4 Fungsi Albumin dalam Tubuh dan Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 15:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fungsi albumin dalam tubuh. Sumber: www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fungsi albumin dalam tubuh. Sumber: www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
Albumin adalah salah satu jenis protein yang penting dalam tubuh manusia. Protein ini memiliki berbagai fungsi vital yang mendukung kesehatan dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Ada beberapa fungsi albumin dalam tubuh yang harus dijaga agar tetap optimal bekerja dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Keseimbangan Cairan, Elektrolit dan Asam Basa, Mima M. Horne, Pamela L. Swearingen (2001:46), penurunan albumin serum atau hipoalbuminemia dapat menimbulkan terjadinya edema karena gerakan air keluar dari ruang vaskular dan masuk ke ruang interstisial.

Fungsi Albumin dalam Tubuh yang Penting Diketahui

Ilustrasi fungsi albumin dalam tubuh. Sumber: www.unsplash.com
Albumin sering kali kurang terasa diperhatikan. Padahal perannya sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.
Salah satu fungsi albumin dalam tubuh adalah menjaga tekanan pada pembuluh darah. Tentunya fungsi albumin lainnya pada tubuh juga perlu dipahami dan diketahui oleh siapa pun. Berikut penjelasannya.

1. Transportasi Nutrisi dan Zat-Zat Penting

Albumin berperan sebagai agen transportasi yang penting dalam tubuh. Protein ini membawa berbagai macam nutrisi dan zat-zat penting, seperti hormon, obat-obatan, mineral, dan lemak ke seluruh tubuh melalui aliran darah.
ADVERTISEMENT
Hal ini menyebabkan albumin dapat membantu dalam distribusi nutrisi yang diperlukan untuk metabolisme seluler dan fungsi organ-organ tubuh.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Keseimbangan cairan dalam tubuh sangat penting untuk menjaga fungsi organ dan jaringan tubuh. Albumin membantu menjaga tekanan osmotik dalam darah dan jaringan tubuh, yang berperan dalam menarik air masuk ke dalam pembuluh darah dari jaringan sekitarnya.
Tentunya kondisi ini membantu mencegah terjadinya edema atau penumpukan cairan berlebihan di jaringan tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan gangguan fungsi organ.

3. Penyembuhan Luka dan Pemulihan Jaringan

Albumin juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka dan pemulihan jaringan. Protein ini menyediakan substrat yang diperlukan untuk sintesis protein dan regenerasi jaringan selama proses penyembuhan.
Dengan demikian, albumin membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka, baik luka eksternal maupun luka internal, seperti luka dalam saluran pencernaan.
ADVERTISEMENT

4. Mempertahankan Keseimbangan Asam Basa

Keseimbangan pH darah yang tepat sangat penting untuk menjaga fungsi seluler dan enzim dalam tubuh. Albumin berperan dalam menjaga keseimbangan pH darah dengan bertindak sebagai buffer, yaitu zat yang dapat menetralkan kelebihan atau kekurangan asam atau basa dalam darah.
Albumin juga membantu menjaga stabilitas lingkungan internal tubuh agar tetap dalam kondisi optimal untuk berbagai proses metabolik.
Dapat disimpulkan bahwa fungsi albumin dalam tubuh sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, pastikan selalu kadar albumin dalam tubuh tetap seimbang melalui pola makan yang sehat dan gaya hidup yang aktif. Semoga informasi ini bermanfaat! (VAN)