3 Jenis Suara Pria Berdasarkan Nada Bunyinya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
27 Juni 2023 15:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jenis suara pria, foto: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Jenis suara pria, foto: pexels.com
ADVERTISEMENT
Ketika mendengar musisi pria bernyanyi, terkadang ditemukan perbedaan tone suara antara satu penyanyi dengan penyanyi lain. Hal tersebut bisa terjadi karena jenis suara pria yang bermacam-macam.
ADVERTISEMENT
Vokal manusia pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis, baik pria maupun wanita. Untuk suara pria sendiri, dibagi berdasarkan nada bunyi yang bisa dicapai oleh pria tersebut.

3 Jenis Suara Pria

Ilustrasi jenis suara pria, pexels.com
Pembagian suara ditentukan bersadarkan seberapa jauh jangkauan nada yang mampu dikeluarkan. Pasalnya, daya jangkau suara orang itu berbeda-beda. Ada orang yang mampu mencapai nada tinggi, tapi ada juga yang tidak. Berikut ulasannya.

1. Tenor

Dikutip dari buku Risalah Kontrapung Tonal 2&3 Suara karya Agastya Rama Listya (40:2015), tenor merupakan jenis suara dengan nada paling tinggi dari laki-laki. Orang yang memiliki suara tenor ini disebut dengan sopran pria.
Umumnya, jenis suara pria satu ini mempunyai karakter suara yang energik, jantan dan bertenaga. Terdapat beberapa penyanyi Indonesia pemilik suara Tenor, seperti Ari Lasso, Once Mekel, dan Adon Base Jam.
ADVERTISEMENT

2. Bariton

Jenis suara bariton adalah yang paing banyak dimiliki oleh seorang pria. Jenis suara ini menempati garis nada yang luas, yakni di antara tenor dan bass.
Dulunya, bariton adalah jenis suara yang tak diakui secara resmi oleh para komposer. Namun, akhirnya suara bariton populer pada abad ke-19. Kini penyanyi Indonesia yang terkenal dengan suara bariton adalah Sammy Simorangkir.

3. Bass

Jika tenor adalah suara tertinggi pria, maka bass merupakan jenis suara pria dengan nada terendah. Saat berada di paduan suara, jenis bunyi bass akan ditulis dengan kunci F.
Suara bass ini dibagi menjadi empat, berdasarkan kualitas suaranya, yakni bass catante, bass profondo, bass bariton, dan bass buffo atau bass comic. Pada musik kontemporer, jenis suara ini kebanyakan muncul di genre barat dan R&B.
ADVERTISEMENT
Meski suara bass ialah suara nada rendah, tapi penyanyi dengan suara ini tak kalah nikmat didengar bila dibandingkan dengan nada tinggi. Contoh penyanyi dengan suara bass, yaitu Bebi Romeo dan Delon Thamrin.
Demikian beberapa pemaparan mengenai jenis suara pria berdasarkan nada bunyinya. Dengan mengetahui jenis-jenis suara, akan membantu seseorang dalam menentukan nada dasar ketika hendak belajar bernyanyi. (SLM)