5 Contoh Barang Privat dan Pengertiannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
1 Januari 2024 14:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh barang privat - Sumber: pixabay.com/surprising_shots
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh barang privat - Sumber: pixabay.com/surprising_shots
ADVERTISEMENT
Pembahasan mengenai pengertian dan contoh barang privat memang menarik untuk diikuti. Di dunia ini, ada dua kategori penggolongan barang, yaitu barang publik dan barang privat.
ADVERTISEMENT
Penjelasan sederhananya adalah barang publik merupakan barang yang bisa dinikmati atau digunakan secara umum. Sedangkan barang privat adalah barang milik pribadi seseorang.

Pengertian dan Contoh Barang Privat

Ilustrasi Contoh barang privat - Sumber: pixabay.com/jeshoots-com
Barang privat sering disebut juga sebagai private goods. Secara umum, barang dapat ini diperoleh melalui sistem pasar, saat titik pertemuan antara pemasok (penawaran) dan konsumen (permintaan) ditentukan oleh mekanisme harga.
Jadi, beberapa contoh barang privat memang tidak dapat diperoleh tanpa persetujuan dari pemasoknya. Umumnya persetujuan tersebut dilakukan melalui penetapan harga tertentu.
Berdasarkan buku Ekonomi Publik, Amiruddin Idris, 2018, sesuai namanya, barang privat dikonsumsi secara individual. Mayoritas barang yang dikonsumsi oleh masyarakat termasuk kategori barang privat, yaitu barang yang hanya dapat digunakan oleh satu konsumen pada satu waktu.
ADVERTISEMENT
Contoh nyatanya ketika seseorang mengkonsumsi suatu barang, orang lain tidak dapat melakukannya pada saat yang bersamaan. Eksklusivitas kepemilikan menjadi faktor utama yang membedakan barang privat dari barang publik.
Beberapa ciri atau karakteristik khusus dari barang privat antara lain:

Berbagai Contoh Barang Privat

Ilustrasi Contoh barang privat - Sumber: pixabay.com/jeshoots-com
Secara umum, beberapa contoh dari barang-barang privat sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

1. Pakaian

Pakaian termasuk dalam kategori barang privat karena hanya dapat digunakan oleh individu atau kelompok tertentu pada satu waktu.

2. Kendaraan Pribadi

Mobil, sepeda motor, atau sepeda pribadi adalah jenis kendaraan pribadi yang dimiliki oleh individu atau keluarga untuk kepentingan mereka.

3. Gadget Pribadi

Smartphone, laptop, dan tablet adalah contoh barang privat yang biasanya dimiliki dan digunakan oleh individu.

4. Alat Elektronik Rumah Tangga

Barang-barang seperti televisi, mesin cuci, kulkas, dan oven biasanya dianggap sebagai barang privat.

5. Perhiasan Pribadi

Gelang, anting-anting, cincin, dan perhiasan lainnya adalah barang privat yang digunakan untuk keindahan atau keperluan pribadi.
Setiap contoh barang privat yang disebutkan di atas digunakan oleh individu atau kelompok tertentu untuk keperluan pribadi mereka sendiri. Itulah sebabnya tidak dapat digolongkan sebagai barang publik atau umum. (DNR)
ADVERTISEMENT