terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, kuadrat atau bahkan kombinasi.
Dari adanya tes deret tersebut, tes-tes seperti tes CPNS dan BUMN selalu mejadikan tes deret angka sebagai salah satu materi yang diujikan. Dari adanya hal tersebut, berikut ini beberapa contoh soal psikotes deret angka beserta jawabannya.
ADVERTISEMENT

1. Tentukan dua suku berikutnya dari deret tersebut

2,4,6,8,10
Jawab: Deret tersebut memiliki pola +2 yang dimana suku berikutnya akan ditambah 2 dari suku sebelumnya. Sehingga dua suku berikutnya adalah 10+2 = 12 dan 12+2 =14.

2. Tentukan suku berikutnya dari deret berikut ini.

3.4.8.17.33
Jawab: Deret tersebut memiliki pola +n2 (n=1,2,3,4 dst). Suku berikutny diperoleh dari angka sebelumnya +n2. Jadi suku berikutnya adalah 33+ 5’2= 58.

3. Tentukan suku berikutnya dari deret berikut ini.

8,16,32,64,128
Jawab: Deret tersebut memiliki pola x 2. Sehingga, suku berikutnya diperoleh dari angka sebelumnya akan x 2. Suku berikutnya 128 x 2 = 256.
Demikian penjelasan mengenai contoh soal psikotest deret angka beserta jawabannya. Deret angka menjadi bagian dari tes psikotes yang diujikan. Semoga apa yang disampaikan dapat menambah informasi dan bermanfaat. (RFL)
ADVERTISEMENT