Konten dari Pengguna

4 Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Kesehatan di Kehidupan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
17 Februari 2024 14:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat bioteknologi dalam bidang kesehatan. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat bioteknologi dalam bidang kesehatan. Sumber foto: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak manfaat bioteknologi dalam bidang kesehatan. Salah satunya adalah digunakan sebagai antibiotik.
ADVERTISEMENT
Antibiotik merupakan sejenis golongan senyawa antimikroba yang mempunyai efek menghentikan atau menekan suatu proses biokimia pada organisme. Hal ini khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.

Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Kesehatan

Ilustrasi manfaat bioteknologi dalam bidang kesehatan. Sumber foto: Pixabay.com
Dikutip dari buku Be Smart Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama, Dian Surdijani dkk (2008: 63), bioteknologi adalah suatu pemanfaatan makhluk hidup atau bahan yang diperoleh dari makhluk hidup.
Pemanfaatan tersebut dilakukan untuk dapat menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia. Bioteknologi merupakan suatu penerapan prinsip-prinsip berbagai ilmu dan teknologi untuk memproses suatu materi.
Hal ini dilakukan melalui agen biologi agar dapat meningkatkan nilai tambah. Adapun manfaat bioteknologi dalam bidang kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Rekayasa Genetika

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari bioteknologi dalam bidang kesehatan adalah rekayasa genetika. Rekayasa ini digambarkan sebagai ilmu di mana karakteristik suatu organisme sengaja dimodifikasi dengan manipulasi.
ADVERTISEMENT
Penerapan dari suatu rekayasa genetika sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satunya adalah perawatan kesehatan yang lebih baik dengan obat-obatan yang lebih efektif.

2. Pembuatan Hormon Insulin

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu proses pembuatan hormon insulin. Hormon ini berfungsi untuk membantu penyerapan glukosa dalam sel-sel tubuh, sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah.
Sel-sel dalam tubuh manusia sangat membutuhkan energi agar dapat bekerja sesuai fungsinya. Oleh karena itu, tubuh manusia membutuhkan glukosa, yang nantinya akan diubah menjadi sumber energi.

3. Pembuatan Vaksin

Peran bioteknologi untuk membuat vaksin dinilai cukup efektif dan bisa digunakan dalam skala luas. Penerapan bioteknologi dalam pembuatan vaksin terstruktur dengan prosedur yang jelas.
Hal ini dimulai dari proses hulu yang meliputi persiapan media untuk tumbuh hingga proses hilir yang dapat berupa pembersihan dan pengelolaan sisa limbah yang dihasilkan.
ADVERTISEMENT

4. Pembuatan Antibiotik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa antibiotik merupakan salah satu hasil bioteknologi yang memanfaatkan jasa dari mikroba.
Zat yang dihasilkan tersebut dapat menghambat pertumbuhan mikroba parasit pada tubuh, sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit akibat infeksi bakteri.
Masih banyak manfaat bioteknologi dalam bidang kesehatan lainnya. Bioteknologi dalam bidang ini lebih banyak difokuskan untuk penemuan berbagai jenis obat-obatan. (MAE)