Konten dari Pengguna

4 Sistem Bilangan yang Paling Umum Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
14 Juni 2024 18:43 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah. Sumber: Pixabay/_Alicja_
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah. Sumber: Pixabay/_Alicja_
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bilangan desimal. Bilangan tersebut biasa digunakan untuk menyatakan bilangan secara real di kehidupan. Selain itu terdapat juga bilangan biner, oktal, dan heksadesimal.
ADVERTISEMENT
Sistem bilangan adalah sistem yang merepresentasikan bilangan dalam Matematika.Sistem ini digunakan untuk menyatakan bilangan dalam berbagai bentuk dan dipahami oleh komputer. Setiap sistem bilangan mempunyai sifat yang berbeda-beda.

Mengetahui Sistem Bilangan yang Paling Umum Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah. Sumber: Pixabay/_Alicja_
Sistem bilangan diartikan sebagai representasi bilangan dengan menggunakan angka atau simbol lain secara konsisten. Sistem ini merupakan metode yang digunakan untuk merepresentasikan angka dalam berbagai cara, tergantung pada kebutuhan atau aplikasinya.
Dikutip dalam buku Ajar Pengantar Ilmu Komputer oleh Iwan Tri Bowo, dkk (2024:65-71) sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bilangan desimal, biner, oktal, dan heksadesimal. Berikut penjelasannya.

1. Sistem Bilangan Desimal

Berakar pada kata latin decimus yang berarti sepuluh. Ini adalah sistem bilangan posisional yang menggunakan sepuluh sebagai dasarnya dan terdiri dari sepuluh simbol yaitu o, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.
ADVERTISEMENT
Setiap digit dalam sebuah angka memiliki nilai posisi yang tergantung pada lokasinya. Misalnya, dalam angka 345 digit 5 mewakili "lima", 4 mewakili "empat puluh", dan 3 mewakili "tiga ratus".

2. Sistem Bilangan Biner

Sistem bilangan biner merupakan salah satu konsep dasar yang sangat penting dalam dunia komputasi dan teknologi informasi. Sistem ini hanya menggunakan dua simbol yaitu o dan 1 untuk merepresentasikan nilai.
Penggunaan sistem biner juga meluas ke represenatasi bilangan yang lebih besar. Sebagai contoh, bilangan desimal 2 direpresentasikan sebagai 10 dalam biner, dan 9 sebagai 1001.

3. Sistem Bilangan Oktal

Sistem bilangan oktal merupakan salah satu sistem bilangan yang menggunakan delapan sebagai basisnya, yang terdiri dari simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Suatu bilangan dalam sistem bilangan oktal dilambangkan dengan angka 8 di pangkalnya.
ADVERTISEMENT

4. Sistem Bilangan Heksadesimal

Sistem bilangan heksadesimal, sering disingkat sebagai "hex" merupakan sistem bilangan yang menggunakan basis 16 simbol untuk merepresentasikan nilai-nilai.
Simbol-simbol tersebut meliputi sepuluh angka dari 0 hingga 9 yang sama dengan sistem desimal, ditambah enam huruf dari A hingga F, di mana A mewakili 10, B untuk 11, hingga F untuk 15.
Dapat diketahui bahwa sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sistem bilangan desimal, biner, oktal, dan heksadesimal. Semoga informasi di atas bermanfaat. (MRZ)