3 Larutan Asam yang Tidak Berbahaya bagi Tubuh Manusia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
19 September 2023 17:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi larutan asam yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi larutan asam yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam ilmu kimia larutan dibagi menjadi tiga, yaitu larutan asam, larutan basa, dan garam. Larutan asam ada yang berbahaya dan tidak berbahaya. Larutan asam yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia banyak macamnya, salah satunya yaitu asam hidrogen peroksida.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya larutan asam, bahan kimia juga berbeda-beda, ada yang berbahan cair, padat, dan gas. Ketiganya bisa digunakan dalam kehidupan manusia, tapi harus mempertimbangkan kadar pemakaiannya terlebih dahulu.

Larutan Asam yang Tidak Berbahaya bagi Tubuh Manusia

Ilustrasi larutan asam yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Foto: Pixabay.
Mengutip buku yang berjudul Kumpulan Materi dan Soal Latihan Persiapan Ujian Tahun 2019/2020 Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX, Muryani, S. Pd, M. Pd. (2019:18), larutan asam yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia, atau yang disebut juga sebagai asam lemah memiliki nilai pH sebesar 3-6. Sedangkan asam kuat memiliki pH senilai 1-3 yang berpotensi merusak serta membahayakan tubuh manusia.
Berikut beberapa larutan asam lemah yang tidak berbahaya dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT

1. Asam Fosfat

Asam fosfat termasuk ke dalam larutan asam lemah. Biasanya asam ini terdapat pada beberapa bahan baku seperti, ortopedik dan etchant gigi, aditif makanan, pendispersi, bahan baku pupuk, hingga produk pembersih rumah. Asam fosfat adalah larutan air yang jernih, non-volatil, tidak berbau, dan tidak berwarna.

2. Asam Sitrat

Asam sitrat merupakan asam yang terdapat di dalam buah jeruk. Asam ini biasanya digunakan untuk menghilangkan noda, mencerahkan pakaian, menjadi bahan tambahan untuk mengolah makanan pabrik, atau perawatan kulit.

3. Asam Oksalat

Di dalam kimia, asam oksalat dikenal juga sebagai H2C2O4. Asam oksalat adalah asam dikarboksilat yang paling sederhana. Kegunaan asam ini dalam tubuh manusia yaitu untuk mengikat mineral, membuatnya jadi lebih mudah diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh manusia.
ADVERTISEMENT
Itu dia beberapa larutan asam yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia, dan sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Perlu diketahui, larutan asam tidak akan berbahaya jika dipakai sesuai takarannya, jadi jangan pakai berlebihan. Semoga bermanfaat.
(LFP)